Bagaimana Mengatur Manajemen Keuangan Yang buruk ?

 

Manajemen keuangan yang tepat menjadi kunci untuk bisnis perusahaan berjalan dengan lancar. Meskipun harus ditopang dengan operasional yang memadai dan terus mendapatkan keuntungan, suatu bisnis tak akan bertahan lama tanpa pengaturan finansial secara efisien.

Fungsi manajemen keuangan juga sebenarnya sangat signifikan bagi kehidupan pribadi. Kesalahan mengalokasikan dana akan membuat kondisi keuangan morat-marit. Pentingnya manajemen keuangan perusahaan harus sudah disadari oleh banyak orang, terutama para milenial.

Pengertian manajemen keuangan adalah semua kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan perusahaan. Hal ini termasuk bagian dari kegiatan manajemen yang bertujuan untuk mengelola dana serta aset yang dimiliki perusahaan untuk dimanfaatkan pada kegiatan yang bisa membantu untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Ada tiga aktivitas utama yang dilakukan dalam manajemen keuangan sebuah perusahaan, yaitu cara memperoleh dana, aktivitas penggunaan dana, dan pengelolaan aktiva, termasuk aset perusahaan. Aktivitas ini berkaitan dengan sumber dana internal maupun eksternal perusahaan. Modal kerja dan kepemilikan saham juga termasuk ke dalam bagian manajemen keuangan.

Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh aktivitas manajemen keuangan ini antara lain:

Mengoptimalkan Pemasukan Perusahaan
Manajemen keuangan berupaya untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin kepada pemegang saham dan berusaha untuk meningkatkan laba tersebut karena akan berkaitan dengan kinerja perusahaan. Pada bagian ini juga termasuk persiapan dan perencanaan struktur modal.

Menjaga Kelancaran Kas
Manajemen keuangan yang baik juga akan membuat arus kas terjaga. Akan ada dana pasti yang harus dikeluarkan oleh perusahaan setiap harinya, misalnya untuk pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, sewa tempat, dan pembayaran lainnya. Pengeluaran ini jika tidak diawasi dan dikendalikan oleh manajemen keuangan dengan baik bisa menyebabkan overbudget yang dapat merugikan perusahaan.

Memaksimalkan Anggaran Perusahan
Manajer perusahaan bertindak sebagai pengawas penggunaan uang perusahaan. Anggaran yang digunakan untuk kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan dapat dihilangkan dan digunakan atau dialokasikan untuk kegiatan lain. Melalui kebijakan yang tepat, pengaturan ini bisa memaksimalkan keuntungan perusahaan dari berbagai sumber daya yang dimiliki.

Meningkatkan Efisiensi
Pengaturan keuangan yang baik akan meningkatkan efisiensi perusahaan. Penyaluran dana pada aspek yang tepat pun juga akan membuat perusahaan dapat bertahan lebih lama dalam persaingan bisnis yang sangat besar.

Keputusan yang berhubungan dengan keuangan memang harus dilakukan secara hati-hati sebab kesalahan kecil bisa membuat perusahaan bangkrut. Misalnya kapan harus mengurangi biaya tertentu dan kapan saat yang tepat untuk menambah anggaran.

Mengurangi Resiko Perusahaan
Dengan manajemen keuangan yang baik, resiko perusahaan bisa dapat diminimalisir. Seluruh kegiatan operasional dan non-operasional perusahaan akan termonitor dengan baik. Resiko yang muncul dalam bisnis pasti bisa disikapi dengan keputusan yang tepat jika ditangani dengan manajemen keuangan yang baik.

 

 

Nova