5 Film Wajib Tonton Untuk Pengusaha- Sangat Menginspirasi

5 FILM WAJIB TONTON UNTUK PENGUSAHA

Menjadi seorang pengusaha memang bukan hal yang mudah. Tekad yang kuat serta ide cemerlang untuk selalu melakukan inovasi. Selain itu, modal memang menjadi masalah klasik bagi pengusaha namun banyak yang mengambil pinjaman pribadi sebagai langkah awal. Anda bisa menggunakan cara lain yang Anda inginkan untuk mendapatkan modal. Motivasi juga merupakan syarat untuk selalu berjuang dan bertahan dalam dunia bisnis.

Motivasi untuk memulai bisnis bisa datang dari mana saja. Anda bisa mendapatkannya dari dorongan keluarga, pelatihan kewirausahaan, membaca buku, bahkan dari film-film yang memotivasi.

Bagi sebagian orang, film tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan semata, film juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi mereka yang ingin memulai bisnis sendiri.

Berikut 5 film tentang motivasi dan bisnis yang wajib ditonton bagi para pelaku usaha baik yang akan atau baru memulainya.

  • The Billionaire

The Billionaire ini terinspirasi dari perjalanan hidup seorang penemu camilan yang terbuat dari rumput laut. Camilan ini bernama ‘Tao Kei Noi’. Tentu, nama camilan ini tidak terlalu asing di telinga kita. Kita juga bisa membelinya di toko atau minimarket terdekat. Camilan Tao Kei Noi ini diciptakan oleh sang penemunya, yakni Top Aitthipat Kulapongvanich. Ia juga sering dikenal dengan sebutan Top Ittipat. Film ini bercerita tentang bagaimana awal mulanya Top menjadi seorang pengusaha sukses. Mulanya, Top memiliki hobi bermain game online.

Dari hobi bermain game ini kemudian ia bisa menghasilkan uang. Sayangnya, hal ini dianggap illegal oleh pihak pemerintah sehingga Top memutuskan untuk berhenti. Setelah itu, Top melihat kesempatan untuk memulai usaha rumput laut serta membantu orang tuanya. Karirnya sebagai seorang pengusaha pun dimulai hingga ia mampu merekrut 2000 karyawan serta memiliki penghasilan fantastis yang mencapai 2.4 triliun tiap tahunnya.

  • The Social Network

Film ini telah menjadi blockbuster saat pertama kali dirilis di tahun 2010 silam. Tidak mengherankan memang lantaran hampir semua orang yang mengenal Facebook ingin mengetahui bagaimana sang penemu media sosial terkemuka di dunia ini, Mark Zuckerberg memulai perjuangannya menjadi seorang pengusaha startup di usia yang terbilang muda. Berawal dari kesukaannya bermain dengan kode-kode saat masih menjadi mahasiswa Harvard kemudian meluncurkan aplikasi yang diberikan kepada mahasiswa Harvard.

Kekuatan ide, kreatifitas, fleksibilitas, daya saing serta inovasi yang luar biasa akhirnya Mark berhasil membuat dan meluncurkan Facebook yang terinspirasi dari aplikasi yang ia buat saat menjadi mahasiswa Harvard. Karirpun terus berkembang dan Facebook menjadi seperti apa yang sudah kita kenal hingga saat ini. Bahkan aplikasi seperti Instagram dan What’s App juga telah dibelinya.

  • The Founder

The Founder merupakan film biografi yang menceritakan perjalanan bisnis McDonald. Film ini digarap oleh John Lee Hancock dan diproduseri oleh Don Handfield, Karen Lunder, Jeremy Renner, dan Aaron Ryder.

Film ini menceritakan kisah nyata Ray Kroc yang berhasil membangun bisnis franchise McDonald sampai ke lingkup nasional. Namun, kesuksesannya harus dibumbui oleh drama oleh penemu awal Mc Donald yaitu Mac dan Dick.

Film ini merupakan rilisan tahun 2017, cerita ini diawali dengan kisah Ray Kroc yang merupakan salesman mesin pembuat milkshake.

Kala itu, dirinya bisa dibilang tidak sukses dalam bisnisnya karena sering mendapatkan penolakan ketika menawarkan produknya tersebut. Tapi, Ray Kroc merupakan sosok entrepreneur sejati dan memiliki visi dan pandangan yang luas. Setiap ingin tidur, ia selalu mendengarkan rekaman motivasi agar dapat bangkit. Suatu saat, Kroc mendapatkan pesanan sejumlah 6 mesin milkshake ke restoran burger bernama McDonald di Belleville.

Saat sampai di tempat, Kroc terkejut dengan toko yang dimiliki dua bersaudara Mac dan Dick. Saat itu, terlihat restoran McDonald ramai oleh pengunjung, ia pun penasaran dan ternyata layanan untuk menyediakan makanan dari Mc Donald hanya membutuhkan 30 detik, padahal saat itu rata-rata restoran menyediakan makanan membutuhkan waktu 30 menit.

Akhirnya, bertemulah Krock dengan pemilik McDonald saat itu, Mac dan Dick. Mereka menceritakan bahwa sistem dapur mereka atur sendiri untuk mendapatkan efisiensi dalam proses produksi dan hasilnya memuaskan.

Kemudian, Kroc pun mengajak Mac dan Dick untuk mengembangkan franchise (waralaba) McDonald. Namun, si Mac dan Dick yang punya pikiran sempit menolak itu dengan alasan kualitas kontrol yang tidak terjamin. Dan ia mencoba membujuk mereka lagi dan mengucapkan kata sebagai entrepreneur sejati.

Film The Founder merupakan kisah nyata dari Ray Kroc yang berhasil membangun McDonald berkembang seperti sekarang.

Sisi positif yang dapat diambil dari film ini yaitu Sobat lebih tahu wawasan dan sejarah tentang McDonald. Apalagi kalian yang ingin membuat startup pasti kalian membutuhkan pelajaran dari film ini.

  • Office Space

Film yang satu ini memiliki genre komedi dan rilis tahun 1999. Film ini bercerita tentang Peter Gibbons (Ron Livingston) yang sangat membenci hidupnya yang bekerja sebagai karyawan. Ia harus menerima berbagai perintah dari sang bos yang terlihat menyeramkan yakni Bill Lumbergh (Gary Cole). Film ini layak ditonton oleh semua pengusaha karena setiap pengusaha atau calon pengusaha tentunya bosan menjadi karyawan. Tentu, kita harus bisa menemukan solusi ketika benci menjadi karyawan dan solusinya adalah dengan menjadi seorang pengusaha.

  • Crocodile in The Yangtze

Film ini bergenre documenter. Film yang bercerita tentang kehidupan guru matematika yang kemudian bertransformasi menjadi pebisnis sukses. Jack Ma, sang guru matematika kemudian menjelma menjadi seorang milyuner Tiongkok usai mendirikan Alibaba.com. Produser film ini, Porter Erisman merupakan mantan VP Alibaba. Film ini mengisahkan lebih dari sekedar menjadi pebisnis melainkan pebisnis yang sukses di dunia internasional. Jack Ma, pria asal Asia pertama yang dengan Alibaba.com ia berhasil menembus pasar di negara-negara Barat.

Ilmu pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya, dengan menonton film. Nah, semoga rekomendasi film-film yang kami berikan dapat menginspirasi dan memotivasi Anda dalam menjalankan semua tujuan yang ingin dicapai.

Jadi, menjadi pengusaha tidak harus berpikir tentang modal melainkan juga motivasi dan daya saing seperti yang ditunjukan film diatas. Jika Anda hanya berkutat pada urusan modal, pinjaman pribadi, investasi dan produk tanpa memikirkan pesaing, inovasi serta motivasi maka bisnis Anda akan stagnan.

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment