Bagaimana Nasib Jakarta Setelah Ibu Kota Pindah? Dan Apa Dampak Bagi Pengusaha?

Written by Rendy

Ibu Kota mau Pindah? 

Kamu tinggal di Jakarta? Nah, belakangan ini pemerintah kembali sibuk mengkaji soal pemindahan ibu kota Indonesia.

Pemindahan ini kerap dibahas lantaran beban Jakarta dinilai sudah terlalu berat. Karena selain jadi pusat pemerintahan, Jakarta juga jadi pusat perekonomian. Oleh karenanya, menurut laporan dari sejumlah media, salah satu kota di Kalimantan bakal dipilih jadi ibu kota baru.

Pemerintah kembali menyerukan rencana pindah ibu kota ke luar Jawa. Rencana ini sudah dibahas bukan hanya di tingkat pemerintah pusat, tapi juga mulai dibicarakan dengan para pemerintah daerah.

Sekarang yang harus diperhatikan apakah dengan memindah Ibu kota menyelesaikan masalah atau memunculkan masalah baru. Ketika ibu kota dipindahkan maka pemerintah harus memikirkan tempat yang akan dituju, dari keinginan presiden Ibu kota maunya di luar Jawa sesuai yang dari tujuan besar dari pemerintah adalah memajukan ekonomi Indonesia Timur maka kemungkinan terbesar adalah Indonesia timur atau Indonesia tengah. 

Nah apa dampak jika Ibu Kota Indonesia pindah dari DKI Jakarta......?

  • Akan berisiko membebani APBN 

Pemindahan ibu kota bisa mengganggu pelayanan pemerintah terhadap swasta lantaran swasta juga kemungkinan harus memiliki cabang untuk berurusan dengan pemerintah di ibu kota baru.

Reisiko gangguan operasional kegiatan pemerintahan jika proses pemindahannya tidak lancar. Misalnya, tidak semua dokumen sudah tersimpan secara elektronik.

  • Lapangan kerja akan bertambah

Para tukang bangunan, insinyur, arsitek dan profersi lainnya akan kebanjiran pekerjaan karena pemindahan Ibu kota ke area lainnya akan membutuhkan bangunan beserta infrastruktur yang baru sebagai fasilitas kerja. Kita berharap agar gedung-gedungkementrian dan departemen pemerintah tidak lagi berkumpul di ibu kota seperti yang ada di jakarta sekarang. 

  • Jakarta semakin maju

Loh kenapa akan makin maju?bukannya malah menjadi mundur karena tidak dijadikan sebagai Ibu Kota? hayoo, kenapa.. coba bayangkan jika lalu linta di jakarta tidak lagi macet maka produktifitas warganya akan meningkat, menghemat BBM dan Jakarta bisa terkenal sebagai kota bisnis atau jasa.

  • Indonesia semakin maju

Dalam lingkup yang lebih besar yaitu negara indonesia menjadi maju karena seluruh potensi daerah bisa menunjukan kemampuannya. saling membantu dan saling mengisi dalam mendukung kesejahteraan rakyat

Itulah beberapa dampak yang ternyata lebih banyak keuntungan dari pada kerugiannya jika Ibu Kota Jadi dipindahkan. kita berharap dengan pindahnya Ibu Kota akan membuat Indonesia menjadi negara maju.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment