Menjelang mudik Lebaran tentu akan ada banyak budget yang harus dikeluarkan, mulai untuk membeli oleh-oleh hingga pesan tiket transportasi guna pulang ke kampung halaman.

Selain itu, biasanya menjelang mudik Lebaran akan diiringi beberapa kenaikan harga untuk barang-barang. Untuk menekan pengeluaran yang lumayan besar, kamu tentunya harus memiliki beberapa strategi supaya kamu bisa tetap berhemat ketika mudik Lebaran.

Berikut 5 tips seru untuk berhemat saat mudik Lebaran:
1. Memilih Transportasi Darat
Biasanya harga tiket transportasi darat dan udara masih terbilang tinggi menjelang Lebaran. Untuk itu, tidak ada salahnya ketika mudik Lebaran kamu memilih transportasi dengan harga tiket yang tak menguras kantong.

Caranya adalah, kamu bisa naik bus atau kereta api, dengan begitu hal ini bisa meminimalisir bujet pengeluaranmu. Meski harga tiket untuk kereta api dan bus akan mengalami kenaikan, harga tiket masih jauh lebih murah dibandingkan dengan transportasi udara.

Selain itu, kamu juga bisa menyiasatinya dengan memesan tiket dari jauh-jauh hari atau membeli tiket ketika ada promo menarik.

2. Berbelanja Lebih Awal
Selain memilih transportasi dengan harga tiket yang murah, berbelanja harus dari jauh-jauh hari sebelum Lebaran untuk menghemat budgetmu. Sebab, biasanya menjelang Lebaran harga-harga barang melonjak drastis, entah itu barang yang termasuk kebutuhan pokok ataupun barang-barang lainnya.

Nah dengan berbelanja lebih awal tentunya kamu akan terhindar dari kenaikan harga tersebut. Dengan begitu bujetmu akan bisa ditekan untuk membeli barang-barang untuk keperluan Lebaran nanti.

3. Membawa Oleh-oleh Secukupnya
Saat mudik Lebaran kamu tentunya akan membeli buah tangan untuk sanak saudara dan keluarga. Biasanya menjelang mudik Lebaran akan ada banyak pedagang yang menjual barang atau makanan menarik untuk oleh-oleh.

Akan tetapi, untuk berhemat saat mudik Lebaran hal yang perlu diingat adalah kamu tidak dianjurkan membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak. Kamu bisa membeli secukupnya.

4. Ikut Mudik Gratis
Biasanya beberapa perusahaan nasional ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) milik pemerintah mengadakan acara mudik gratis. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mudik Lebaran bersama keluarga.

Dengan mengikuti mudik gratis kamu tentunya akan dapat menghemat banyak budget terutama untuk bujet tiket transportasi. Kamu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait pendaftaran mudik gratis tersebut.

Walaupun gratis, kamu tentunya tidak bisa tinggal lama di kampung halaman. Karena biasanya semuanya sudah dijadwalkan, kapan kamu akan berangkat ke kampung halaman begitu pula halnya kapan kamu kembali ke Ibu kota.

5. Memilih Tanggal yang Tepat
Selain mengikuti mudik gratis, cara terakhir adalah kamu harus memilih waktu yang tepat untuk mudik ke kampung halaman. Karena menjelang mudik Lebaran tentu semua tempat akan sangat ramai karena banyak yang kembali ke daerah asal masing-masing.

Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan berangkat lebih awal, misalnya H-7 Lebaran ataupun H+7 setelah Lebaran. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari kepadatan para pemudik lainnya. Hal ini tentu akan lebih baik lagi jika kamu memilih hari keberangkatan ketika weekday.

Selamat mencoba!

Nova