5 Usaha Sampingan yang Mudah Anda Lakukan di Rumah

Usaha sampingan saat ini sudah menjadi sesuatu yang umum dilakukan oleh orang-orang diluar dari pekerjaan utama mereka, apalagi bagi mereka yang sudah mempunyai keluarga sendiri pasti membutuhkan penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Mereka rela melakukan usaha sampingan apapun demi bisa bisa mendapatkan tambahan uang. Siapa sih yang tidak ingin uang lebih? Pasti semuanya mau kan.

Usaha sampingan jika dilakukan dengan tekun dan giat hasilnya bisa melampaui penghasilan dari pekerjaan utama, yang bisa membuat orang dapat meninggalkan pekerjaan utama untuk fokus menjalani usaha sampingan untuk dijadikan penghasilan utama.

Pertanyaan utama yang seringkali ditanyakan adalah, bagaimana caranya? Usaha sampingan apa yang harus dikerjakan untuk mendapatkan tambahan uang, berikut beberapa usaha sampingan apa saja yang mudah Anda lakukan dan hanya membutuhkan modal yang kecil, diantaranya:

Jualan makanan

Berjualan makanan adalah cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan, banyak yang menjadikan profesi penjual atau pedagang makanan sebagai pekerjaan utama mereka. Nah, kamu juga bisa berjualan makanan untuk mendapatkan tambahan uang, makanan apa yang harus dijual? Yang paling mudah adalah menjual makanan yang kamu sukai.

Buka warung kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari masyarakat di Indonesia. Teras depan rumahmu bisa dipakai untuk membuka usaha warung kopi kecil-kecilan. Dengan modal utama mesin kopi yang tidak terlalu mahal dan sedikit latihan untuk mengolah biji kopi maka kamu sudah siap membuka warung kopimu sendiri. Siapa tahu bisa berkembang dan bisa membuka cabang di tempat lain!

Buka jasa laundry

Kalau kamu mempunyai mesin cuci yang mungkin hanya dipakai seminggu sekali, ini bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa laundry kecil-kecilan untuk daerah sekitar kamu, pasang plang didepan rumah yang menunjukkan bahwa kamu membuka jasa laundry, juga tawarkan ke tetangga atau teman dekat kamu siapa tahu mereka mau. Bisa ajak temanmu untuk melakukan ini supaya tidak terlalu capek, dan usahakan kamu memberi harga yang kompetitif dengan jasa laundry lainnya.

Jasa pengetikan dan cetak

Jika kamu punya komputer atau laptop beserta mesin cetak atau printernya, maka kamu bisa manfaatkan ini untuk menawarkan jasa pengetikan dan cetak kecil-kecilan untuk daerah sekitar kamu. Untuk jasa cetaknya bisa cetak dokumen maupun cetak foto. Kalau printer kamu sudah β€˜all in one’, kamu bisa sekalian bikin jasa fotokopi dan scan.

Membuka jasa jahit / Permak Levis

Kalau kamu punya mesin jahit dirumah dan kamu kebetulan bisa menjahit, maka kamu bisa mulai untuk membuka jasa jahit atau permak levis. Dimulai dulu dengan menerima jahitan yang mudah sambil mengasah kemampuan kamu, maka lama kelamaan kamu akan semakin mahir dan bisa menerima jahitan yang sulit sekalipun.

Kalau kamu masih pikir-pikir untuk mencari usaha sampingan. maka 5 jenis usaha sampingan diatas bisa jadi referensi yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga Sukses dan selamat beraktivitas. 

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment