5 Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan di Perusahaan

Written by Rini

Kondisi perusahaan jaman now sering terjadi ekonomi yang slow down. Ekonomi yang kurang baik ternyata masih ada kecurangan / fraud, ini menyebabkan perusahaan semakin merugi.

Disini bukan mengenai bagaimana cara menghilangkan kecurangan di perusahaan. Tapi disini membahas bagaimana meminimalisir bahkan mencegah terjadinya kecurangan.

Simak ulasannya di bawah ini, catat setiap point pentingnya :

1. Membuat Peraturan Perusahaan yang Benar

Peraturan perusahaan dibuat agar memiliki batasan-batasan yang perlu diketahui oleh karyawan.  Jika tidak ada aturan yang berlaku, jalan perusahaan tidak ada arahnya. Hal ini yang menyebabkan karyawan memiliki kebebasan untuk semena-mena karena tidak ada peraturan perusahaan yang benar. Perusahaan yang tidak memiliki peraturan akan mudah mengalami fraud.

2. Membuat Visi dan Misi Perusahaan

Supaya perusahaan berjalan dengan benar, miliki visi dan misi perusahaan. Kalau perlu, pajang visi & misi perusahaan di dinding agar karyawan pun tahu dan merasa bahwa karyawan tersebut mempunyai andil untuk mencapai visi & misi perusahaan. Hal kecil seperti ini jarang sekali diperhatikan, karena perusahaan merasa bahwa visi & misi tersebut hanya milik perusahaan, karyawan hanya cukup bekerj, bekerja, dan bekerja. Jika saat ini Anda belum memberitahukan visi & misi perusahaan Anda kepada karyawan, segera informasikan lalu lakukan perubahan agar mencegah terjadinya fraud.

3. Memiliki Budaya Kerja

Sudahkan Anda memiliki budaya kerja di perusahaan ? Jika belum, buatlah. Memiliki budaya kerja tujuannya menciptakan orang yang bekerja ini mau kemana, dan dijadikan manusia dengan karakter seperti apa. Sebagai contoh, perusahaan Anda memiliki budaya kerja seperti : Kerjasama. Secara tidak langsung, Anda sudah membentuk orang-orang tersebut untuk terbiasa bersikap saling menghargai, saling membantu. 

4. Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur)

Memiliki standar operasional prosedur perusahaan sendiri. Misal Anda menggunakan software akuntansi sebagai standar dalam mengelola keuangan untuk mencegah adanya kecurangan yang memanfaatkan sebagai peluang. Mengelola keuangan perusahaan secara manual menciptakan resiko dan kecurangan yang sangat besar. Selain kesalahan human ketika menginput, bisa dipermainkan untuk mengelabui hasil laporan keuangan perusahaan. Dengan adanya software akuntansi, maka yang perlu dilakukan hanya mengontrol dengan benar, mengurangi terjadinya fraud yang menimbulkan perusahaan collaps.

5. Human Resources

Memiliki people yang dapat dikembangkan. Percuma saja sebagus apapun perusahaan jika tidak memiliki people yang berkembang untuk apa. Hanya akan menghambat perkembangan perusahaan saja. Sebagai contoh, Anda memiliki karyawan yang tidak bisa berkembang dan tidak menerima perubahan arus bisnis perusahaan, yasudah perusahaan Anda pun akan mengalami stuck. Pilih dan cari people yang masih bisa dikembangkan.

Itulah 5 Cara Mencegah Kecurangan di . Catat point penting dan lalukan perubahaan untuk bisnis atau perusahaan Anda agar tidak adanya kecurangan. 

Jika Anda memiliki kendala lain dalam perusahaan. Anda dapat mengikuti event di bawah ini :

 

Rini on Instagram
Rini
Content Creator

Pendorong terkuat adalah pikiran. Hati-hati dengan pikiran. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki, percaya deh :)

Mari kita berteman
instagram @riniisaputrii

About the author

Rini

Content Creator

Pendorong terkuat adalah pikiran. Hati-hati dengan pikiran. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki, percaya deh :)

Mari kita berteman
instagram @riniisaputrii

Leave a Comment