5 MANFAAT PENTING SOFTWARE AKUNTANSI BAGI PERUSAHAAN ANDA

Written by Rendy

Kadang mencatat hal tentang keuangan yang jumlahnya cukup kecil masih malas dilakukan. Terlebih saat usaha yang Anda jalankan baru saja dibuka, terkadang merasa bahwa hal tersebut belum begitu penting. Padahal, semua yang berkaitan dengan keuangan atau akuntansi dalam bisnis diperlukan meskipun bisnis yang dijalankan masih kecil. Ada manfaat akuntansi bagi UKM yang memang diperlukan.

Jangan sampai Anda sebagai pemilik bisnis hanya memandang, bahwa akuntansi hanya diterapkan diterapkan oleh perusahaan yang sudah tingkat menengah maupun perusahaan yang sudah besar. Padahal tidak, bisnis yang masih dalam tahap berkembang pun perlu menerapkannya meskipun transaksi tidak begitu besar. Mengapa?

Karena ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan sistem akuntansi pada bisnis kecil Anda. Karena Anda memerlukan laporan untung rugi bisnis yang sedang Anda jalankan. Jangan sampai keuntungan dan kerugian yang diperoleh tidak terlihat, karena tidak adanya sistem pembukuan.

"5 Manfaat Software Akuntansi dalam berBisnis "

 

1. Menghemat Waktu

Keuntungan menggunakan software akuntansi yang pertama, segala pencatatan transaksi bisnis UKM Anda akan diproses secara cepat dan tepat. Mulai dari input transaksi, melacak faktur, hingga pembuatan laporan arus kas, laba-rugi, dll, bisa dilakukan secara otomatis.

Bahkan, fitur software akuntansi saat ini sangatlah canggih. Software ini juga mampu merevisi kesalahan pencatatan yang dilakukan admin. Segala pembayaran hutang piutang pun bisa diselesaikan secara cepat lewat transaksi antar bank online yang telah terintegrasi dengan software akuntansi Anda.

Tentunya, dengan semua kemudahan ini Anda bisa menghemat lebih banyak waktu. Sehingga, Anda bisa menggunakan lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi mengembangkan bisnis Anda agar lebih maju dan berkembang lagi.

Jadi, sudah mau coba software akuntansi? Klik disini untuk mempelajari software akuntansi yang kami rekomendasikan untuk Anda.

2. Menghemat Biaya Perusahaan

Aplikasi keuangan mengotomatiskan penghitungan pokok dan prosedur administrasi serta mengatur susunan anggaran Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan outsourcing manajemen keuangan kepada pihak eksternal. Perangkat lunak ini juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi, sebab seluruh data disimpan secara digital di lokasi yang aman dan terpantau.

3. Mengetahui Jumlah Keuntungan dan Kerugian

Dengan adanya catatan yang berdasarkan pada standar akuntansi, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengetahui berapa jumlah kerugian dan keuntungan yang Anda dapatkan setiap harinya. Dengan begitu Anda juga bisa mengetahui jumlah modal yang sudah terpakai, dan modal yang belum digunakan, termasuk berapa jumlah utang yang Anda miliki.

Sehingga semua tercatat dengan rapih, Anda pun bisa mudah mengetahui untung yang Anda peroleh dalam satu bulan, dua bulan, tiga bulan dan seterusnya dalam satu tahun. Anda bisa melihat daftar keuntungan yang Anda peroleh dari catatan-catatan yang telah Anda buat tersebut.

4. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang bersifat konfidensial dan harus dijaga agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang. Sistem akuntansi memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya dalam sebuah sistem terpusat yang terlindungi oleh firewall. Hanya mereka yang diberikan hak akses yang dapat melihatnya.

Keuntungan menggunakan software akuntansi yang keempat, pembuatan laporan keuangan jadi otomatis.

Namanya juga software akuntansi. Semuanya dikerjakan serba otomatis dan tanpa manual lagi. Termasuk dalam membuat laporan akuntansi. Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam membuat laporan keuangan secara manual.

Semua yang dulunya masih Anda lakukan secara manual, kini tergantikan dengan sistem modern yang praktis dan otomatis. Jika dulu Anda masih mencatat transaksi penjualan secara manual di kertas/ Ms. Excel, lalu menghitung hasil penjualan secara manual dengan bantuan kalkulator, kini tidak perlu lagi.

Karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis oleh software akuntansi, termasuk dalam membuat laporan akuntansi yang detail dan lengkap. Mulai dari laporan neraca, laba rugi, arus kas, perubahan modal, dll.

Ingat: semua laporan tersebut bisa Anda dapatkan secara otomatis! Jadi, Anda tidak perlu susah payah hitung manual, apalagi sampai begadang cuma buat laporan bulanan. Langsung gunakan

 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment