6 Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Written by Rendy

Sebuah usaha atau bisnis harus melakukan pembukuan. Tujuannya mengetahui cash flow usaha. Dengan pembukuan yang tertata rapi anda dapat memantau perkembangan bisnis dan kondisi keuangan usaha Anda. Dengan pembukuan , anda akan  mengetahui perbandingan secara jelas dari rencana kegiatan dan pelaksanaan. Kemudian menyusun laporan yang diperlukan yang biasanya digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban keuangan.

Nah, laporan pertanggung jawaban ini digunakan sebagai informasi untuk keperluan manajemen, seperti pemantauan, evaluasi, pengendalian serta penyusunan anggran selanjutnya. Pembukuan dan laporan keuangan akan memberikan informasi tentang keuntungan dan kerugian dari usaha Anda.

Pembukuan bisa dilakukan dengan manual, namun jika ada software akuntansi yang mempermudah dan mempercepat  kenapa harus memilih manual? 

Berikut ini 5 Macam Software Akuntansi yang mudah dan banyak digunakan oleh para pekerja keuangan :

Software akuntansi MYOB

Software ini merupakan buatan luar negeri. Tidak hanya di Indonesia namun juga perusahaan besar, menengah hingga perusahaan kecil di luar negeri telah menggunakan software akuntansi ini. Fitur-fitur yang dimiliki MYOB ini sangat lengkap sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakannya.

Sebagai sebuah software accounting yang diproduksi di luar negera, MYOB masih belum memiliki penghitungan pajak yang berlaku di Indonesia. Hal ini membuat MYOB tidak dapat digunakan untuk menghitung pajak sekaligus selama pencatatan data selama transaksi. Sehingga untuk menghitung pajak, Anda harus menghitungnya di luar dari software. Meski tidak begitu membuat rumit, tentunya hal ini sangat menggangu. Terutama saat Anda diharuskan bekerja dengan cepat.

KEKURANGAN MYOB :

  1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan
  2. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company

Zahir Accounting

Sama seperti software akuntansi lain pada daftar ini, Zahir Accounting memiliki tampilan yang menarik. Fitur yang diberikan juga lengkap. Kelebihan Zahir Accounting adalah pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan. Jadi saat membeli software ini anda bisa memilih untuk hanya membeli paket standar dengan tambahan fasilitas tertentu, yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain membuat harganya lebih murah, software juga akan lebih ‘ramping’ karena tidak dibebani fitur-fitur yang tidak berguna untuk anda.

Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang. Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.

Kelemahan :

  1. Menggunakan Dongle
  2. Harga Lisensi mahal 

ACCURATE ONLINE

Accurate Online menjadi satu pilihan bagi perusahaan dan bisnis Anda yang membutuhkan software akuntansi yang memiliki fitur yang sangat baik dan cocok untuk segala jenis perusahaan dan UMKM.

Dengan software yang menyasar UMKM dan harga software yang cukup terjangkau membuat banyak perusahaan yang menggunakan software ini. Dengan tampilan dan fitur khas sistem akuntansi Indonesia. Software Accurate sudah hadir sejak 2000 dan menjadi software yang paling unggul di Indonesia. Software buatan asli anak-anak Indonesia dan tersedia berbagai fitur yang mampu untuk menyusun laporan pajak perusahaan dan bisnis Anda. Accurate pun sangat support untuk langsung di masukan ke Excel dan juga fitur pengolah data dari berbagai vendor lainnya.

Fitur yang ditwarkan Accurate Online sangat lengkap diantaranya: Pencatatan Gaji dan Pajak Penghasilan Karyawan (PPh 21), Approval Online, Transfer Uang Antar Kas/Bank, Cloud base, Online Anywhere, Anytime, No Server Installation, pembelian, penjualan, Multi Cabang, Multi User, Multi Mata Uang, Stok Opname Persediaan Barang, Aset per-lokasi, Pencatatan Beban, kalender, Target Penjualan, Dashboard, API (Application Programming Interface), Smart e-commers, Smart rekoncilation yang dapat diintegrasikan dengan rekening koran perusahaan anda.

Baca Juga: fitur lengkap Accurate Online.

Accurate Online memberikan jaminan keamanan data yang terenkripsi menggunakan keamanan standard bank. Jadi anda tidak perlu khawatir data perusahaan anda akan bocor kepihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu Harga yang ditawarkan Accurate Online sangat murah. Dengan membayar 200rb anda sudah dapat menikmati keajaiban semua fitur dalam membantu pekerjaan anda.

Coba GRATIS silahkan klik disini

Jurnal

Jurnal merupakan layanan aplikasi akuntansi online untuk usaha kecil dan menengah. Untuk menggunakan Jurnal, Anda  hanya perlu mendaftar, log in,Anda tidak perlu men-download atau meng-install apapun di komputer.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah: Invoce dan PO, seperti faktur penjualan, pesanan dan pembelian, surat jalan profesional secara otomatis, pembuatan laporan finansial dan aktivitas bisnis real time, dapat memonitor stok serta multi tasking.

Harga yang ditawarkan mulai dari 199 ribu hingga 599 ribu tergantung dengan kebutuhan perusahaan anda. Namun jangan khawatir, jurnal juga menyediakan layanan gratis yang dapat anda akses selama 14 hari.

Kelemahan, 

  1. Pendatang baru di bisnis software akuntansi
  2. Fiturnya sangat terbatas

Turbo Cash

Fitur yang tersedia pada software turbo case; barcodes, quotes, trial balance, batch operations, VAT accounting, multi-user and access controls, point of sale, invoicing, reporting and analysis, inventory and stock pricing.

Dengan fitur yang dimiliki, TurboCase menandingi software premium Quickbookpro dan akuntansi Saga. Software ini memiliki tampilan muka yang mudah dioprasikan. Biasanya software ini digunakan oleh UKM karena kemudahan penggunaannya.

Kelemahan :

  1. Tampilan sangat kaku dan jadul 
  2. Software tidak stabil, dan tidak user friendly

Easy Accounting System (EAS) 

Satu lagi produk dalam negri: EAS yang di produksi oleh PT Globel Informasi Fortuna Teknotama, sebuah software akuntansi keuangan dan point of sale (POS) sekaligus software semi-ERP system. Fitur utama  EAS adalah Import Transaksi (Jurnal voucher, Invoice, COA, dan daftar barang) serta e-faktur. EAS cocok untuk anda yang menjalankan bisnis seperti Jasa, Retail, Distribusi, Ekspor Impor, Konstruksi, Developer, Rumah Sakit, manufaktur, atau pendidikan. Kekurangan EAS yaitu tidak didukung web base, selain itu EAS juga hanya bisa dijalankan di OS Windows saja.

Kelemahan:

  1. Masih ditemukan banyaknya Bug/kesalahan pada sistem

Itulah 6 rekomendasi software akuntansi yang ada di indonesia, semoga menjadi bahan pertimbangan untuk memilih software yang cocok digunakan di perusahaan Anda. Dengan menggunakan software akuntansi perusahaan Anda pun tidak perlu lagi memiliki staf khusus yang mengurusi setiap laporan pajak dan staff yang mengerti untuk mengurus data. Karena dengan bantuan software akuntansi akan membuat bisnis semakin maju. 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment