Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat Ramadan adalah Tunjangan Hari Raya (THR). THR tidak melulu dihabiskan untuk berfoya-foya di saat Lebaran. THR juga bisa digunakaan untuk yang lebih bermanfaat seperti memulai bisnis.

Kamu sudah ada rencana akan menggunakan uang THR untuk apa? Jika kamu hendak menghabiskannya dengan cara berbelanja, sebaiknya pikir-pikir lagi, deh! Mending kamu irit, sehingga sisanya bisa dipakai modal usaha. Setuju? Lalu bisnis seperti apa yang cocok dari modal uang THR? Bagaimana caranya?

1. Beli baju Lebaran dengan harga terjangkau, jangan gengsi soal merek
Sebenarnya, beli baju itu tak perlu memperdulikan soal merek. Asal baju tersebut nyaman digunakan, bahannya bagus, sudah cukup. Jangan sekedar cari merek, karena selain mahal, sebenarnya belum tentu juga cocok untukmu. Yang penting, bagus, pantas, dan baru, bukan?

2. Bukber bareng boleh, tapi pesan yang paling murah atau cukup minum saja
Sudah berapa banyak undangan buka puasa yang kamu terima? Biasanya, inilah yang membuatmu boros, karena rata-rata acaranya di restoran. Agar tidak boros, kamu bisa berterus terang sedang mengumpulkan uang dan pesan saja menu yang murah atau sesuai dengan budget kamu.

3. Langsung belikan peralatan yang kamu perlukan untuk usaha
Agar tidak terpakai untuk barang-barang yang kamu beli karena lapar mata, segera investasikan untuk barang-barang yang diperlukan untuk berbisnis. Artinya, kamu wajib mencatat barang apa saja yang diperlukan untuk bisnismu ini dari sekarang, ya!

4. Kalau belum punya ide, langsung pindahkan uang THR tersebut ke deposito
Agar tidak terpakai, anggap saja uang THR tersebut tidak ada. Caranya dengan menabungnya di deposito. Setidaknya, uang tersebut terkunci di sana dan kamu tak bisa menggunakannya semaumu.

5. Bisa juga, kamu berinvestasi terlebih dahulu, misalnya emas
Bunga deposito terasa sangat kecil? Kamu bisa berinvestasi melalui emas. Investasi ini bisa dikatakan bagus, karena nilai emas tak akan pernah turun, justru semakin naik. Investasi ini cocok untuk jangka panjang.

6. Jika memungkinkan, tak perlu menggunakan uang THR
Wah, kalau kamu bisa melakukan hal ini, akan sangat bagus! Jadi uang THR-mu benar-benar utuh dan meringankan bebanmu sendiri saat membuka usaha. Kamu bisa mengambil kebutuhan THR dari gaji.

Nah…kalau kamu bisa menyimpan THR, apalagi bisa benar-benar utuh, bayangkan kamu bisa langsung membuka beberapa bisnis dengan modal terjangkau ini!

1. Bisnis terima pesanan nasi kotak atau kue
Tak butuh modal besar, kamu cukup perlu skill memasak sekaligus peralatan masak yang lengkap untuk membuka usaha ini. Apalagi, peluangnya begitu besar, karena setiap orang perlu makan dan gelaran acara pun tak pernah ada habisnya.

2. Buka warung
Kamu tinggal di lingkungan padat penduduk? Wah, boleh banget lho kalau kamu mau buka warung. Pastikan kamu menjual barang-barang umum yang sering dicari warga setempat, sudah pasti warungmu bakal laris manis!

3. Franchise kecil-kecilan
Saat ini, banyak tawaran franchise kecil dengan modal yang terjangkau bagi para pebisnis pemula atau mereka yang kesulitan modal usaha. Kamu hanya perlu memilah-milah dan memilih bisnis franchise apa yang cocok untukmu.

Melalui uang THR, kamu bisa melangkah lebih maju lagi untuk mewujudkan keinginan memiliki usaha sendiri. Gunakan THR dengan baik ya, jangan sampai habis gak jelas ke mana, ya!

Nova