5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Written by Anto

Berbicara di depan umum bukan merupakan hal baru. Hal ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Ketika manusia ada dan hidup berkelompok, sudah merupakan hal lazim orang-orang tertentu dipilih sebagai pemimpin untuk kelompok mereka. Seseorang yang jadi pemimpin itu pasti bukan orang yang sembarangan, ia memiliki kapasaitas dan kapabilitas yang dianggap mumpuni atau mampu dalam melaksanakan tugasnya. Seseorang pemimpin yang terpilih harus bisa mengutarakan apa yang ada dalam pikirannya. Hal ini dilakukan agar bisa menentukan arah dari kelompok tersebut. Salah satu cara seseorang pemimpin untuk mengutarakan pendapatnya adalah dengan berbicara, yang tentu saja tidak hanya dengan sekelintir orang melainkan bersama banyak orang di dalam kelompoknya.

Pertanyaannya, Apakah Anda harus jadi pemimpin untuk bisa berbicara di depan umum? Tentu saja tidak. Berbicara di depan umum  sangat diperlukan oleh siapapun yang menjalani pekerjaan berhubungan dengan orang lain. Seperti contoh: Stand up Comedy, Politisi, Sales person  yang harus mempresentasikan produk atau jasa yang dijual, atau bahkan saat siswa diminta berpidato di depan kelas saat pelajaran Bahasa Indonesia

Kemampuan berbicara di depan umum sangat diperhitungkan di masa sekarang dan masa mendatang, di mana persaingan untuk menggapai prestasi sangat tinggi. Seseorang membutuhkan kemampuan menyampaikan kata-kata untuk berargumen dan mempengaruhi orang lain.

Terkadang, kita pernah melihat orang berbicara di depan umum seakan-akan memiliki pesona yang bisa menguasai dan mempengaruhi banyak orang. Hanya dengan berbicara, kita dapat membuat orang bergembira, tertawa, marah, sedih, dan menangis. Kata-kata seakan bisa menyihir untuk memengaruhi kondisi jiwa seseorang dan mengubah penilaian seseorang dalam mengambil keputusan.

Mungkin Anda menganggap berbicara di depan umum itu sulit. Atau Anda takut dan tidak tahu bagaimana cara berbicara atau mengutarakan pendapat saat di depan umum. Belajar berbicara di depan umum seperti halnya belajar mengendarai sepeda yang awalnya sulit , tetapi semakin dilatih semakin ahli dan mahir melakukannya, termasuk Anda.

Hal utama yang membuat Anda sulit untuk bisa berbicara di depan umum adalah rasa takut. Sebenarnya hal menakutkannya bukan berada pada audience atau kelompok yang ada di hadapan Anda tetapi berada di dalam diri Anda sendiri.

5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Berikut adalah 5 cara mudah untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum yang bisa Anda ikuti dan bisa Anda latih terus menerus sampai Anda menjadi pembicara yang handal di depan umum.

1. Berdoa dalam hati

Berdo'a adalah hal yang paling mujarab dan tidak boleh dilupakan dalam segala situasi termasuk saat Anda hendak berbicara di depan umum. Cukup berdo'a dalam hati maka akan memberikan kekuatan dan ketenangan yang lebih dalam diri Anda.

2. Sugesti diri Anda sendiri

Dengan memberi sugesti pada diri sendiri sebelum dan saat penampilan, akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak takut berlebihan di depan audiens. Anda bisa mengucapkan perulangan kata misalan "Aku bisa" yang diulang-ulang sebelum tampil dan saat tampil. Dan perlu diingat saat tampil cukup dikatakan di dalam hati saja.

3. Ajukan pertanyaan ke audiens

Jika Anda merasa gugup untuk memulai berbicara di depan umum, maka hal yang paling mudah adalah mengajukan pertanyaan untuk membuka pembicaraan. Anda bisa mengajukan pertanyaan umum pada audiens. Contohnya: Apa kabar semuanya?, Apakah ada yang mengantuk setelah melihat saya?, Apakah ada yang datang dari luar planet? dan lain sebagainya silahkan disesuaikan dengan audiens Anda. 

4. Lakukan kontak mata sekali saja

Ketika Anda merasa takut atau gugup saat berbicara di depan umum, maka hal lain yang bisa Anda lakukan adalah kontak mata sekali saja ke seluruh audiens kemudian senyum. Senyum ajaib Anda tersebut akan menambah kepercayaan diri Anda dan menambah kesan positif ke audiens

5. Libatkan audiens

Salah satu cara lain untuk mengurangi rasa takut dan gugup saat Anda sedang berbicara di depan umum adalah melibatkan penonton untuk maju ke depan, atau Anda yang menghampiri salah satu atau sekelompok penonton. Berikan kesempatan kepada mereka untuk ikut serta menjelakan atau menegaskan contoh dari topik yang sedang Anda bahas. Sebagai contoh Anda sedang menerangkan cara-cara bersalaman dalam berbagai situasi, Anda bisa meminta dua atau tga orang penonton untuk mempraktikan penjelasan Anda. Dengan demikian Anda tidak merasa sendirian di atas panggung atau di depan umum.

Itulah 5 cara mengatasi rasa takut saat Anda berbicara di depan umum. Sebenarnya masih banyak lagi trik lain untuk mengatasi rasa takut ini yang masih bisa Anda kembangkan.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment