7 Hal Yang Buang-Buang Waktumu

7 Hal Yang Buang-Buang Waktumu

 

Bila sering merasa waktu Anda tidak termanfaatkan dengan baik, mungkin ada beberapa kegiatan yang dilakukan tanpa sadar dan membuang waktu secara sia-sia. Untuk menghindari kebiasaan membuang-buang waktu ini, ada baiknya Anda mulai tidak melakukan 7 hal berikut ini:

  1. Mencoba untuk menyenangkan semua orang.
    Jangan buang waktumu untuk melakukan hal sia–sia. Selama hal yang kamu buat baik dan tidak merugikan, lanjutkan saja.
  2. Mengulang kesalahan yang sama dan memecahkannya dengan cara yang sama.
    Belajar dari kesalahan mencegah diri dari mengulangi kesalahan yang sama. Jika mengalami kesalahan yang sama, tak perlu lagi melakukan pemecahan masalah, langsung selesaikan masalah tersebut karena sejatinya kita sudah tahu caranya.
  3. Kurangnya prioritas.
    Perlunya menentukan dan menegaskan prioritas agar mampu memetakan penggunaan waktu secara optimal.
  4. Terlalu mudah meng-iya-kan permintaan orang lain.
    Mungkin tujuannya agar tidak mengecewakan orang lain, namun jika kamu terlalu memaksakan diri untuk menyenangkan orang lain dengan meng-iya-kan permintaanya, tentu akan membuatmu rugi sendiri. Dalam bahasan ini bukan berarti meng-iya-kan permintaan orang tidak diperbolehkan, tentu saja boleh, membantu sesama merupakan tindakan terpuji, namun tetap jangan paksakan diri.
    Jika kamu tidak ada waktu atau tidak mampu membantu orang lain, katakanlah padanya dengan jujur dan jelaskan alasannya. Hal ini lebih baik bagimu dan baginya. Jika kamu sudah punya waktu lagi, kamu bisa menawarkan diri kembali pada temanmu untuk membantunya. Tapi, jika dimintai tolong juga jangan susah ya.
  5. Menunda-nunda.
    Apapun alasannya menunda pekerjaan bukan hal baik. Menunda pekerjaan sebenarnya membuat kita selalu terngiang-ngiang dan tak akan membuat hidup kita tenang. Mungkin salah satu alasan kita menundanya adalah karena kita gak suka sama pekerjaan tersebut.
    Meski tidak menyukainya, pekerjaan tidak akan selesai begitu saja tanpa dikerjakan. Menunda pekerjaan akan membuat kita terlalu terburu-buru dalam penyelesaiannya dan berujung pada kualitas pekerjaan yang kurang maksimal dan akan lebih memakan waktumu nantinya dalam melakukan perbaikan. Agar hidup tenang, jangan tunda dan menumpuk pekerjaan.
  6. Perfeksionis.
    Jadilah realistis dalam hal apapun. Sesuatu tidak ada dan tidak akan ada yang sempurna. Membuat kesempurnaan adalah hal yang sia-sia. Beda hal dengan melakukan penyempurnaan, hal ini dilakukan untuk memperbaiki cacat atau mengubah kondisi menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Perfeksionis lebih memakan banyak waktu dan lebih melelahkan. Melakukan penyempurnaan terus dan terus hanya akan membuat kita lelah dan malah berujung menyerah.
    Salah satu tujuan perfeksionis adalah untuk mengurangi kemungkinan adanya salah dan gagal. Pesannya, jangan takut salah jangan takut gagal, dari situ kita akan belajar dari kesalahan, memperbaikinya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  7. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
    Pembandingan sosial adalah pencuri kebahagiaan. Terlalu memikirkan segala hal yang orang lain punya tidak akan membuat kita kenyang.
Nova

About the author

Nova

Leave a Comment