Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah dan dapat menjadi sangat melelahkan. Karena sebagai pengusaha, Anda dituntut untuk memikirkan banyak hal, mulai dari pengembangan bisnis, inovasi bisnis, hingga masalah pengelolaan keuangan. Ada banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan hingga menyebabkan kehabisan kas atau dana perusahaan. Di bawah ini adalah 4 kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang sering dilakukan pengusaha hingga menyebabkan kehabisan kas untuk mengelola bisnis.

Mengabaikan Anggaran
Tidak menghabiskan cukup waktu untuk merencanakan anggaran tahunan untuk bisnis Anda sama halnya dengan merencanakan kegagalan bisnis Anda. Ada baiknya untuk membuat dua bentuk anggaran, satu sebagai panduan tahunan dan satu lagi sebagai versi bulanan. Anggaran yang terstruktur akan membantu Anda mencatat segala pengeluaran yang dibutuhkan seperti material, tanah, dan peralatan, dalam kondisi normal bisnis Anda. Dengan membuat skala prioritas untuk pengeluaran dan juga penghematan, Anda dapat terhindar dari kehabisan uang sebelum bulan berakhir.

Pengeluaran Mendadak
Banyak pemilik bisnis melakukan pembelian yang tidak terencanakan dan tidak perlu untuk bisnis mereka yang dapat membuat anggaran membengkak. Contohnya adalah renovasi kantor dadakan atau pembelian mobil jenis terbaru untuk transportasi. Setiap anggaran pada umumnya, memiliki cadangan dana untuk situasi seperti ini. Akan tetapi bergantung pada alokasi cadangan dana pada anggaraan Anda. Membeli sesuatu yang bukan bagian dari rencana tahunan adalah alasan utama mengapa dana bisnis habis sebelum akhir bulan. Untuk menghindari hal ini, cobalah berpegang pada rencana awal Anda untuk membeli keperluan sesuai alokasi budget pada awal bulan. Dengan metode ini, Anda akan memiliki dana cadangan untuk keadaan darurat dan tidak perlu mengganggu keuangan bisnis Anda.

Berkompetisi pada Harga
Saat ini, kita berada pada lingkungan bisnis yang sangat kompetitif. Puluhan, bahkan ratusan bisnis baru mencoba untuk masuk ke pasar dengan menawarkan produk sejenis dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini memang dapat menjadi jalan singkat untuk menjaring pelanggan pada awalnya, akan tetapi belum tentu bisa sepenuhnya berhasil pada jangka panjang. Banyak bisnis berada pada zona merah ini karena yang menjadi fokus mereka adalah bagaimana caranya memberikan harga terendah untuk mendapatkan klien. Walaupun strategi ini dapat berhasil pada awalnya, namun strategi ini tidak dapat berjalan untuk jangka panjang. Karena, jika berjalan dalam jangka panjang, bisnis Anda akan merugi dan bisa menyebabkan kegagalan bisnis. Bukan hanya itu, banyak pelanggan yang akan meragukan kualitas dari produk yang Anda jual.

Mengabaikan Pembukuan
Uang Anda adalah roda penggerak utama bisnis yang berguna untuk mempertahankan bisnis Anda untuk tetap berjalan. Hal yang paling utama harus dilakukan adalah memisahkan keuangan pribadi Anda dengan keuangan bisnis. Menggunakan akuntan yang kompeten akan membantu Anda membuat sistem pembukuan yang sederhana dan transparan.

Software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online juga akan membantu Anda melakukan fungsi-fungsi pembukuan seperti memeriksa utang dan piutang Anda, membuat invoice, reminder untuk pembayaran yang sudah melewati batas waktu dan lain-lain. Berinvestasi pada software akuntansi juga dapat membantu Anda dari risiko kehilangan uang atau kas akibat pembukuan yang tidak terstruktur. Untuk membantu para pemilik bisnis, Accurate Online dapat Anda coba selama 30 hari secara gratis. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Accurate Online dan nikmati berbagai kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis. Info lebih lanjut tentang Accurate Online dapat Anda lihat di sini.

Nova