5 Jenis Bisnis Rumahan yang Paling Mudah Dijalankan dengan Modal Kecil

Lagi-lagi ngomongin bisnis, bosen gak sih? ya bosen kalau hanya diomongin tapi tidak dikerjakan. Itulah sifat dasar manusia, semua ingin mandiri, semua ingin memperoleh penghasilan sendiri dan tidak bergantung pada orang lain atau tidak begantung kepada tempat bekerja. Jika ingin mandiri jawabannya adalah punya bisnis, selain punya bisnis untuk mendapatkan penghasilan adalah punya investasi, tapi masyarakat Indonesia sebagian besar belum sadar akan manfaat investasi demi mendapatkan kebebasan finansial di masa mendatang, tentu saja karena imbal hasil investasi perlu waktu yang relatif lama dan perlu komitmen yang kuat untuk berinvestasi. Oke, jika Anda tidak sabar menunggu keuntungan yang memerlukan waktu cukup lama berarti yang cocok kita bahas disini bukan perihal investasi, tetapi perihal bisnis. Bisnis yang menguntungkan akan memberikan imbal hasil yang cepat dan langsung terasa begitu pelaku bisnis menjalankannya dengan benar. Yang jadi kendala adalah banyak orang yang terkendala untuk memulai bisnisnya karena beberapa hal diantaranya adalah: modal, keterampilan, pengetahuan atau pengalaman yang terbatas dalam menjalankan bisnis.

Dalam artikel ini akan dijelaskan 5 tips bisnis rumahan yang paling mudah dijalankan meskipun modal yang Anda miliki sangat minim. Langsung saja kita simak beberapa tips bisnis di bawah ini.

1. Usaha Cuci Kiloan

Bagi Anda ibu rumah tangga, pernah atau tidak berfikir tentang usaha yang satu ini?. Hanya bermodal mesin cuci dan setrika yang Anda miliki, bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Memang sih tidak hanya bermodal mesin cuci dan setrika, Anda masih perlu modal detegent dan parfum laundry untuk membantu menyempurnakan hasil cucian yang tidak kalah bersih, wangi dan halus seperti yang dilakukan oleh perusahaan laundry profesional. Mulailah dari menawarkan ke warga sekitar atau memasang papan yang bisa terbaca dengan jelas oleh tetangga yang biasanya melewati rumah Anda.

2. Membuat dan Menitipkan Makanan Ringan

Bisnis berikutnya yang cukup mudah dilakukan dan memerlukan modal yang relatif kecil adalah membuat makanan ringan serta menitipkannya ke warung-warung terdekat. Contoh makanan ringan yang mudah Anda buat antara lain: Peyek kacang, peyek rebon dan sebagainya. Jika Anda belum punya pengalaman membuat peyek yang enak dan disukai oleh banyak orang, Anda bisa mencoba mengikuti berbagai resep pembuatan peyek melalui media sosial seperti Youtube atau yang lainnya. Jadi tidak ada alasan bahwa Anda tidak bisa. Yang ada adalah Anda mau belajar atau tidak. Jika Anda sudah bisa membuat peyek yang enak, renyah, gurih, dan layak jual cobalah Anda menitipkan peyek buatan Anda ke warung-warung terdekat untuk digantung di depan etalase warung mereka. Berikan mereka margin keuntungan minimal 20% dari produk yang berhasil mereka jual. Misalkan harga jual peyek kepada pembeli adalah Rp 2.000 per bungkus, maka Anda bisa menagih ke warung tersebut hanya Rp. 1.600 per bungkus, sehingga warung tersebut mendapatkan keuntungan Rp. 400. Dengan demikian maka kami yakin mereka pasti bersedia dititipi produk Anda.

3. Menjual Jasa Menjahit atau Permak

Apakah menjahit memiliki peluang yang menjanjikan untuk dijadikan bisnis di rumah?. Jawabannya tentu ada dalam benak Anda sendiri. Memang sih pakaian jadi banyak dijual dimana-mana, tidak hanya di toko offline, sekarang baju atau lebih kerennya biasa disebut fashion juga sudah banyak kita temui dijual secara online di media sosial, toko online atau di marketplace. Dengan banyaknya model pakaian jadi yang dijual tersebut apakah hal ini membuat penghasilan tukang jahit atau tukang permak mati?, nyatanya tidak. Jika saya mau mengecilkan ukuran baju yang baru saya beli, saya harus rela mengantri 2 - 3 hari pengerjaannya karena ramainya orderan permak di tukang jahit tersebut. Jadi ini adalah peluang yang menjanjikan untuk dijadikan bisnis yang bisa Anda kerjakan di rumah. Jika Anda belum memiliki keterampilan menjahit, Anda bisa mengikuti kursus menjahit di tempat kursus terdekat dengan tempat tinggal Anda.

4. Mendaftar Sebagai Affiliate Marketer

Di era teknologi dan internet seperti sekarang ini, peluang untuk mendapatkan penghasilan menjadi lebih banyak dan lebih mudah untuk dijalankan. Salah satu peluang usaha yang mengandalkan internet dan teknologi adalah affiliate marketing. Dikutip dari wikipedia affiliate marketing merupakan salah satu jenis bisnis yang dikembangkan dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Untuk bisa menjalankan affiliate marketing, pertama-tama Anda harus mencari perusahaan yang memberikan kesempatan kepada umum dalam melaksanakan pemasaran produknya. Hampir semua affiliate marketing, penjualan produknya dilakukan melalui sebuah website. Sebelum Anda bisa menjual sebuah produk dari perusahaan afiliasi, Anda diwajibkan untuk mendaftar sebagai affiliate marketer terlebih dahulu. Biasanya pendaftaran dilakukan secara online. Ada perusahaan affiliate yang menggratiskan biaya pendaftaran, ada juga yang menerapkan pendaftaran berbayar.

Jika Anda sudah mendaftar sebagai affiliate marketer maka Anda akan diberikan sebuah link website khusus yang berisi kode afiliasi Anda yang akan secara otomatis mengidentifikasi penjualan Anda jika ada transaksi penjualan yang dilakukan melalui link website khusus Anda tersebut. Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa affiliasi antara lain sebagai berikut: 

  • CPSSoft Produk yang dijual berupa software akuntansi. Biaya pendaftaran menjadi partner afiliasi GRATIS. Mendaftar bisa melalui link ini
  • EVERMOS: Produk yang dijual berupa fashion muslim dari berbagai brand ternama, Biaya pendaftaran TIDAK GRATIS bisa cek terlebih dahulu atau daftar di sini
  • RATAKAN: Produk yang dijual berbagai produk digital dan produk fisik seperti buku dan lain sebagainya. Biaya pendaftaran menjadi affiliate marketer GRATIS. Selengkapnya bisa pelajari dan daftar di sini

Itulah beberapa perusahaan penyedia layanan affiliasi yang bisa Anda coba. Biasanya mereka menyediakan layanan pelanggan untuk berkonsultasi jika para affiliate marketer memerlukan panduan.

Cara kerja sebagai affiliate marketer cukup mudah, hanya membagikan link website produk ke sosial media atau media perpesanan seperti whatsapp. Jika ada pelanggan yang klik link tersebut dan membeli melalui link tersebut maka transaksi pembayaran dan pengiriman barang langsung dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan afiliasi. Sehingga affiliate marketer tidak perlu melakukan apapun untuk mengurus transaksinya.  Hal ini tentu sangat mudah Anda kerjakan dari manapun termasuk Anda kerjakan dari rumah bukan?.

5. Menjadi Dropshipper

Mungkin bukan lagi puluhan tetapi ratusan orang sudah sukses menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Gambaran cara kerja sebagai dropshipper adalah sebagai berikut:

Anda mempromosikan sebuah produk yang tidak Anda miliki kecuali fotonya. Foto produk tersebut Anda share melalui social media. Jika ada pengunjung social media yang tertarik dengan produk seperti yang ada di foto tersebut maka orang tersebut akan memesan melalui Anda dan bersedia membayar kepada Anda. Setelah Anda menerima pembayaran dari konsumen Anda maka barulah Anda membeli produk tersebut kepada supplier untuk langsung dikirimkan kepada pembeli tanpa barang tersebut datang kepada Anda. Saat melakukan pemesanan, Anda wajib menyatakan bahwa pemesanan barang tersebut kepada supplier adalah sebagai dropshipper, sehingga supplier Anda akan mengemas Barang dan mengirimkannya kepada konsumen Anda dengan data Anda sebagai pengirimnya, jadi data yang tercantum sebagai pengirim bukanlah data si supplier.

Sekilas bisnis dropshipper agak mirip dengan bisnis affiliate marketer, yaitu pingiriman langsung dari perusahaan penyedia produk kepada konsumen Anda. Namun sebenarnya kedua jenis bisnis ini benar benar-berbeda. Perbedaan antara affiliate marketer dengan dropshipper antara lain sebagai berikut:

  1. Affiliate marketer membagikan link website produk, Dropshipper membagikan foto atau video
  2. Affiliate marketer tidak menerima pembayaran dari pembeli karena pembeli langsung melakukan pembayaran ke perusahaan penyedia produk, Dropshipper menerima pembayaran dari pembeli, lalu membelikan barang ke supplier.
  3. Affiliate marketer tidak bisa menentukan harga jual karena harga sudah ditetapkan dan keuntungan berupa komisi yang akan diberikan, Dropshipper suka-suka memasang harga jual karena keuntungan dihasilkan dari selisih Antara harga jual ke konsumen dengan harga beli ke supplier dan bukan berupa komisi.

Itulah 5 jenis usaha rumahan yang paling mudah untuk dilakukan dengan modal yang relaif kecil. Jangan lupa jika usahanya sudah berjalan untuk mencatat pembukuan transaksi, Anda bisa juga mendapatkan ebook secara gratis tentang cara membuat pembukuan sederhana untuk usaha di bawah ini:

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment