Anda Pekerja Kantoran? Lakukan Hal Berikut Agar Terhindar dari Tuduhan Kesalahan

Written by Anto

Bekerja sebagai staf di perkantoran? waow... keren. Bisa bekerja di tempat bergengsi yang selama ini selalu diidam-idamkan oleh siswa kelas 3 SMA  sampai mahasiswa semester akhir. Betapa enaknya begitu lulus nanti melamar dan diterima kerja di kantoran. Kerjanya enak duduk di depan komputer dengan ruangan ber AC. Tapi bagi mereka yang sudah merasakan bekerja di kantoran atau saat ini sedang aktif di dalamnya, tentu banyak hal yang dihadapi yang terkadang membuat tidur tidak nyenyak dan makan menjadi tidak enak. Terutama staf yang bertugas mengelola data sering kali harus mengalami stres saat dikejar deadline dan menjelang waktu pelaporan. Mereka harus dengan extra teliti dan hati-hati dalam menyajikan data yang diperlukan untuk menyusun sebuah laporan lengkap. Yang paling bertanggung jawab dalam hal laporan biasanya adalah bagian yang terkait dengan keuangan. Meskipun demikian bagian lain juga ikut memiliki tanggungjawab yang sama besarnya.

Jika ada kesalahan atau selisih data maka akan dicari siapa yang salah dan harus bertanggungjawab atas kesalahan tersebut. Jika ditemukan kesalahan bisa berakibat pada pemotongan gaji hingga pemutusan kontrak kerja. Wah.. serem yah. Nah untuk menghindari hal seperti itu terjadi pada kamu, cobalah ikuti beberapa tips ringan berikut ini:

1.Mintalah Setiap Bukti Transaksi

Sebagai staf yang bertanggung jawab terhadap data, minta atau buatlah bukti untuk setiap transaksi. Sebagai contoh, bos Anda minta uang kas 300.000 untuk perjalanan dinas dalam kota, buatlah tanda terima kas untuk bos Anda dan jangan segan-segan untuk meminta bos Anda menandatangani tanda terima tersebut. Setelah selesai melakukan perjalanan dinas, minta kembali bukti pengeluaran uang dinas tersebut seperti bukti pembayaran tol, struk pembelian bensin, struk parkir dan lain-lain sampai jumlahnya sesuai dengan kas yang dikeluarkan. Jika jumlahnya lebih kecil dari kas yang dikeluarkan, mintalah sisanya untuk dikembalikan ke kas kantor.

2.Buat Arsip yang Rapi

Arsip sangat diperlukan untuk keperluan audit data. Setiap bukti transaksi yang Anda kumpulkan tidak boleh sampai hilang. Jika ada bagian lain yang meminjam arsip Anda, segera catat siapa yang meminjam dan buat tanda terima serta minta tanda tangan si peminjam meskipun itu adalah bos besar Anda. Jangan lupa juga bukti transaksi yang akan dipinjam tersebut dicopy terlebih dahulu untuk disatukan dengan tanda terima yang baru saja Anda buat. Ini untuk keamanan Anda sendiri jika arsip asli itu sampai hilang maka jika saat audit dilakukan maka Anda punya catatan dan siapa yang harus bertanggungjawab.

3. Buat Pembukuan Sederhana

Buatlah pembukuan sederhana dari masing-masing jenis transaksi di perusahaan Anda sehingga di akhir periode Anda tinggal menggabungkan data-data yang masih kurang dan Anda lebih cepat bisa memberikan laporan yang diperlukan oleh manajemen perusahaan Anda.

4.Sarankan Kepada Manajemen untuk Menggunakan Sistem Akuntansi

Jika perusahaan tidak mau repot menyusun laporan keuangan setiap akhir periode dan sibuk mencari-cari siapa yang perlu disalahkan atas kurangnya data untuk pembuatan laporan yang cepat, sarankan kepada manajemen dan berikan alasan kuat bahwa dengan sistem akuntansi semua data akan saling terintegrasi. Dengan integrasi data seperti ini maka otomatis tidak perlu lagi menyusun laporan keuangan secara manual karena semua laporan akan tersedia secara otomatis setiap ada transaksi yang diinput ke dalam software akuntansi ini. Jika arsip transaksi yang di-print out hilang, masih bisa dilihat kembali didalam software akuntansi tersebut dan bisa diprint ulang jika suatu saat diperlukan.

Itulah beberapa tips penting yang perlu dilakukan agar suasana di kantor menjadi lebih kondusif dengan tidak adanya saling menyalahkan satu sama lain karena sulitnya mencari bukti transaksi yang selama ini banyak kejadian di dunia perkantoran.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment