30 Kata Marketing Dalam Dunia Bisnis

Written by Karunia

Melihat persaingannya yang semakin sengit, sekarang ini mematok harga murah saja tidak bisa jadi jaminan bisnismu bakal laris diserbu pembeli. Strategi pemasaran yang unik dengan kata-kata nyentrik terkadang dibutuhkan untuk menghipnotis calon pembeli.

Sadar atau tidak, ternyata setiap kata yang disampaikan penjual ketika menawarkan sebuah produk, bisa memainkan emosi para calon pembeli. Sedikitnya ada 30 kata-kata yang sering digunakan dalam kamus pemasaran, yang bisa kamu gunakan untuk mendongkrak penjualan produkmu!

PROMO

Contohnya seperti ini: “Dapatkan promo terbatas ini, hanya berlaku sampai 25 Desember 2020.” Dengan kata promo diikuti kata terbatas jelas membuat efek desakan secara tidak langsung. Efek ini tentu sangat berasa khususnya untuk mereka yang tertarik untuk beli dan tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini. Promo biasanya identik dengan berbagai keuntungan, siapa sih yang tidak suka sama banyak keuntungan? Orang akan senang jika melakukan transaksi dengan angka biasa tapi keuntungannya tiada tara. Dan penyertaan tenggat waktu akan memberikan efek “segera”.

MUDAH

Siapa orang yang tidak tergiur kemudahan? Di masa sekarang, jangan bikin yang gampang jadi susah. Kalimat “ Ini 5 cara mudah turunkan berat badan 5 kg dalam waktu seminggu!”. Orang pasti akan bertanya-tanya “semudah apa ya?” lalu akan ada rasa penasaran untuk mencoba. Kata ajaib ini akan sangat bekerja seiring berjalannya waktu.

EKSKLUSIF

“Produk eksklusif  ini hanya ada 5 item di Indonesia.” Setelah membaca kalimat tersebut, akan menimbulkan kesan wah dan spesial. Calon konsumen akan membayangkan betapa sayang banget kalau sampai dia tidak membeli barang eksklusif yang katanya cuman ada 5 aitem di Indonesia. Kata ajaib ini terutama bisa sangat menarik bagi mereka yang berduit, percaya deh!

MENAKJUBKAN

Agar kamu lebih mudah dalam memahami kenapa kata satu ini sangat powerful, kami akan coba berikan contoh kalimat yang bisa kamu gunakan untuk promosi! Kamu bisa gunakan kalimat ini, “Inilah produk herbal yang paling menakjubkan di tahun 2020!!! Terbukti turunkan kolesterol hanya dalam hitungan jam!”

Kata menakjubkan sendiri memiliki kesan luar biasa yang akan memberikan efek penasaran buat yang baca. Orang yang melihat akan bertanya-tanya, apanya sih yang menakjubkan? Apanya sih yang menarik? Nah, kalau sudah gunakan kalimat super ini, jangan lupa juga harus disertai bukti yang kuat biar orang ga ngomong kayak gini, “Halah, apanya yang menakjubkan sih, biasa aja.”

ASLI

“Madu asli  langsung dari sarangnya.” Siapa sih yang suka sama barang tiruan? Yang tiruan kalau agak berkualitas sih tidak masalah, tapi kebanyakan barang tiruan itu banyak kekurangannya. Itulah kenapa kata ‘asli’ di sini sangat powerful untuk menarik perhatian calon konsumen. Kata ajaib ini sangat bekerja terutama bagi sasaran yang memang suka produk asli.

COMPLETE 

Bisa juga di Indonesiakan dengan lengkap, tetapi memakai bahasa Inggris juga tidak masalah. Malah lebih familiar kalau pakai bahasa Inggris, toh artinya juga komplit, orang pasti tahu meskipun tidak terlalu fasih berbahasa Inggris.

NIKMATI

Contohnya seperti ini: “Nikmati sensasi makan berempat hanya dengan Rp 80ribu.” Enak banget kan dengan biaya minimal bisa mendapat banyak kenikmatan yang mengarah pada kamu bisa berhemat. Kata ajaib ini akan memberikan gambaran kenikmatan versi mereka.

LUCU

Kata ajaib “Hadiah boneka lucu ini bisa kamu dapatkan hanya dengan belanja senilai Rp100.000.” Siapa yang tidak suka dengan yang lucu-lucu? Apalagi kalau sasarannya cewek, pasti terpikat banget sama kata ini. Perkataan ini akan menimbulkan rasa penasaran “Selucu apa sih?” akhirnya nanti akan cari tahu dan kalau memang definisi lucu itu sesuai ekspektasi, pasti segera ada  transaksi deh!

MENGGUGAH

Contohnya seperti ini: “Aroma rasa kaldu ayam yang menggugah.” Jika ada konsumen yang tertarik ke tempatmu karena ingin membuktikan kata ini, mereka pasti akan cari tahu semenggugah apa sih? Jadi, jangan sampai kecewakan konsumenmu, ya. Sebisa mungkin berikan kualitas terbaik.

BONUS

Contohnya seperti ini: “Hanya dengan belanja senilai Rp 50.000, kamu akan mendapatkan banyak bonus menarik!”. Siapa sih yang tidak suka sama kata bonus? Konsumen akan memaknai bonus sebagai keuntungan lebih jika melakukan transaksi dengan bisnismu. Misalnya, ketika kamu jualan jilbab, kamu kasih bonus peniti lucu. Atau ketika kamu bisnis makanan, dengan harga tertentu kamu akan berikan bonus minum es teh. Lebih menarik, kan?

GARANSI

“Jika belum berhasil, garansi 100% uang kembali!” Kalau kamu diberikan janji garansi, pasti akan merasa lebih tenang karena garansi berarti ada kesempatan untuk mendapatkan yang baru atau lebih baik ketika yang diterima sebelumnya mengalami kendala.

SEGERA

Contohnya seperti ini: “Segera dapatkan promonya sebelum kehabisan!”. Untuk kata segera, ini juga bisa memberikan efek mendesak namun tidak memaksa. Kenapa tidak memaksa? Karena kamu hanya menginfokan saja dan selanjutnya terserah konsumen mau segera atau tidak. Tapi biasanya konsumen yang memang tertarik tidak akan melewatkan kesempatan emas seperti ini.

INSTAN

“Dapatkan kulit putih secara instan tanpa efek samping.” Kalau contoh ini sangat mantul banget apalagi sasarannya cewek. Tidak usah jauh-jauh deh, mie instan itu banyak yang suka karena apa? Enak dan simpel. Nah, kata ini memberikan kesan bahwa apa yang akan diterimanya adalah sesuatu yang tidak ribet.

TERHEBOH

Kata “Heboh” ini biasanya berpasangan dengan kata diskon besar, atau juga bonus meriah. Contohnya seperti ini: “Heboh, diskon besar-besaran jelang lebaran!”

SATU-SATUNYA (ONE AND ONLY)

“Pembalut kain Jelita-V satu-satunya produk pembalut wanita yang 100% bebas klorin”. Satu-satunya berarti tidak ada saingannya, cuman dia dan kalau nanti akan ada serupa, berarti dia adalah pioneer. Sekalipun nantinya kamu punya saingan, orang akan lebih dulu tahu kalau kamu pernah menjadi satu-satunya dan akan sangat mempercayai kamu ketimbang penirumu.

AMAN

“Paket Anda akan aman kami kirimkan sampai ke tempat tujuan.” Kata ‘aman’ memberikan kesan aman, terlindungi, bebas khawatir. Orang tidak suka gelisah, jadi kata ini sangat tepat untuk memusnahkan kekhawatiran masyarakat akan sesuatu. Kata ajaib ini biasanya untuk usaha yang sifatnya jasa.

HEMAT

Contohnya seperti ini: “Dapatkan harga khusus ini, hemat  sampai Rp 300.000.” Dengan kata ini, kamu bisa memberikan kesan kalau konsumen tersebut tetap bisa berhemat sekalipun melakukan pengeluaran. Kata ajaib ini bisa kamu gunakan setelah memikirkan matang-matang ya, jangan gegabah dalam memberikan paket hemat supaya kamu tidak merugi.

SOLUSI

Contohnya seperti ini: accuratecenter.id solusi software akuntansi online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasi web based yang bisa kamu gunakan dengan mudah dimanapun dan kapanpun tanpa harus install software. Bisa anda gunakan dengan PC, Laptop, Tablet, sampai dengan Handphone

SPECIAL

“Dapatkan harga special dari kami, jika Anda berbelanja hari ini.” Hampir sama dengan beberapa kata sebelumnya, kata ini juga memberikan efek yang bisa bikin konsumen ingin membeli karena merasa spesial jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Kata ajaib ini harus kamu coba apalagi kalau kamu lagi berinovasi.

LEZAT

“Inilah menu lezat yang ada di restoran kami.” Siapa sih orang di muka bumi ini yang tidak suka sama yang lezat? Kata lezat sendiri bisa memberikan sensasi calon konsumen membayangkan betapa lezatnya dari mulai melihat iklan sampai sudah menghadapi objek yang hendak dimakan. Kata ajaib ini cocok buat bisnis kuliner.

RAHASIA

Tidak semua orang bisa berhasil, dan pasti ada rahasia dibalik kesuksesan tersebut. Sampaikan rahasia produk/layanan Anda mengapa bisa menjadi solusi kepada calon pelanggan Anda tersebut. Karena hamper setiap orang senang jika diberitahu sebuah rahasia.

BAGAIMANA

Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bagaimana Anda menyelesaikan masalahnya.

GENGSI

Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan menggunakan produk/layanan Anda, mereka akan mendapatkan gengsi yang tinggi. Setiap orang di Indonesia senang akan gengsi.

DISEBABKAN OLEH

Analisa dengan cermat problem calon pelanggan Anda dan berikan alas an kenapa hal tersebut dapat terjadi. Hal ini akan membuat Andaterkesan “smart” dan otomatis calon pelanggan Anda pun akan lebih percaya dengan Anda

LEBIH

Apakah Anda memberikan lebih dari yang pesaing Anda tawarkan? Pastikan calon pelanggan Anda mengetahui kelebihan Anda tersebut.

TAWAR MENAWAR

Berikan kesempatan bagi calon pelanggan Anda untuk melakukan penawaran, bisa berupa penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya masyarakat Indonesia adalah menyukai tawar – menawar, dan ingin memperoleh lebih. Jadi berikan itu kepada mereka.

TIDAK ADA BEBAN

Hal ini untuk memastikan kepada calon pelanggan Anda bahwa setelah menggunakan produk/layananAnda, mereka tidak ada beban atau tanggungan lagi.

NYATA

Hampir sama dengan TERBUKTI, bahwa calon pelanggan Anda membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai pendorong untuk memutuskan membeli produk/layanan Anda.

BESAR

Buat diskon yang besar dan penawaran yang tinggi sehingga calon pelanggan Anda tidak sanggup lagi mengelak untuk tidak membeli produk/layanan Anda.

KEKAYAAN

Setiap orang ingin kaya, termasuk saya, Anda dan banyak lainnya. Jadi tunjukkan bahwa produk/layanan Anda bisa mendukung keinginan setiap orang tersebut.

Nah, sekarang tinggal bagaimana kita sebagai seorang pelaku marketing untuk mengkombinasikan kata-kata tersebut untuk mencuri hati calon pelanggan Anda agar membeli produk/layanan Anda. Lakukan sekarang dan tingkatan “conversion rate” penjualan Anda. Selamat mencoba ;-)

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment