5 Tips Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif

Written by Yopi

Semua orang memiliki waktu yang sama dalam satu hari yaitu 24 jam dimulai dari Jam 00.00 sampai Jam 23.59. Waktu tersebut seakan masih belum cukup buat beberapa orang tertentu, mungkin dikarenakan aktivitasnya yang seabrek dan menggunung! Terasa belum melakukan apa-apa kok sudah malam lagi ya! Atau merasa baru saja memejamkan mata eh, tahu-tahu harus bangun karena sang Mentari sudah menyapa dari balik jendela.

Jika Anda sering merasakan hal tersebut, bisa jadi masalahnya bukan karena terbatasnya waktu, melainkan karena cara Anda yang tidak bisa memanagemen waktu dengan benar. Berikut 5 tips memanagemen waktu agar kamu bisa bekerja lebih produktif 

Buat Jadwal Kegiatan Setiap Harinya

Kamu bisa mulai membuat catatan harian mengenai kegiatan apa yang akan Anda lakukan. Dimulai dari bangun tidur, berolah raga, mandi, sarapan, berapa jam waktu yang dibutuhkan sampai dengan Jam Anda memulai waktu bekerja, misalnya jam kerja Anda Jam 9..00  

Mulailah dengat tepat waktu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya sampai dengan waktu jam Istirahat Jam 12.00. untuk makan siang sampai dengan Jam 13.00 dan memulai kembali sampai dengan waktu jam selesai kerja, misalnya Jam 17.00 

Dengan mencatat apa saja yang akan kamu lakukan dalam satu hari, dan melakukan hal tersebut, kemudian melakukan evaluasi dan lihat bagaimana cara Anda menghabiskan  waktu bekerja untuk lebih produktif.

Buat Skala Prioritas mana yang Penting (Urgen) dan mana yang Prioritas sedang 

Setelah kamu mencatat semua waktu dan cara kamu menghabiskan waktu dan kegiatan untuk melakukan pekerjaan dengan cara efektif dan efisien, pada tahap kedua ini adalah bagaimana Anda menentukan skala prioritas kegiatan. Menentukan prioritas pekerjaan adalah tahap yang paling penting dan yang paling wajib dilakukan saat kamu ingin mengelola waktumu dengan baik. Lakukanlah prioritas pekerjaan yang penting-penting (Urgen) terlebih dahulu dan baru kemudian melanjutkan ke pekerjaan kegiatan yang sedang-sedang  (tidak terlalu Urgen).

Dengan membuat skala prioritas mana pekerjaan yang lebih penting (urgen) dan mana pekerjaan yang bisa dikerjakan kemudian (tidak urgen), maka Anda dapat mengalokasikan waktu lebih banyak pada pekerjaan yang lebih penting dan masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pekerjaan yang sedang (tidak urgen). Sehingga Anda akan terlihat lebih produktif jika semua pekerjaan dapat selesai sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

Bekerja dengan Team

Bekerja sendirian tentu akan sangat berbeda hasilnya jika Anda melakukan pekerjaan bersama-sama dengan Team. Dengan bekerja sama dengan team pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

Bekerja dengan team tanggung jawab pekerjaan tidak akan dibebankan ke satu orang saja. Apabila pekerjaan yang dilakukan pekerjaan yang besar dan rumit, tanggung jawab pekerjaan bisa diberikan kepada beberapa orang dengan begitu pekerjaan akan lebih efektif dan waktu bekerja lebih efisien. 

Jangan Menunda Melakukan Pekerjaan, Lakukan Segera

Kebiasaan menunda nunda pekerjaan adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hilangkan mulai saat ini! Selain tidak produktif, kebiasaan menunda nunda pekerjaan akan membuat hari-harimu berantakan dan mencegahmu untuk sukses dalam segala hal. 

Mulailah untuk bangun lebih pagi, ketika kamu bangun lebih pagi maka kamu akan lebih tenang, pikiran lebih segar, dan daya kreativitas meningkat karena kamu bisa berpikir lebih jernih. Lakukanlah segera pekerjaan prioritas yang sudah terjadwal agar pekerjaan tidak terbengkalai dan bisa diselesaikan tepat waktu.

Persiapkan Peralatan Pendukung Pekerjaan

Apapun profesi Anda atau apapun pekerjaan Anda peran peralatan pendukung tentu sangan penting dan tentu akan membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah, lebih cepat dan efektifitas pekerjaan pun akan lebih maksimal.

Siapkan peralatan pendukung pekerjaan seperti laptop, pulpen, smartphone, kamera atau apapun semua pendukung pekerjaan dan pastikan semua peralatan pendukung tidak rusak dan tidak ada kendala ketika peralatan tersebut ingin digunakan. 

Gunakan juga Aplikasi atau Software sebagai pendukung aktifitas pekerjaan Anda, seperti evernote untuk mencatat jadwal harian, Aplikasi Slack untuk mendukung Chat team kerja, Aplikasi ACCURATE Online sebagai aplikasi akuntansi dan  pembukuan usaha Anda

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment