6 Bisnis Modal Hanya 1 Jutaan

Written by Karunia

Ingin membuka usaha sendiri? Hmm, sepertinya bukan perkara mudah. Apalagi, saat ini Anda belum punya modal yang memadai. Bahkan, dengar-dengar modal usaha yang dibutuhkan sangat banyak. Bisa tidak ya, bila modal usaha 1 jutaan rupiah saja?

Jangan khawatir. Anda tidak sendiri bila ini yang menjadi masalah. Bahkan, banyak sekali pebisnis pemula di luar sana yang berpikir serupa. Untuk memulai bisnis, dana yang dibutuhkan harus banyak. Bila tidak, bisnis tidak akan jalan.

Padahal, banyak juga perusahaan yang awalnya tidak membutuhkan dana terlalu besar. Tentu saja, selama strategi dan jenis usahanya tepat, Anda bisa tetap jalan meskipun dengan modal usaha 1 jutaan rupiah saja. Bila penasaran, silahkan simak beberapa contoh usaha di bawah ini yang dapat dimulai dengan modal usaha 1 jutaan rupiah saja:

1. Bisnis Souvenir

Bisnis ini dapat menggabungkan dua keahlian: kerajinan tangan dan desain. Baik untuk pernikahan atau acara ulang tahun anak, Anda bisa memulainya dengan modal 1 juta rupiah saja. Meskipun terkesan musiman, sekalinya mendapatkan proyek, biasanya Anda akan untung besar.

Contoh: suvenir dari kain flanel. Anda ingin membuat suvenir pernikahan dari bahan ini, yaitu berupa gantungan kunci. Caranya adalah dengan membeli dulu sekitar 50 gantungan kunci dan semeter kain flanel. Gantungan kunci sebanyak lima lusin hanya lima ribu perak. Kain flanelnya sendiri sekitar Rp15.000,00.

Untuk lemnya, Anda cukup mengeluarkan dua ribu perak untuk empat buah. Jangan lupa benang jahit yang hanya dua ribu perak untuk satu gulung. Selain itu, jarum jahitnya hanya lima ratus perak dan biaya maintenance kira-kira hanya Rp3000.

Setelah ditotal, hasilnya tidak sampai lebih dari 30 ribu perak. Lalu, bayangkan Anda menjual gantungan kunci berhias boneka flanel ini Rp4000,00 per item. Bila dikalikan dengan 50, Anda bisa mendapatkan 200 ribu perak.

Belum lagi kalau ada yang memesan sampai 250 gantungan kunci. Satu juta rupiah kembali ke tangan Anda. Bila keuntungan sekitar satu juta rupiah dikurangi dengan total 30 ribu perak tadi, maka keuntungan Anda bisa sekitar 800 ribu rupiah.

2. Guru Les Bahasa Asing atau Bimbel (Bimbingan Belajar) Privat

Banyaknya lembaga kursus atau bimbel mungkin sempat membuat Anda berpikir ulang dengan ide ini. Padahal, justru Anda harus menjadikan banyaknya saingan sebagai tantangan untuk berinovasi lebih lanjut dalam bidang pengajaran.

Misalnya: Anda punya pengalaman mengajar yang cukup banyak dan soal-soal yang lebih terkini. Datangi saya dulu tempat kumpul para pelajar dan mahasiswa. Mau bekerjasama dengan pihak sekolah dalam mencari calon murid juga bisa.

Sambil jalan, Anda bisa mulai gencar berpromosi. Jangan membatasi diri dengan hanya mengandalkan media sosial. Promosi dari mulut ke mulut juga terbukti masih ampuh. Agar calon murid (dan orang tua mereka) tertarik, tawarkan satu sesi free trial di awal pertemuan.

Mungkin untuk awalnya, Anda bisa mulai sendiri atau bersama teman yang juga punya minat mengajar. Hanya menggunakan modal usaha 1 juta rupiah, Anda kemudian dapat membayar honor guru dan menyiapkan soal-soal yang digunakan pada setiap sesi bimbingan. Bila digeluti dengan serius dan konsisten, bisnis ini akan berkembang pesat dan tahan lama.

3. Bisnis Katering

Pandai memasak? Manfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan untuk Anda, karena tak semua bisa memasak.

Anda bisa menawarkan menu makanan sehat dengan paket sarapan, makan siang, dan makan malam. Setiap hari tawarkan menu yang berbeda agar pembeli tidak bosan.

Selain rasa, kebersihan dan pelayanan pun juga harus dijaga. Jadi, pengantaran makanan juga harus tepat waktu sesuai perjanjian.

4. Menjadi Seorang Penulis Konten atau Penerjemah Lepas

Sekarang banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan jasa penulis konten online. Bila kebetulan Anda memiliki laptop sendiri dan koneksi internet di rumah, modal awalnya bahkan tidak sampai 1 juta rupiah. Bahkan, paket data untuk internet yang bisa Anda beli perkiraan harganya seperti ini:

  • Paket data: Rp600.000,00
  • Isi ulang pulsa: Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00

Solusi lain, Anda bisa menyewa coworking space per hari (khusus untuk koneksi internet dan tempat kerja yang lebih nyaman). Ada beberapa tempat ini yang hanya mematok harga sewa Rp50.000,00 – Rp150.000,00 per hari atau sekali datang. Anda bisa seharian penuh di sana dan mungkin bisa minum gratis.

Selain bergabung dengan perusahaan media yang bergerak di bidang penerjemahan dan konten, Anda juga bisa memulainya sendiri. Cukup promosikan jasa melalui media sosial. Selain itu, jangan lupa rajin mengelola blog sendiri atau mengikuti lomba menulis. Jadikan tulisan-tulisan lama sebagai portofolio digital.

Jangan lupa, bedakan antara tarif untuk tulisan berbahasa Indonesia dengan Inggris. (Bila ada bahasa asing lain, biasanya tarif lebih tinggi.) Berhubung semua tulisan dan terjemahan bisa dikirim bolak-balik lewat email, Anda bahkan tidak perlu  memikirkan biaya cetak tulisan.

Berhubung menulis konten dan menerjemahkan naskah membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, jangan lupa lakukan riset. Selain itu, banyak-banyaklah membaca berbagai topik dan terus latihan menulis. Dengan demikian, skill Anda juga akan lebih terasah.

5. Budidaya Ternak

Jika Anda memiliki lahan yang luas, Ada peluang usaha modal 1 juta yang bisa Anda kembangkan. Yakni budidaya ternak seperti ayam, bebek, ikan lele, ikan gabus dan ikan nila.

Usaha peternakan memang membutuhkan minat dan keseriusan dalam mengelolanya. Misalnya saja budidaya ternak ikan lele menggunakan terpal. Modal yang harus Anda siapkan sekitar Rp 1 juta dengan rincian membeli terpal : Rp 100.000 x 2 = Rp. 200.000, benih ikan lele Rp 150/ekor x 1000 = Rp 150.000. Sisanya Anda gunakan untuk membeli pakan.

Dalam tempo tiga bulan Anda bisa panen. Katakanlah dari 1000 ekor ikan lele yang Anda tanam mati sebanyak 100 ekor. Rata-rata per kilo sekitar 8 ekor ikan lele. Maka ikan lele yang Anda panen sebanyak 900 ekor : 8 = 112 kg.

Dengan asumsi harga per kilonya Rp 20.000, uang yang bisa Anda hasilkan adalah Rp 20.000 x 112 kg = Rp 2.240.000. Keuntungan yang Anda peroleh lebih besar dari modal awal. Bayangkan jika Anda menanam 5000 ekor. Tentu penghasilan Anda bisa lebih banyak lagi.

6. Jual Makanan Ringan

Makanan ringan bukan hanya digemari anak-anak. Remaja, orang dewasa. bahkan orang tua juga menyukainya. Oleh karenanya, permintaan pasar akan makanan ringan terus berdatangan. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka peluang usaha menjual makanan ringan.

Beberapa makanan ringan yang bisa Anda buat seperti keripik pisang, keripik ketela, keripik bayam, rempeyek kacang dan lain sebagainya. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, silahkan baca di cookpad.com.

Do it guys!

Then, buat kamu yang mau bergabung di channel resmi Telegram Entrepreneur Squad bisa join dengan cara klik disini. Akan dapat insight bisnis sampai dengan digital marketing. See you there 

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment