Seperti yang kita ketahui bahwa diskon adalah salah satu hal yang paling disukai, terutama bagi mereka yang hobi berbelanja. Beragam promo diskon yang diberikan oleh pihak mall, supermarket, restoran, dan toko modern yang membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Walaupun sebenarnya harganya sudah di markup, tetapi kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini. Konsumen sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri. Memang dengan strategi memberikan diskon bisa membuat konsumen bertindak lebih konsumtif.

Meski demikian, dalam penerapannya, diskon perlu melakukan strategi yang benar dan tepat agar omzet penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa bertambah banyak. Lalu bagaimana melakukan strategi pemasaran dengan diskon yang paling baik?

Waktu Diskon
Strategi yang pertama yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu. Misalnya memberikan diskon belanja di tengah malam, atau memberi diskon dengan batasan waktu tertentu. Dengan memberikan batasan waktu seperti tersebut pastinya akan lebih menarik minat konsumen untuk datang berbelanja. Seperti “Diskon 60% untuk pembelian di atas jam 21.00”.

Diskon Awal Bulan
Awal bulan adalah waktu di mana kebanyakan pekerja mendapatkan gaji. Jadi, memberikan diskon di setiap awal bulan akan lebih efektif, karena pasti uang dari gaji masih belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya ”Diskon 25% all item untuk setiap tanggal 15-25”

Diskon Untuk Ulang Tahun
Sudah banyak yang menerapkan diskon untuk yang sedang merayakan ulang tahun. Diskon ini banyak ditemui di cafe, restoran, klinik kecantikan. Biasanya syarat yang diajukan hanya menunjukkan KTP untuk mengecek kebenaran apakah sama atau tidak. Contohnya “Diskon 50% bagi yang berulang tahun di bulan Juni”.

Diskon Sesuai Nama
Beberapa tempat makan sudah menggunakan strategi diskon berdasarkan nama seperti ini. Biasanya nama-nama yang dipilih adalah nama yang familiar sehingga banyak orang yang termasuk mendapatkan diskon. Contohnya “Bagi pengunjung yang bernama Andi, Ina, Tuti, Bayu, Putri, Ayu, hari ini mendapatkan diskon 1 paket makan dan minum”. Dengan menggunakan strategi ini akan lebih menarik calon konsumen, terutama bagi mereka yang namanya termasuk di dalam promo diskon.

Diskon Beli Satu Gratis Satu
Strategi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai di mall atau supermarket. Dan biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum di diskon walaupun tidak semua store seperti itu, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik. Contohnya “Beli celana panjang satu gratis satu untuk pembelian di atas Rp 500.000”.

Diskon Pengguna Kartu Kredit
Strategi dengan memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit ini sudah banyak digunakan saat ini, karena masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit. Memang bagi pengguna kartu kredit akan dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu. Apalagi biasanya banyak di temui di mall, restoran dan toko online. Contohnya ‘’’Diskon 25% bagi pengguna kartu kredit Danamon dan BNI dengan minimal pembelian Rp 1.000.000”.

Diskon Cashback
Cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga seperti pada diskon. Dengan melakukan pemberian cashback kepada setiap pembeli yang datang ini juga tidak kalah menarik dengan diskon, apalagi cashback langsung diberikan adalah uang tunai. Contohnya “Dapatkan cashback sampai Rp.50.000 untuk setiap pembelian makanan atau minuman baik paket atau pun satuan.

Grup Diskon
Grup diskon adalah memberikan diskon kepada orang yang datangnya lebih dari satu orang. Contohnya “Ajak 5 orang temanmu dan dapatkan diskon 20% untuk setiap pembelian makanan dan minuman”. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menarik minat konsumen datang, apalagi bagi mereka yang ingin makan bareng teman dengan biaya yang lebih murah. Strategi ini juga bisa membuat omzet bisnis menjadi meningkat, biasanya yang datang hanya sendiri sekarang menjadi bergerombol.

Diskon Member
Bagi yang memiliki kartu member biasanya akan diperlakukan lebih istimewa daripada konsumen biasa seperti dengan pemberian diskon, poin, undian di setiap pembelian. Strategi member ini tujuannya adalah mempertahankan konsumen bisnis yang dimiliki agar tidak berpindah tempat, alasan inilah yang menjadikan member diperlakukan secara khusus. Untuk menjadi membership biasanya syaratnya tidak sulit, hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri dan uang administrasi saja.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi pemasaran produk dengan pemberian diskon paling menarik. Lalu strategi diskon mana yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda? Jika sudah mendapatkan strateginya jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan, jangan sampai salah perhitungan yang mengakibatkan bisnis Anda mengalami kerugian. Anda dapat melakukan penghitungan keuntungan dengan mudah melalui software akuntansi. Accurate Online adalah software akuntansi online yang membantu administrasi keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah, simpel, aman. Accurate Online juga menyediakan seluruh laporan keuangan lengkap dengan data yang dapat diakses secara realtime kapan dan di mana saja. Daftarkan bisnis Anda dan nikmati free trial selama 30 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silahkan klik di sini.

Nova