5 Tips Membuat Server Perusahaan Aman

5 Tips Membuat Server Perusahaan Anda Supaya Aman
Written by Doni

5 Tips Membuat Server Perusahaan Supaya Aman

Belakangan ini artikel mengenai “kemanan server” menjadi pembicaraan diberbagai media online dan juga sosial media, karena pemilihan serentak sudah dilakukan dan juga hasil quick count sudah dirilis oleh beberapa lembaga survei. Lalu kpu menghitung ulang (real count) dan diupdate pada web resmi www.kpu.go.id, lalu seiring berjalanya waktu banyak pertanyaan “apakah server kpu aman?”

Merujuk quote di internet yang terkenal “tidak ada sistem yang aman”, namun saya sebagai penulis juga membaca beberapa artikel-artikel dimedia online yang isinya server kpu diserang setiap hari oleh ratusan hacker,  ada yang dari luar dan dari dalam negeri. Tetapi kabar baiknya banyak hacker baik yang juga membantu kpu untuk mengatasi serangan-serangan itu setiap harinya.

Jadi kita sebagai warga Indonesia yang baik, harus percaya kepada para petugas kpu yang bekerja secara professional dibalik layar komputer.

Membuat Server Perusahaan Anda Aman

Nah itu kita berbicara server pemerintah bagaimana dengan server perusahaan kamu? Apakah kamu yakin server perusahaan kamu aman? Banyak data-data sensitif perusahaan yang jika bocor kemana-mana bisa menggangu kinerja perusahaan.

Tenang entrepreneursquad.id akan memberikan tips apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk kamu yang ingin membuat server perusahaan kamu makin aman.

  1. Buatlah Sistem Yang Aman

    Batasi akses ke infrastruktur teknologi Kamu untuk mencegah mudahnya peretas dan pencuri yang mencoba merusak sistem Kamu. Hilangkan akses yang tidak perlu ke hardware maupun software Kamu dan batasi hak akses pengguna hanya untuk perlalatan, program yang dibutuhkan untuk diakses saja. Jika memungkinkan, gunakan juga alamat email, login, server dan nama domain yang unuk bagi setiap user, kelompok kerja maupun departemen

  2. Buat Password Yang Susah Ditebak

    Kebanyakan serangan cyber yang berhasil meretas karena kata sandi (password) yang telalu lemah atau mudah ditebak. Semua akses ke jaringan maupun data, sangat sensitif dan harus dijaga dengan nama pengguna (username) dan kata kunci yang unik. Sandi yang kuat dibuat dengan campuran huruf, angka dan simbol. Kami sarankan untuk setiap pengguna menggunakan kata sandi yang unik dan tidak mudah ditebak.

  3. Gunakan antivirus dan selalu update software yang kamu gunakan

    Kerja dirumah atau di jaringan kantor, kami sarankan untuk menginstal antivirus pada PC Kamu. Banyak penyedia jaringan sekarang menawarkan aplikasi antivirus dengan gratis. Namun jangan lupa untuk terus menjaga perangkat lunak agar terus up-to-date yang mampu mencegah virus masuk dan membuat keamanan sistem IT Kamu terjaga.

  4. Cek aplikasi yang berjalan didepan layar dan juga background

    Melakukan skrining dan pemeriksaan latar belakang pada karyawan sangat perlu dilakukan. Sama halnya dengan meneliti kredibilitas dan tanggung jawab mereka juga. Pada periode percobaan awal, akses terhadap data sensitif atau jaringan yang mencurigakan yang dilakukan oleh karyawan kamu harus dilarang dan juga dibatasi, agar sistem IT kamu menjadi aman.

  5. Hati - Hati Jangan Asal Klik Link

    Banyak sekali link-link atau email yang menyuruh kamu mengunduh sesuatu, jangan pernah sembarang mengklik tantuan yang tidak jelas sumbernya. Atau kamu bisa lihat situs tersebut sudah https atau belum, jika https berarti sistus itu aman. Dan jika ada yang meminta data informasi nama pengguna - kata sandi harap dipertimbangkan kembali agar tidak terdorong ke web palsu dan informasi tersebut diterima oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah itu kira-kira 5 Tips Membuat Server Perusahaan Anda Supaya aman dari entrepreneursquad.id semoga dengan membaca artikel dari kami kamu dapat lebih berhati-hati dan juga tau apa yang harus dilakukan untuk membuat server perusahaan kamu lebih aman. 

 

Doni

About the author

Doni

Leave a Comment