5 Ciri Ciri Yang Manandakan Kamu Harus Jadi Entrepreneur

Banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang entrepreneur, dan peluang untuk menjadi seorang entrepreneur sukses sangat terbuka lebar. Dan mengapa Anda bisa sampai di artikel ini, mungkin karena Anda adalah salah satu dari jutaan banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

Menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur sukses bukanlah perkara yang mudah, perlu banyak bekal yang harus disiapkan dan perlu mental yang kuat untuk membuat bisnis tersebut terus berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebelum memutuskan untuk membangun suatu bisnis dan menjadi entrepreneur sukses, alangkah lebih bijaknya kalau kamu mengenal lebih jauh potensi diri kamu. Apakah kamu memiliki karakter atau ciri-ciri untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses?

Berikut ini 5 ciri-ciri yang bisa jadi tanda kamu berbakat menjadi entrepreneur sukses atau tidak:

1. Berani ambil risiko

Ciri-ciri pertama yang bisa menjadi tolak ukur kamu calon entrepreneur sukses adalah sifat berani ambil risiko. Risiko memang selalu ada dalam kehidupan, terlebih di dunia bisnis.

Namun, mengambil risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai batu pijakan ataupun peluang keberhasilan untuk menjadi entrepreneur sukses.

2. Mampu menganalisa pasar

Seorang calon entrepreneur harus pandai menganalisa dan membaca situasi pasar yang akan dimasukinya serta mengambil keuntungan dari pasar tersebut. Calon entrepreneur sukses biasanya dapat melihat peluang bisnis besar bahkan dalam kondisi pasar yang tidak pasti.

Saat menghadapi masalah yang sulit sekali pun, seorang entrepreneur sukses akan mampu menganalisa akar permasalahan dan menghadirkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Mampu membangun dan bekerja sama dengan team

Ciri lain yang dimiliki calon entrepreneur sukses yaitu, mampu membangun team dan bekerja sama dengan team. Dengan Bekerja bersama team pekerjaan yang berat akan jauh terasa lebih ringan.

Seorang entrepreneur sejati juga harus bisa dan mau mendelgasian pekerjaan kepada orang-arang yang dipercaya mampu melakukan pekerjaan serta dapat meluangkan waktu lebih banyak bersama team untuk mentransfer vis dan misi yang dimiliki untuk kesuksesan bersama.

4. Penjual Sejati

Fakta menunjukan bahwa banyak entrepreneur sukses berangkat dari seorang penjual atau salesman sejati. Profesi sebagai penjual adalah profesi yang sangat menantang yang biasanya banyak dihindari oleh orang-orang yang tidak ingin berurusan dengan target penjualan,

Seorang pemasar sudah terbiasa bertemu dengan berbagai karakter customer sehingga mampu beradaptasi dengan baik. Seorang pemasar sejati tahu kapan waktu yang tepat untuk  menawarkan produk dan mau mendengarkan apa yang menjadi keluhan pelanggan.

5, Sudah memiliki modal yang cukup

Banyak para trainer suksek mengatakan bahwa tidak memiliki modal usaha bukanlah suatu alasan yang cukup untuk tidak membangun suatu usaha. Hal tersebut bisa dikatan benar bahwa Modal bukanlah satu satu-nya aspek yang dapat menentukan sukses atau tidaknya seorang entrepreneur.

Memiliki modal usaha yang cukup akan membuat calon entrepreneur sukses lebih fleksibel dan lebih yakin dengan bisnis yang akan dibangunnya. Dengan memiliki modal yang cukup seorang entrepreneur dapat berinvestasi pada perlengkapan pendukung yang akan cepet berimbas kepada kesuksesan Anda.

Nah jika kamu sudah mengetahui ciri-ciri untuk menjadi entrepreneur sukses, sekarang apakah kamu sudah memiliki kelima dari ciri ciri diatas. Apabila Anda sudah memiliki kriteria diatas tidak ada alasan lagi bahwa Anda akan menjadi entrepreneur sukses.

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment