Memulai usaha kecil bagi sebagian orang menjadi tantangan yang besar. Hal ini disebabkan karena banyaknya pikiran yang menghantui dalam memulainya, seperti takut gagal, takut tidak diterima masyarakat, dan sebagainya. Padahal Anda tidak akan mengetahui bagaimana usaha tersebut akan berkembang jika tidak memulainya. Daripada memikirkan hal yang belum tentu terjadi, cobalah ikuti beberapa langkah berikut ini untuk memulai usaha kecil dengan sukses.

Cari Ide
Saat ingin memulai usaha atau bisnis, ide-ide usaha harus sudah dipikirkan dengan baik. Ide biasanya terbentuk karena sesuatu hal yang dilihat, didengar, dan dirasakan. Akan lebih baik jika ide usaha yang dibuat adalah sesuatu hal yang Anda sukai. Sebuah usaha yang sukses selalu dibangun dengan ketulusan dan semangat pantang menyerah. Bagaimana Anda mengembangkan usaha jika tidak sesuai dengan apa yang Anda sukai dan kuasai? Jadi, cobalah berpikir tentang ide usaha yang banyak dicari namun juga menjadi suatu hal yang Anda sukai dan kuasai.

Buat Rencana
Setelah menentukan jenis usaha, selanjutnya Anda perlu membuat rencana usaha atau yang biasa disebut business plan. Ini merupakan tahapan awal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang calon entrepreneur atau wirausaha.

Business plan memuat tentang tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut atau yang dikenal dengan visi dan misi. Karena bagaimanpun juga, tak dapat dipungkiri bahwa di balik semua usaha yang berhasil pasti ada visi dan misi yang kuat di dalamnya. Begitu pun dengan usaha yang akan Anda rintis, harus ada visi dan misi yang diusung.

Dengan adanya visi dan misi, maka sebuah bisnis akan dapat fokus pada tujuan dibangunnya usaha tersebut. Umumnya para pemula membangun usahanya tanpa visi dan misi yang jelas, yang pada akhirnya membuat mereka tidak konsisten pada tujuan awal membangun usaha tersebut.

Cari Partner
Karena memulai usaha merupakan bidang yang cukup berisiko, sebaiknya Anda mencari partner untuk menjalankan usaha bersama. Cobalah cari partner yang memahami bisnis dan paham dengan risiko-risiko apa saja yang bisa diterima. Dengan partner bisnis, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis atau keluar dari masalah. Anda dapat bertukar pikiran dan mencari jalan keluar bersama untuk menyelesaikan masalah bisnis atau mengembangkan bisnis.

Cari Karyawan
Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya mencapai visi tersebut. Perhatikan latar belakang dan keahlian dari karyawan yang dipilih agar dapat meraih tujuan usaha bersama-sama.

Jual Kualitas Barang Jualan
Meski Anda hanya membuka usaha kecil, Anda tetap harus memiliki satu ciri khas dari produk Anda untuk bersaing di pasaran. Memang masyarakat ingin mencari barang dengan harga murah, tapi tidak jarang juga yang mencari produk karena kelebihan yang dimiliki. Harga terkadang menjadi prioritas kedua bagi konsumen, asalkan produk yang didapat sesuai harapan. Jadi jangan takut menjual produk Anda dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya asalkan ada nilai lebih yang menjadi pertimbangan bagi konsumen. Tapi Anda juga harus merealistiskan harga tersebut, jangan sampai terlampau tinggi. Yang terpenting, kualitas produk harus bersaing dengan harga yang realistis.

Gunakan Sistem Akuntansi
Dengan menggunakan teknologi-teknologi baru dan canggih seperti penyimpanan data dan lainnya dapat membuat usaha kecil Anda bisa bersaing dengan usaha lainnya yang berskala besar. Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi tentunya akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Salah satu sistem akuntansi yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha kecil Anda adalah software akuntansi. Mengelola keuangan usaha adalah hal penting yang perlu dilakukan dan kini Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan teknologi. Accurate Online merupakan software akuntansi online yang bisa membantu membuat laporan keuangan usaha kecil Anda. Hanya dengan meng-input setiap transaksi yang dilakukan, Anda akan dapat membuat laporan keuangan dengan lebih cepat, aman, dan disajikan secara realtime. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Accurate Online dan nikmati free trial 30 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

Nova