6 Rekomendasi Jenis Pekerjaan Online Untuk Fresh Graduate

Written by Rendy

Setelah lulus dari bangku kuliah, sudah saatnya sebagai fresh graduate menjajakkan dunia baru dengan terjun di dunia kerja. Namun, pada kenyataannya ada masalah utama yang sering dihadapi oleh para fresh graduate saat mencari pekerjaan pertama adalah minimnya pengalaman.  Hal ini menyebabkan banyak fresh graduate yang merasa kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi di saat pandemi COVID 19 seperti sekarang ini mungkin terasa lebih sulit. Pasalnya, banyak sekali perusahaan perusahaan yang terkena dampak ekonomi dari pandemi ini.

Tapi tidak perlu khawatir dan berputus asa siapa bilang kerja harus di kantor? Sekarang kita bisa bekerja di manapun dan kapanpun. Lakukan aja  berbagai kerja online mudah sesuai dengan kemampuanmu. Contohnya menjadi penulis, fotografer, desainer grafis, dan sebagainya. Dengan modal sambungan internet, kamu bisa menghasilkan uang yang lumayan dari jarak jauh. Apalagi kalau kamu bisa menembus pasar luar negeri, gajinya nggak lagi dalam rupiah tapi dalam dolar atau mata uang asing lainnya.

Inilah 6 Jenis Pekerjaan Online yang Bisa Kamu Coba.

1. Menjadi penulis (freelance write)

Banyak perusahaan dengan berbagai latar belakang yang membutuhkan freelance writer. Biasanya mereka akan mengajukan tema-tema tertentu untuk ditulis. Bagaimana dengan bayarannya? Tergantung kebijakan perusahaan dan tingkat kesulitan tulisannya. Kamu bisa memperoleh Rp25.000 untuk setiap artikel berbahasa Indonesia yang panjangnya sekitar 500-700 kata. Tentu bayarannya lebih besar lagi kalau bekerja dengan klien luar negeri.

2. Berprofesi Sebagai Seorang Blogger

Menjadi blogger adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan yang tengah hype. Tidak ada syarat khusus untuk menekuni pekerjaan ini. Cukup memiliki blog pribadi, bisa menulis, dan berbagi informasi kepada banyak orang. Jika ketiga syarat ini sudah kamu kantongi, kamu bisa mendapat penghasilan dari iklan yang dipasang di blog dan komisi afiliasi — mempromosikan suatu produk atau usaha orang lain.

3. Profesi Sebagai Digital Marketing yang Menjanjikan

Digital marketing memungkinkan siapa pun — termasuk para fresh graduate — bisa terjun di dalamnya. Meski pekerjaan ini cukup luas dan ‘bercabang’, untuk implementasinya relatif mudah dilakukan. Cukup bergabung dengan marketplace untuk para freelance digital marketing, memiliki komputer atau laptop, dan koneksi internet yang memadai. Kerjakanlah brief yang diberikan marketplace digital marketing tersebut, yang umumnya berupa sebuah konten (tulisan). Tujuannya membangun brand awareness dan menjawab kebutuhan pelanggan. Dari situ kamu akan mendapatkan komisi. Semakin banyak kamu mengerjakan konten, semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan.

4. Influencer, Pekerjaan yang Paling Diincar Milenial

Punya akun Instagram dengan banyak followers? Kenapa tidak kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan? Kedua syarat ini bisa menjadikan kamu influencer. Tak hanya mendapatkan pundi-pundi rupiah, kamu juga bisa ikut terkenal layaknya artis yang memiliki penggemar. Pekerjaan ini memang menjadi trend di kalangan anak muda yang kekinian. Hanya dengan membuat feeds instagram yang menarik, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari endorsement yang datang.

5. Punya keahlian menjadi Tenaga Pengajar Online

Kamu dapat menjadi pengajar baik menjadi karyawan disekolah maupun dilembaga pendidikan seperti kursus atau menjadi freelance. Menjadi pengajar dilembaga pendidik biasanya tidak akan terlalu menyita waktu kamu, untuk itu anda dapat bekerja menjadi pengajar sambil menjari lowongan kerja yang anda impikan. Selain itu menjadi guru pendidikan dasar tidak memerlukan background pendidikan yang spesifik. kamu dapat menjadi pengajar matematika, ilmu pengetahuan, bahasa inggris atau bahkan hobi yang Kamu sukai seperti mengajar musik.

6. Bermodal Kamera dan Hobi Berfoto, Kamu Bisa Dapatkan Penghasilan

Bagi kamu yang punya ide-ide keren dan hobi bikin video, YouTuber menjadi profesi yang tepat untuk kamu tekuni. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa menjadi terkenal. Tidak banyak syarat, hanya bermodalkan kamera profesional atau kamera smartphone dan ide video yang menarik dan berkualitas. Semakin kamu kreatif, semakin banyak subscribers dan brand yang tap-in di channel YouTube kamu.

Itulah sejumlah Rekomendasi kerja online yang bisa kamu lakukan di mana aja. Kalau kamu memang mempunyai kemampuan yang bagus, tentu nggak sulit bagimu untuk mendapat klien. Penuhilah pesanan mereka dengan baik supaya kelak mereka menggunakan jasamu lagi. Semoga sukses ya

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment