7 Ide Usaha Kecil Menguntungkan

Sudah tidak asing lagi di telinga kita banyak sekali kisah mengharukan yang bahkan sering diangkat kisahnya menjadi film atau sinetron dari seseorang yang menjalankan usaha kecil bahkan tidak disangka-sangka usaha itu sangat menguntungkan. Boleh kita sebut saja seperti sinetron kesukaan emak-emak yaitu Tukang Bubur Naik Haji. Ada juga kisah yang pernah saya dengan tukang mie ayam yang berhasil menyekolahkan kelima anaknya sampai semuanya menjadi sarjana hanya dengan berjualan mie ayam pangsit.

Lantas apakah benar usaha kecil yang sama sekali tidak dipandang oleh banyak orang ternyata bisa sangat menguntungkan? jawabannya tentu benar karena kisah-kisah yang diangkat tersebut memang berasal dari kebenaran kisah nyata.

7 Ide Usaha di Bawah ini Perlu Anda Pertimbangkan

Tidak semua bisnis kecil menghasilkan keuntungan  kecil, di bawah ini disebutkan 7 ide bisnis kecil yang menguntungkan.

1. Jualan Bubur Ayam

Bubur ayam sering kita jumpai di pagi hari di depan gang perumahan dengan gerobak khasnya. Biasanya abang tukang bubur yang mungkin belum berhasil naik haji ini mulai berjualan dari pagi hari mulai jam 6 sampai jam 9 pagi. Sasaran pelanggan dari pedagang bubur ayam ini adalah para pemburu sarapan instan. Jika dihitung satuan, dengan modal sejumput beras, tidak lebih dari 10 suwir ayam dan beberapa ml kuah santan dan kerupuk, satu mangkuk atau satu porsi bubur Ayam biasa dijual antara Rp. 8.000 sampai Rp. 12.000. Sangat menguntungkan bukan? Mau coba ikutin jejak tukang bubur naik haji? silahkan dicoba usaha kecil yang satu ini.

2. Menjual Mie Ayam Pangsit

Usaha kecil yang satu ini masih sejenis dengan usaha yang disebutkan di atas, bubur ayam dan mie ayam masih mirip ciri khasnya yaitu sebagian besar masih menggunakan gerobak yang keduanya hampir sama. Jika dilihat dari kejauhan bahkan tidak bisa dibedakan kira - kira gerobak itu menjual bubur ayam atau mie ayam. Jika dibilang selain bentuk media tempurnya sama, eh maksud saya gerobaknya sama biasanya kedua jenis usaha ini diawali memasarkan dagangannya dengan berkeliling komplek atau perumahan, lalu setelah terkumpul modal cukup, mereka akan mencari tempat mangkal yang memang tidak jauh dari komplek atau perumahan yang biasa dia berjualan keliling.

Ingin Jualan Makananmu Makin Banyak Pembelinya? Daftarkan saja di Go Food atau Grab Food. Dijamin laris manis. Klik caranya di sini

3. Membuka Warung Mie Instan

Kamu pernah merasa gak sih jika memasak mie instan sendiri di rumah kok rasanya beda dengan jika kita membeli mie instan di warung yang khusus menjual mie instan siap santap? Rasanya lebih nikmat jika kita makan mie instan langsung di warung mie dibanding jika kita masak mie sendiri di rumah. Apakah karena faktor tinggal makan jadi di warung rasanya lebih nikmat? Ternyata tidak juga saat dibuatkan mie oleh Ibu di rumah rasanya tetap berbeda dengan di warung mie. Inilah yang menyebabkan warung mie instan tetap hidup sampai sekarang meskipun 1 porsi mie instan harganya bisa 2 sampai 3 kali lipat dibanding jika kita masak sendiri. Bagi kamu yang sedang bingung mau buka usaha kenapa tidak memanfaatkan peluang usaha kecil menguntungkan yang satu ini?

Selain itu kamu juga bisa menyediakan jualan tambahan seperti es teh manis atau minuman instan rasa buah-buahan sebagai pelengkap dagangan kamu? selain itu akan lebih sempurna lagi dengan menambahkan rokok ketengan sebagai menu tambahan.

4. Usaha Warung Kopi

Usaha warung kopi adalah jenis usaha yang tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bermodal kopi hitam dan gula atau kopi sachet siap seduh serta air panas sudah bisa menghasilkan minuman kopi yang membangkitkan semangat bagi peminumnya. Anda bisa menghitung sendiri keuntungan dari secangkir kopi yang Anda suguhkan kepada pembeli dengan harga jual Rp. 2.000 - Rp. 3.000 per cangkir. Selain kopi, Anda bisa mengembangkannya dengan menambah menu lainnya seperti bubur kacang hijau atau bubur ketan merah. Pagi hingga malam usaha jenis ini akan terus terasa cocok bagi yang mengunjunginya. Selain itu Anda bisa menambahkan rokok untuk melengkapi kebutuhan mereka. Untuk menjaga kesehatan ruangan usahakan ada kipas penghisap dan pembuang udara ke luar ruangan warung kopi Anda.

5. Berjualan Tanaman Hias

Jenis usaha ini akan optimal dan maksimal dijalankan bagi kamu yang hobi untuk merawat tanaman hias, karena jenis usaha ini memerlukan keahlian khusus seperti cara memperbanyak atau cara pembibitan tanaman dan membuatnya tampak cantik serta menarik. Dengan modal yang tidak terlalu besar kamu bisa memperbanyak sebanyak mungkin jumlah bibit tanaman hias yang bisa kamu jual. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi yang strategis agar calon pembeli bisa dengan mudah melihat lapak kamu selagi mereka lewat. Sebaiknya tidak menjajakan tanaman hias kamu di tepian jalan raya karena hai ini seringkali mengganggu pengendara dan parahnya sering bermasalah dengan aparat seperti Satpol PP. Sebaiknya mencari lapak jualan dekat dengan permukiman perumahan atau di dekat lokasi pasar sehingga banyak orang yang bisa melihat dan membeli tanaman hias kamu. Selain tanaman hias kamu juga bisa sekalian berjualan pupuk dan pot yang tentu akan menambah koleksi dagangan kamu dan menambah keuntungan usaha kamu.

6. Jual Pulsa Elektrik dan Token Listrik

Pulsa selluler dan token listrik saat ini bisa didapatkan dimana saja mulai dari minimarket hingga semua aplikasi fintech dan marketplace. Meskipun demikian tidak lebih dari 50% penduduk Indonesia yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk membeli pulsa atau token listrik. Mereka masih nyaman dengan mengunjungi warung sebelah yang menjual pulsa atau token listrik. Peluang ini bisa kamu manfaatkan terutama jika kamu tinggal di permukiman padat penduduk atau di perkampungan. Dengan modal deposit yang tidak terlalu besar kamu sudah bisa menjual pulsa selluler atau token listrik. Banyak sekali agen yang bisa kamu temui baik secara offline maupun mencari agen online untuk mendaftarkan diri sebagai agent penjual pulsa.

7. Menjadi Guru Les Privat

Jika kamu ahli dalam bidang mata pelajaran tertentu kamu bisa mempromosikan diri ke warga sekitar untuk menjadi guru les private bagi anak sekolah misalkan tingkat SD, SMP atau SMA. Untuk menjadi guru les private tidaklah terlalu sulit, Kamu cukup membeli beberapa buku referensi untuk membantu anak didik mengerjakan PR dan mengajarkan cara penyelesaian soal-soal yang sering mereka temui di sekolah. Misalkan Kamu ahli dalam bidang Akuntansi maka kamu bisa menjadi guru les privat akuntansi dan sebagainya.

Demikian 7 ide usaha kecil menguntungkan yang bisa kami sajikan. Kira-kira binis nomor berapa yang paling cocok dan menguntungkan bagi kamu?

Jika sudah memilih salah satu dan ternyata berjalan lancar, jangan lupa catat administrasinya yah agar keuntungannya bisa terlihat dengan jelas dan silahkan bagikan informasinya kepada kami melalui kolom komentar.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment