5 Media Sosial yang Wajib Diterapkan Pada Bisnis Anda Sebagai Sarana Promosi

5 media sosial untuk bisnis
Written by Rendy

Hidup di era digital berarti harus siap untuk mengikuti segala perkembangan trend serta update yang terjadi di dunia online. Perubahan dan perkembangan ini terjadi sangat cepat, Perubahan trend ini berjalan begitu alami sehingga bahkan masyarakat tidak akan begitu terpengaruh dengan perubahan trend tersebut. 

Era digital saat ini memiliki dan memanfaatkan media sosial memang dapat membantu berbagai macam kebutuhan promosi dalam membangun sebuah bisnis. Bagaimana tidak jika hampir semua informasi hingga kebutuhan infotainment dapat ditemukan melalui akses media sosial. Di era digital ini, media sosial seperti tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan hingga menyebabkan ketergantungan. Media sosial mempunyai potensi besar untuk bisnis yang ingin meningkatkan jaringanatau jangkauan ke orang banyak. Tapi ketika tidak digunakan dengan benar, sosial mediadapat merusak reputasi merek produk Anda.
 
Berikut ini 5 Media Sosial yang wajib kamu ketahui dan diterapkan pada bisnis Anda sebagai Media Promosi. Berdasarkan tingkat kepopuleran di tahun 2019 :
 

1. Instagram 

   

Aplikasi satu ini bisa dimanfaatkan untuk memposting foto - foto cantik untuk produk atau jasa Anda. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mempromosikan merek atau jenis usaha Anda melalui gambar. seperti Hotel, restoran, perusahaan produk konsumen, dan perusahaan lain dapat menggunakan foto ini.

Menurut penelitian, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Penelitian pun merekomendasikan untuk menggunakan hashtag untuk mencari foto produk Anda. Sebaiknya Anda juga jangan membiarkan akun Anda tidur. Perbaharui dengan gambar baru setidaknya setiap minggu.

2. Facebook

Siapa yang tidak mengenal salah satu jejaring sosial yang satu ini, Facebook social media yang paling powerful. Selain memiliki lebih dari satu milyar pengguna, tidak terkecuali Indonesia. Berdasarkan data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2019, jumlah pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai angka 150 juta pengguna dan terus meningkat. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan masyarakat pengguna Facebook terbesar di dunia saat ini. 

langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui karakteristik dari Facebook itu sendiri. Perlu diketahui Facebook terdapat dua pilihan, yaitu Facebook personal dan Facebook fanspage. Untuk melakukan pemasaran bisnis usaha Anda sebaiknya gunakan Facebook fanspage bukan personal ya.

Menggunakan facebook Ads (Iklan)

Selain fitur di atas, Facebook juga menyediakan fitur yang berbayar dengan harga terjangkau. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah likes dari fanspage Anda. Selain itu, facebook Ads ini mampu mengiklankan produk bisnis atau usaha Anda ke target market yang telah tersegmen dengan baik.

3. Twitter

Twitter adalah salah satu media sosial yang masih polpuler saat ini, berbeda dengan Facebook, jenis media sosial yang satu ini berbasis micro blogging dengan konten yang terbatas, hanya 140 karakter. Bagi sebuah bisnis, peranan media sosial Twitter lebih cocok digunakan untuk membagikan informasi terkini, update, pertanyaan, polling dan opini kepada customer.

twitter mempunyai pengguna yang sangat banyak. Banyaknya pengguna Twitter ini merupakan pangsa pasar potensial untuk menawarkan produk dan jasamu. Twitter dapat juga menjadi media untuk menambah angka penjualan dalam bisnis toko online mu.

4. Website

Fungsi website yang tidak hanya sebagai sarana promosi melainkan juga sebagai upaya untuk meningkatkan prestise (gengsi) dari suatu perusahaan telah membuat banyak pengusaha berani mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk memiliki media online ini.

Website media sosial mempermudah jaringan koneksi dan komunikasi dengan pihak lainnya. Perusahaan yang menggunakan website media sosial bisa membangun hubungan langsung dengan pelanggan sehingga memungkinkan untuk lebih mudah mendapat feedback.

5. Youtube

Situs ini memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung yang unik setiap bulan. Anda dapat menggunakan situs ini membangun kredibilitas dengan menampilkan pengetahuan dan keterampilan. 
Setiap orang dapat menggunakan situs ini. Penasehat keuangan, pengacara, dan profesional pemasaran dapat merekam sendiri menawarkan tips berharga, dan perusahaan periklanan untuk menampilkan kreativitas mereka.

Dan Berikut Tips Membuat Konten yang Menarik Sebagai Media Promosi di Media Sosial

Ketika berhasil memilih jenis media sosial yang tepat, maka saatnya bagi Anda untuk membuat konten yang menarik untuk akun media sosial Anda.

Kesuksesan dalam social media marketing ditentukan oleh:

  1. Kualitas konten
  2. Pemilihan waktu posting, dan
  3. Konsisten dalam Posting.

Baca Juga : Pentingnya Sistem Akuntansi dalam Membangung Bisnis 

Nah, itulah beberapa cara beriklan untuk memasarkan produk yang Anda kelola, sebaiknya Anda bisa memilih cara yang paling efisien dan meningkatkan penjualan produk tanpa harus direpotkan dengan cara beriklan yang ribet.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment