6 Ide Bisnis Cocok Buat Karyawan

Written by Karunia

Kata siapa pekerja penuh waktu gak bisa mendapatkan uang tambahan selain dari gaji? Bisa kok, mereka bisa dapat duit tambahan dari bisnis sampingan.

Nah, berikut ini beberapa ide bisnis sampingan untuk  karyawan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya. Yuk simak.

1. Reseller Barang  Online

Ide usaha sampingan untuk karyawan yang pertama adalah menjadi reseller barang-barang yang dijual secara online. Dengan menjadi reseller barang online, Anda tidak membutuhkan modal karena Anda akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain.

Anda bisa memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

Update dan cek chattingan dari pembeli sebelum berangkat kerja, jam makan siang kantor, dan setelah jam pulang kerja. Dengan begitu waktu kerjamu sebagai karyawan tidak terganggu.

2. Penulis Online Lepas

Ini adalah pilihan bisnis online yang populer. Puluhan juta situs ada di internet, mereka semuanya pasti membutuhkan tulisan/artikel untuk mengisi website agar tetap terupdate dan mudah ditemukan oleh search engine.

Tidak semua pemilik website memiliki keahlian dalam menulis artikel, atau tidak semua pemilik website memiliki waktu cukup untuk menulis di website tersebut karena keterbatasan waktu, ini adalah peluang para penulis online lepas.

Untuk penulis pemula dan belum memiliki reputasi, mereka dibayar dikisaran 15 ribu per 500 kata Bahasa Indonesia atau $1,5 untuk Bahasa Inggris.

Penulis dengan reputasi yang sudah tinggi bisa menaruh tarif sebesar $75-$100 per artikel (500-1000 kata).

Anda berminat ?

3. Jasa Desain Grafis

Kita dianugrahi keahlian agar bisa menjadikannya keuntungan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka manfaatkanlah keahlian ini untuk membuka jasa desain grafis yang menerima pembuatan desain untuk logo, banner, kemasan produk, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, kaos sablon, dan lain sebagainya.

Supaya Anda bisa memiliki pelanggan yang banyak, maka promosikan hasil desain Anda melalui Instagram pribadi supaya orang bisa melihat sebagus apa karya desain yang telah Anda buat.

4. Pembuatan Website

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan website bukanlah hal yang asing lagi.

Penggunaan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang.

Hal seperti ini tentunya bisa Anda gunakan sebagai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, Anda cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.

5. Bisnis Paket Wisata

Terakhir ada usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka bisnis paket wisata. Saat ini, bisnis travel memang sedang laris manis. Inilah yang bisa Anda lirik menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan.

Anda bisa mulai membuat paket wisata, baik itu dalam dan luar negeri. Supaya lebih menarik, tawarkan paket wisata untuk solo travelinghoneymoon, hingga rombongan. Jangan lupa untuk mengajak kerjasama perusahaan travel, hotel, dan juga maskapai penerbangan agar Anda bisa mendapatkan diskon atau komisi.

6. Rental Kamera

fotografer profesional

Berfoto tampaknya sudah menjadi hobi para generasi milenial. Sekarang kamera digital atau kamera DSLR bukan lagi milik fotografer profesional.

Dari fenomena ini, Anda bisa mengambil peluang usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka rental kamera.

Tidak hanya kamera saja yang bisa Anda rentalkan, tapi juga peralatan fotografi lainnya, mulai dari tripodfilter, lensa, tudung, dan lain sebagainya.

Khawatir merentalkan kamera karena takut rusak? Untuk menyikapi hal ini, Anda bisa menerapkan sistem deposito sebagai jaminan.

Jadi nantinya calon peminjam harus memberikan sejumlah dana deposito terlebih dahulu. Jika nantinya ada kerusakan pada kamera atau perangkat lainnya,  Anda bisa memotong langsung biaya perbaikan dari dana deposito yang telah disetorkan tersebut. Akan tetapi, jika tidak ada kerusakan apapun, maka dana deposito akan dikembalikan 100 persen.

Setelah anda melakukan hal diatas, pastikan jangan melupakan proses pencatatan dan pembukuan karena ini sangat penting untuk membuat bisnis anda baik dan sukses.

Anda bisa mencoba secara gratis software akutansi yang membantu anda yaitu Accurate Online dengan cara KLIK DISINI.

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment