Peran Pengusaha Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Written by Rendy

Apa Yang Harus Disiapkan Pengusaha Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 ?

Belakangan hari ini kita mulai sering mendengar dan melihat berita dan topik yang mulai diangkat sebagai bahan perbincangan di media sosial dan elektronik seputar revolusi Industri 4.0. dan saya membuat artikel ini karena sedikit terinspirasi dari debat pasangan capres yang membahas strategi mengenai kemajuan era internet (Industi 4.0) mungkin juga masih banyak diantara kita yang masih mempertanyakan apa itu industri 4.0. 

Apa Itu Industri 4.0


Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Gampangnya semua pekerjaan sudah dapat dilakukan oleh mesin yang diremote oleh bantuan internet.

Sejarah Revolusi Industri

Dimulainya Industri dunia pada akhir abad ke-18 dengan munculnya tenaga uap dan penemuan kekuatan alat tenun, secara radikal mengubah bagaimana barang-barang diproduksi. 100 tahun kemudian, diciptakanlah energi listrik dan jalur perakitan memungkinkan produksi massal. Pada 1970-an, revolusi industri ketiga dimulai ketika kemajuan dalam otomatisasi bertenaga komputer memungkinkan kita memprogram mesin dan jaringan.

1. Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi Informasi

Dengan Revolusi Industri 4.0 saat ini tentu saja  semakin mempercepat perkembangan teknologi. Coba saja lihat kamera HP kalian, dari yang awalnya Pas-pasan sekarang bisa hampir sama dengan kamera DSLR. Dari yang hanya memiliki kamera belakang sekarang terdapat kamera depan. Dari yang lensanya hanya satu sekarang menjadi 3 bahkan akan menjadi 5 dalam waktu beberapa tahun kedepan. Hal ini terjadi dalam kurun waktu kurang lebih 1 dekade saja. Perlu digaris bawahi bahwa yan dimaksud informasi perkembangan teknologi bukan teknologi secara keseluruhan, hanya yang berkaitan dengan pekerjaan kalian atau pekerjaan yang kalian inginkan nantinya. Teknologi yang berhubungan dengan minat kalian pun sangat boleh sebagai tambahan ilmu untuk kalian.

2. Up-to-date dengan perkembangan teknologi terkini pada industrimu

Teknologi terbaru pada industrimu pun harus kamu update karena hal-hal baru inilah yang kalian akan hadapi dalam pekerjaan nanti kalau kalian telat untuk melakukan inovasi terkini maka akan sangat mempengaruhi kinerja kalian nantinya dan tentu saja perusahaan tempatmu bekerja. Oleh karena itu, update informasi terkini sangat penting.

3. Transformasi Bisnis Perusahaan

Artinya perusahaan perlu meningkatkan efisiensi seputar penggunaan teknologi digital. Menghubungkan komponen digital dan fisik, menghubungkan mesin dengan sistem  internet atau software sangat diperlukan untuk menghemat biaya sehingga dapat meningkatkan produktivitas serta keuntungan

4. Mencari tenaga kerja handal di era digital.

Perusahaan harus  mencari, melatih dan mempertahankan talenta pekerja dengan keterampilan yang siap menggunakan teknologi digital dan meningkatkan kolaborasi aktif antara tenaga kerja dan mesin. Pesatnya kemajuan teknologi mengakibatkan perkembangan dan perubahan bisnis yang signifikan. Dunia bisnis selalu berkembang dan berubah. Seiring dengan perkembangannya zaman dari Bisnis konvensional ke Bisnis Digital, tantangan bisnis pun akan terus berkembang dan berubah.

Baca Juga : HINDARI 5 KESALAHAN FATAL SAAT MENJALANKAN BISNIS

Untuk itu sebuah usaha haruslah mampu menyesuaikan dirinya dengan berbagai perkembangan yang terjadi, Semoga tantangan-tantangan bisnis di atas dapat dipertimbangkan lagi dan mampu membantu proses pengembangan bisnis kamu ya!]]>

Rendy

About the author

Rendy

Leave a Comment