7 Hal Penting Yang Harus Dipelajari Sebelum Mendalami Bisnis Online atau Digital Marketing

Written by Ipin

Ingin Bisnis Online atau Digital Marketing, pelajari hal ini terlebih dahulu.

Teknologi sekarang ini berkembang sangat pesat, teknologi juga membantu pekembangan industri era digital. Hal ini bisa kita rasakan penerapan teknologi dalam bidang perdagangan. Berbelanja dapat dilakukan tanpa harus bertemu dengan langsung dengan penjual. Bisnis perdagangan saat ini rasanya kurang greget jika belum memiliki fitur kemudahan berbelanja secara online. 

Tampilan online produk atau bisnis kita yang menyakinkan kini perlu diterapkan agar lebih bisa konpetitif dengan produk sejenis. Jika bisnis kita tidak membangun tampilan digital atau anline yang baik, bisa jadi bisnis tak bertahan lama. 

Produk yang kita punya tentunya perlu dipasarkan, dengan memakmimalkan pemasaran online tentu saja akan lebih maju. Salah satu keunggulan lain dari dunia digital, selain sebagai media pemasaran, adalah sebagai media pembelajaran. 

1. Pelajari Pembuatan Website

Untuk membuat sebuah bisnis menjadi lebih dipercaya di dunia digital, diperlukan situs atau website. WordPress adalah salah satu platform blogging yang cukup mudah untuk digunakan, dengan sistem manajemen konten yang mudah dipelajari.

Kamu bisa mempelajari dasar-dasar publishing sehingga bisa membuat konten yang menarik di website.

Akan lebih baik ketika kamu mempelajari juga beragam keahlian tentang HTML atau program koding lainnya. Tapi jangan takut, WordPress memudahkan para pemula untuk itu. Meskipun tak mempelajari koding, kamu bisa mensetting website dengan cukup mudah.

Carilah tutorial membuat website dengan platform WordPress. Ada banyak tutorial yang tersedia di YouTube.

2. Maksimalkan Strategi SEO

Banyak yang tak memahami SEO ( Search Engine Optimization ) . Pemilik bisnis yang baru menyentuh dunia digital tentu mempertanyakan hal yang sama: Apa itu SEO?

Ini adalah sebuah pertanyaan penting yang jawabannya perlu diketahui pemilik bisnis di dunia online. Untuk mempelajarinya, kamu bisa mengikuti beragam ebook gratis, YouTube tutorial, hingga kursus SEO gratis.

SEO sendiri sejatinya adalah sebuah metode untuk memaksimalkan ranking bisnis kita di situs pencarian. Dengan mendapatkan rating yang tinggi, kita akan mendapatkan banyak traffic sehingga peluang bisnismua akan semakin berkembang.

3. Kuasai Marketing Media Sosial

Media sosial adalah hal yang mengendalikan bisnis saat ini, baik bisnis kecil maupun besar. Platform ini merupakan komponen digital marketing yang harus invdiestasikan dengan serius untuk mengembangkan bisnis online.

Kamu perlu mempelajari strategi bisnis untuk media sosial. Artikel tentang ini banyak di internet dan bisa dijadikan referensi. Banyak juga tips dan trik yang ada di berbagai platform digital sehingga kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Pasti, kamu perlu memaksimalkan media sosial sebagai media marketing. Walaupun terkadang dipandang sebelah mata, media sosial bisa menjadi penyampai pesan penting untuk para klien.

4. Memahami Google Analytic

Google Analytics adalah perangkat yang sangat penting dalam dunia digital marketing. Program ini memberikan banyak masukan penting tentang marketing online yang dibuat. Kamu bisa mengetahui pasti apa yang penting dan apa yang tidak dalam strategi bisnis marketingmu.

Tak hanya itu, kamu bisa mengetahui siapa saja yang tertarik dengan bisnismu, menjadikanmu lebih memahami pasar untuk membuat strategi pemasaran yang lebih sesuai.

Hanya saja, Google Analytics banyak menyajikan data berupa angka dan grafis. Tentunya kamu perlu mempelajari cara menggunakan, mamaksimalkan data yang ada dan menjadikannya strategi yang sangat cocok untuk bisnis.

5. Ciptakan Konten Kualitas Tinggi

Memiliki website, tentu kamu harus menyajikan konten yang keren juga. Memiliki website atau blog saja tidak menjadikan bisnismu bisa lebih maju. Kamu perlu mengisinya dengan beragam konten berkualitas tinggi.

Kualitas tinggi di sini memiliki beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari konten yang memang harus berkualitas untuk SEO, baik untuk para pembaca yang juga calon pembeli atau pengguna, dan baik untuk bisnis juga.

Ada banyak orang yang memiliki website dan blog dan membahas hal yang sama dengan bisnismu dan kamu harus terus bersaing dengan mereka. Karena jika tak memiliki konten yang baik, sudah pasti bisnismu tak akan bisa bersaing dengan bisnis serupa di dunia digital.

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara memuat konten yang berkualitas, memaksimalkan cerita dan narasi, juga apa yang disukai pembaca. Jangan lupa mempelajari cara membuat atau menggunakan gambar dan grafis dalam konten. Gambar dan grafis adalah hal yang bisa berbicara langsung pada audiens.

6. Menggunakan Google Seperti Seorang Profesional

Agar bisa mengetahui bagaimana marketing online bekerja, kamu perlu mengetahui bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja. Ada banyak kursus yang bisa membahas hal ini dan kamu bisa mempelajarinya.

Banyak pemilik bisnis kecil yang tidak memahami cara Google bekerja. Tanpa keahlian dan pengetahuan tentang komputer dan pengalaman tentang internet, kamu tetap bisa belajar bagaimana Google bekerja. Jangan takut!

7. Mulai Sekarang

Nah, ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran digital. Yuk dimulai!

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment