5 Aplikasi Penyelamat Bisnismu Selama Corona

Written by Rendy

Wabah virus Corona memberikan banyak dampak pada dunia, tak terkecuali pada sektor ekonomi. Dengan mewabahnya virus Corona atau COVID-19 membuat sejumlah negara menutup berbagai macam akses. di Indonesia sudah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar). Dengan keputusan itu banyak perusahaan terkena imbas dalam ekonomi. Seorang pebisnis atau pengusaha perlu meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi virus Corona. Guna menghadapi berbagai tantangan bisnis di tengah wabah Corona, UKM perlu meracik strategi yang tepat supaya usahanya tak terkena imbas negatif kelesuan ekonomi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yaitu aplikasi yang bisa bantu bisnis UKM. 

Berikut 5 Aplikasi  Saat Pandemi Virus Corona yang Bisa Menyelamatkan Bisnismu.

1. Aplikasi Video Conferencing : Google Hangout, ZOOM, Skype Dll

Situasi pandemi virus corona menuntut sebagian masyarakat Indonesia melakukan kegiatan video conference untuk belajar, bekerja, atau sekadar mengobrol dari rumah. Penggunaan video conferencing ini rupanya memang memberikan banyak manfaat pada masyarakat luas. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba aplikasi sistem tersebut

2. Aplikasi Project kolaborasi management:  Trello

Fitur unggulan dari Trello adalah monitoring proses kerja yang terperinci, mengatur deadline tugas, melampirkan hasil kerja atau referensi, dan masih banyak lagi. Memang, tidak seperti tools kolaborasi lain, Trello lebih menekankan pada tracking, sehingga komunikasi hanya dimungkinkan melalui kolom komen dalam setiap kartu kerja. Terbagi dalam tiga fitur besar, yakni Board, List, dan Card, aplikasi ini memberikan pengalaman baru dalam bekerja tanpa perlu tatap muka.

3. Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)

Aplikasi CRM berbasis web memungkinkan Anda dan tim penjualan untuk mengakses informasi tentang prospek dan klien dari mana saja. Manajer departemen penjualan tetap bisa mendistribusikan prospek ke salesperson yang tepat. Salesperson dapat dengan mudah membuat penawaran dengan harga yang berbeda ke setiap prospek. Mereka juga dapat menentukan prospek mana yang harus diprioritaskan dan menentukan kapan harus melakukan follow up. 

Anda dapat memonitor seluruh aktivitas penjualan, setiap kemajuan yang dibuat oleh tim penjualan, dan bahkan melihat percakapan email antara salesperson dengan prospek atau klien. Jadi, aktivitas penjualan dapat tetap berjalan dengan normal.

4. Aplikasi Google Office

Saat ini, Google dan Microsoft merupakan dua raksasa teknologi yang menyediakan ‘paket’ aplikasi pendukung kerja untuk kebutuhan kolaborasi tersebut. Keduanya juga memberi layanan penyimpanan data berbasis cloud. Jadi, pendekatan perangkat lunak untuk kerja dilakukan dengan menghosting informasi Anda dalam jaringan pusat data penyedia aplikasi. Rangkaian alat kerja kolaborasi milik Google dinamakan Google Suite atau biasa dikenal Google Apps for Work. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan file berupa dokumen, sheet, atau slide yang tersimpan di cloud. Dengan demikian, Anda dapat membagikan file pada mitra bisnis atau rekan kerja dengan mudah. Tak hanya dokumen kerja, Google Suite juga menyediakan aplikasi pendukung kerja lain, seperti email, drive, hangouts, dan kalender.

5. Aplikasi Akuntansi Online

Pandemi Corona dianggap berdampak pada pelemahan ekonomi makro. Hal itu tentu akan menimbulkan efek domino terhadap kinerja ekonomi mikro yang menjadi ladang cuan UKM. Sebagai pelaku usaha, Anda tentu khawatir dengan performa bisnis di masa Pandemi seperti ini, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tapi Anda tidak perlu takut dan kuatir bisnis anda terbengkalai, karena sudah ada solusinya. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web, seluruh proses bisnis anda akan tetap berjalan normal dan terkelola dengan baik. Anda bahkan mungkin tidak dapat melihat perbedaan besar antara bekerja di kantor dan bekerja dari rumah, karena semua aktivitas bisnis tetap berjalan dengan normal. solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi berbasis web based atau online

Software akuntansi dengan akurasi yang sudah terjamin dan mudah digunakan, tidak perlu di install pada komputer Anda karena berbasis web based, jadi tidak perlu repot download. Daftarkan perusahaan Anda sekarang disini  Gratis. Bekerja dari rumah Pakai Accurate Online Aja.

aol.softwareaccurate.net

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment