5 Pekerjaan di Media Sosial yang Menjanjikan dan Cocok Untuk Milenial

Written by Ipin

5 Pekerjaan di Media Sosial yang Menjanjikan dan Cocok Untuk Milenial

Sekarang ini di era digital, peran media sosial tidak hanya digunkan untuk komunikasi saja. Dimedia sosial ada informasi, hiburan hingga barang jualan. oleh karena itu saat senggang atau bosan, seringkali kamu mengalihkan perhatian ke media sosial.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media sosial, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu manfaatkan. salah satunya dengan dengan menjadikan media sosial sebagai alat menciptakan penghasilan atau lapangan pekerjaan.

Ini cocok juga bagi milenial yang suka mengerjakan pekerjaan nya dimana saja. berikut 5 pekerjaan di media sosial yang menjanjikan dan cocok untuk milenial.

1. YouTuber

Rditya Dika, Arif Muhammad, Atta Halilintar dan Edho Zell pasti kita sudah kenal kalau sering berselanjar di YouTube. Beberapa tahun ini, tren Vlog atau Video Blogger semakin banyak bermunculan. 

Dari segi konten, cukup beragam. Ada yang sifatnya challenge, traveling, food, video coverfashion, sampai beauty. Dengan animo penonton yang tinggi, kesempatan ini bisa menjadi ladang untuk menarik pengiklan. Bayarannya pun fantastis karena mencapai puluhan puluhan juta. Buat acara offline, seorang vlogger populer bisa mendapatkan hingga Rp.97 juta per bulan.

2. Selebgram

Sudah bukan menjadi rahasia lagi sekarang ini media sosial di internet bukan hanya menjadi ajang penggunanya untuk bersosialisasi saja. Lebih jauh dari itu, media ini pun dapat menjadi wadah yang dapat diandalkan oleh para pebisnis untuk mengais pundi-pundi rupiah. Tidak hanya sebagai sampingan, berbisnis di media sosial juga bahkan mampu menjadi bisnis utama karena potensinya yang sangat besar. Apapun media sosialnya, asalkan sedang populer dan banyak penggunanya dari situ kita bisa menghasilkan keuntungan.

Seperti pada Instagram, mungkin jika hanya berjualan di media sosial ini, banyak dari kita yang sudah mengetahui bagaimana proses serta cara kerjanya. Yang juga menarik ada pula cara lain menghasilkan uang melalui instagram yaitu dengan menjadi seorang Selebgram.

Tidak main-main, dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal sama sekali menjadi seorang selebgram bisa menjanjikan keuntungan mulai ratusan hingga jutaan rupiah dalam sehari.

3. Buzzer
Fenomena buzzer sebenarnya sudah bukan hal baru di Indonesia. Buzzer bahkan sudah dijadikan profesi yang diminati oleh para pengguna media sosial karena dianggap menjanjikan. 

Bagaimana tidak? Hanya bermodalkan keahlian jago berkicau di Twitter, buzzer bisa mendapatkan uang. Salah seorang buzzer yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada kami mengatakan bahwa buzzer bisa dijadikan profesi yang menjanjikan.

Ia mengaku sudah menjadi buzzer sejak tahun 2011. Ia bahkan pernah mendapatkan bayaran Rp 2 juta untuk satu paket nge-tweet dari salah satu operator telekomunikasi di Indonesia yang akan meluncurkan produk.

Harga tersebut adalah untuk beberapa kali tweet. Biasanya tweet dilakukan beberapa hari sebelum acara, pada saat hari peluncuran dan setelah acara. Isi postingan yang harus di-tweet juga sudah diarahkan isinya, termasuk harus mention akun siapa dan menggunakan hashtag apa. tertarik ?
 
4. Influencer
Influencer kini tidak bisa lagi dianggap sebagai profesi 'iseng-iseng' atau sekadar untuk menyalurkan hobi saja. Seiring semakin bertambahnya pengguna internet dan popularitas media sosial seperti YouTube dan Instagram yang makin meningkat, prospek influencer sebagai pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan pun lebih menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada ratusan ribu influencer yang tersebar di berbagai kota besar. Bertambahnya jumlah influencer baru setiap tahunnya dibarengi dengan permintaan beriklan di dunia digital yang juga semakin tinggi.

Kehadiran influencer kemudian memunculkan lahan pekerjaan baru. Mereka yang jeli melihat kesempatan untuk mengembangkan bisnis di dunia digital membentuk sebuah agensi atau manajemen yang khusus menyalurkan para influencer untuk keperluan marketing atau periklanan.
 
5. Asisten Media Sosial
Salah satu pekerjaan medsos yang bisa paruh waktu dan dibayar selangit adalah asisten media sosial.  Menurut Business Insider, seorang asisten media sosial di Amerika mendapatkan gaji setidaknya 21 dolar per jamnya.  Jika dipikirkan, 21 dolar Amerika kalau dihitung ke nominal rupiah, sangatlah lumayan per jamnya saja segitu!

 

Cara kerja seorang asisten media sosial sangatlah singkat.  Jika tertarik, kamu hanya perlu mengelola salah satu situs media sosial andalan kamu dan membantu proses pemasaran konten atau produk dari bisnis tersebut. 

Meskipun kelihatannya pekerjaan medsos yang satu ini kelihatan gampang dan singkat, janganlah terlalu diremehkan.  Jika kamu tertarik untuk merekrut seorang asisten media sosial atau menjadi salah satu asisten media sosial yang sukses, produk yang kamu pasarkan harus terjual cepat jika ingin dibayar selangit.

 

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment