5 Aplikasi Wajib Yang Membantu Pengusaha Dalam Menjalankan Bisnis

Written by Ipin

Dunia bisnis mengharuskan Anda untuk bergerak serba cepat. Anda juga harus mengandalkan berbagai teknologi digital modern untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik. Sebagai pebisnis, tahukah Anda jika Anda beberapa aplikasi wajib untuk yang harus dimiliki oleh pebisnis? Nantinya aplikasi ini tersebut akan sangat membantu Anda dalam menjalankan berbagai pekerjaan.

Dari sekian banyak aplikasi dan layanan yang ada di luar sana, lima di antaranya kita bahas di artikel ini dan bagaimana ia mampu membantu Anda dalam menajalnkan bisnis.

1. Aplikasi Akuntansi / Pembukuan / Fianancial

arus kas keuangan dalam bisnis yang sehat harus selalu dijaga dan dipantau. Begitu banyak transaksi yang terjadi dalam bisnis yang Anda jalankan, untuk itu dibutuhkan aplikasi akuntansi/pembukuan/financial lainnya yang membantu Anda memantau pengeluaran atau pendapatan.

Berikut beberapa aplikasi Akuntansi/pembukuan/financial yang kami rekomdasikan.

  • Accurate Online: Accurate Software merupakan software pembukuan yang siap pakai dan dapat di aplikasikan keberbagai jenis usaha, dari usaha dagang, jasa, kontraktor, hingga pabrikasi. Modul yang disajakan sangat user friendly dan mudah digunakan. modul sudah lengkap dari pembelian, persedian, penjualan, kas bank, fixed asset, kontraktor, dan manufaktur. Aplikasi ini juga bisa dicoba secara GRATIS.
  • Google Spreadsheet: alat gratis milik Google ini memungkinkan Anda untuk mencatat segala hal yang berkaitan dengan keuangan dalam tampilan yang minimalis dan tentunya familiar.
    Semua hal yang Anda lakukan di dalamnya akan secara otomatis tersimpan ke dalam akun Google Anda, jadi bisa diakses di mana pun. Alternatif yang bisa Anda gunakan yang pastinya sudah sangat akrab dengan Anda adalah Microsoft Excel.

2. Media Sosial dan Email Marketing

Bisnis online sekarang ini direkomendasikan untuk memiliki profil media sosial demi mencakup pasar yang lebih luas dan membangun relasi dengan pelanggan dengan baik, begitu juga dengan email marketing.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi/layanan berikut untuk memudahkan Anda terhubung dengan mereka:

  • Hootsuite: dengan aplikasi ini, Anda bisa mengorganisir dan menjadwalkan postingan ke beragam media sosial Anda.
  • Buffer: sama seperti Hootsuite, Anda bisa menentukan jadwal setiap postingan ke beragam media sosial Anda dan Buffer akan memostingnya untuk Anda secara otomatis.
  • Mailchimp: kumpulkan email pelanggan Anda dan tetaplah terhubung dengan mereka lewat email marketing. Mailchimp akan membantu Anda memudahkan prosesnya.

3. Business Card Holder

Sudah menjadi kebiasaan para pebisnis untuk saling bertukar kartu nama? Namun, kartu nama berbentuk fisik hanya akan memenuhi tempat dan mudah hilang. Gunakan saja aplikasi penyimpanan kartu nama secara digital, yakni Business Card Holder. Data di aplikasi ini tidak hilang meskipun Anda berganti smartphone karena semua data bisa disimpan di Google Drive.

Cukup foto kartu nama fisik yang Anda terima, lalu simpan di dalam aplikasi ini dengan menulis nama dan kategori bisnis rekan Anda. Melalui Business Card Holder, Anda pun bisa berbagi kartu nama kepada teman-teman Anda atau mencari kartu nama dengan cepat berdasarkan nama atau kategori.

4. Ide dan Perencanaan/Strategi

Ada kalanya Anda mendapatkan ide saat sedang bepergian. Hanya saja, ide yang muncul secara spontan biasanya lebih cepat terlupakan. Anda mungkin akan merasa ribet bila mengantongi catatan kecil lengkap dengan penanya.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi berikut untuk menyimpan ide Anda sekaligus untuk membuat perencanaan/strategi pengaplikasiannya sehingga bisa mendongkrak kemajuan bisnis Anda:

  • OneNote: aplikasi ini tersedia di Android, iOS, hingga PC, sehingga akan singkron satu dengan yang lain. Anda bisa dengan mudah mencatat ide dan menyusun strategi dengannya.
  • Evernote: sama seperti OneNote dan tersedia di beragam jenis perangkat. Tampilannya pun akan membuat Anda semakin semangat dalam membuat perencanaan bisnis.

5. Project Management

Ada kalanya Anda harus membagi tugas dengan karyawan atau rekan Anda dalam megembangkan sebuah bisnis karena memang tidak mungkin Anda bisa mengerjakan semuanya.

Agar seluruh proses dapat dipantau, gunakan aplikasi project management seperti TrelloAsana, hingga Wunderlist.

Dengan menggunakan aplikasi project management, Anda bisa terus memantau pengaplikasian strategi bisnis Anda dan memantau pekerjaan karyawan Anda.

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment