8 Strategi Digital Marketing Milenial

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti ingin agar bisnis bisa terus berkembang. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, meningkatkan penghasilan dan memperluas jangkauan konsumen saja tidak cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa audiens Anda percaya kepada bisnis Anda hingga bersedia mempromosikan bisnis Anda secara sukarela.

Namun, di sisi lain Anda belum sepenuhnya mengerti tentang digital marketing mengingat pemakaiannya yang begitu luas. Tidak perlu bingung, simak ulasan tentang digital marketing berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?

Digital marketing adalah segala upaya pemasaran yang dilakukan melalui perangkat atau media digital. Media digital ini mengacu pada dunia online, yang di antaranya mencakup namun tidak terbatas pada social media, website, hingga mesin pencarian online (search engine). Itulah kenapa beberapa orang juga menyebut digital marketing sebagai pemasaran online.

Lantas strategi apa yang cocok dengan generasi ini?

Sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana generasi millenial ini berinteraksi dan pola mereka dalam melakukan pembelian. Ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat menyasar pasar generasi millennial dengan mudah. Bagi Anda yang ingin menargetkan generasi millennial, berikut adalah beberapa strategi marketing yang bisa Anda gunakan.

1. Jadilah Transparan

Strategi digital marketing transparan

Generasi millennial menyukai hal-hal transparan alias terbuka. Menarik perhatian mereka dengan berbagi informasi belakang layar tentang apa yang perusahaan Anda kerjakan dan mengundang mereka untuk memberikan umpan balik. Tentang produk atau layanan Anda mendorong mereka untuk mengetahui lebih banyak. Buat video pendek dan berbagi foto berkualitas tinggi dari produk Anda, klien atau karyawan di media sosial sehingga mereka dapat berhubungan dengan dan terhubung dengan perusahaan Anda.

2. Gabungkan Strategi Pemasaran Anda

strategi pemasaran digital marketing

Millennial lebih peduli dengan pengalaman daripada metode konvensional perusahaan pemasaran. Misalnya melakukan promosi produk baru dengan menyebar brosur akan sangat membosankan. Bagi mereka, melakukan promosi melalui Youtube marketing, email marketing, atau memaksimalkan SEO jauh lebih matang.

Millennial harus diperhatikan atas rasa penasarannya akan dunia bisnis digital, selagi mereka menggali keingintahuan mereka. Pemasaran dengan cara menggabungkan metode konvensional dan digital pasti akan mencapai pasar kaum millennial yang ditargetkan.

3. Temui Generasi Millennial Dimana Mereka Berada

Kita perlu ingat bahwa kaum millennials berkomunikasi terbiasa melalui gadget. Kita harus menjangkau mereka dimanapun mereka berada. Ketika melakukan kampanye pemasaran, menggunakan media sosial, game, aplikasi menyenangkan dan texting menjadi sangat penting untuk meraih perhatian mereka. Kita harus berpikir out of the box dengan strategi pemasaran yang kita miliki ketika target pasar kita adalah millennials.

4. Tantanglah Kreativitas Generasi Millennial

Kaum millennial selalu tertarik dengan tantangan, oleh karena itu buatlah semacam kuis seperti giveaway atau challenge untuk meningkatkan nama merek dagang Anda. Itu merupakan cara yang sangat membantu menaikkan traffic toko online. Asah otak untuk kreatif untuk membuat apa yang Anda lakukan lebih baik dan lebih inventif. Bangun cara untuk menambah cerita hingga mengenali mereka secara real. Ini cara nyata untuk menaikkan profit. Pada akhirnya Anda mungkin menyadari bahwa millennial suka dengan hal baru.

5. Beritahu Cerita Menarik Tentang Generasi Millennial

Millennial, tengah menguasai berbagai aktivitas di dunia. Mulai dari ekonomi, pendidikan, budaya, sosial, dan lain-lain. Namun, tidak semua anak millennial menyadari mereka siapa. Mereka sering mengira bahwa karakter generasinya sama saja dengan senior kelahiran 70-an dan di atasnya. Oleh karena itu, buat serangkaian cara promosi melalui cerita menarik soal generasi millennial. Agar mereka tertarik dan membeli produk kita, bahkan sampai menjadi pelanggan loyal.

6. Beri Inspirasi Generasi Millennial Untuk Bertindak

Sekali lagi millennial adalah generasi yang memberi perhatian besar akan pengetahuan. Oleh karena itu mereka perlu dan ingin belajar. Mereka cenderung ekspresif meningkatkan, dan merangkul peluang, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga bagi keluarga mereka.

Mereka ingin menempatkan diri mereka terbaik ke depan, sehingga cara kampanye pemasaran yang memancing millennial terlibat dan menginspirasi mereka untuk bertindak akan berhasil. Ini berarti strategi multichannel akan diperlukan, menggunakan media digital dan iklan kuno yang membuat mereka berpikir, merasa eksis, serta merasa diperhatikan.

7. Jadilah Pribadi dan Authentic

Namanya juga generasi zaman sekarang yang baru saja menemui dunia karir. Mereka cenderung antusias dengan dunia kerja. Akan tetapi, berhubung generasi ini belum memiliki banyak pengalaman, maka tuntunlah generasi ini menjadi pribadi utuh serta otentik. Mengerti maksudnya? Jadi begini, anak-anak millennial cenderung menerima mentah-mentah informasi serba digital, sehingga berpengaruh pada kepribadian yang terbentuk.

Sampai sini Anda sudah tahu bahwa digital marketing adalah teknik pemasaran untuk ranah digital. Lebih dari sekadar bentuk promosi, digital marketing akan menantang Anda untuk keluar dari comfort zone dan mencoba berbagai fitur yang mungkin belum terlalu familiar bagi Anda.

 

Ichsan
Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

About the author

Ichsan

Kita tidak akan pernah tau sebelum kita melakukannya. ingatlah satu hal, usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasilnya.

"Solution Analyst
Software Akuntansi Accurate"

Leave a Comment