Belajar Bisnis Konsinyasi Mulai dari Dapur Rumah

Written by Anto

Halo para calon  entrepreneur, bagaimana nih mimpinya untuk jadi entrepreneur? Sudah action atau malahan masih bingung mau bisnis apa? Jangan khawatir entrepreneursquad.id selalu hadir untuk memberikan inspirasi yang bisa kamu jadikan referensi dalam memulai dan menjalankan bisnis. Seperti artikel kali ini kita akan bahas topik mengenai bisnis konsinyasi. Apalagi tuh bisnis konsinyasi, bagaimana sistem bisnisnya dan apa kelebihannya? mari kita bahas bersama.

Pengertian bisnis konsinyasi

Secara umum, konsinyasi adalah sebuah bentuk kerja sama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang atau produk dengan penyalur atau toko. Di mana si pemilik produk akan menitipkan barangnya kepada penyalur (toko) untuk menjual produk-produk tersebut. Sistem ini biasanya dilakukan oleh agen-agen besar kepada toko-toko eceran dengan pembagian keuntungan atau komisi.

Dari pengertian di atas apakah konsinyasi hanya bisa dilakukan oleh agen-agen besar?, jawabannya tentu tidak. Praktik konsinyasi (titip jual) sebenarnya banyak terjadi di masyarakat sekitar namun kita tidak mengetahuinya. Inilah peluang yang bisa kita ambil jika ingin memulai bisnis konsinyasi berawal dari produk rumahan.

Keuntungan Bisnis Konsinyasi

Karena konsinyasi sifatnya adalah menitipkan, artinya kita sebagai pemilik produk menitipkan barang kita ke pihak lain untuk dibantu jual oleh mereka di tokonya, kemungkinan besar toko akan dengan mudah menerima produk kita, karena toko tersebut akan membayar produk kita berdasarkan jumlah yang sudah berhasil mereka jual ke pelanggannya. Oke sampai sini seharusnya paham yah mengenai apa itu bisnis konsinyasi. Sekarang tinggal bingungnya mau bisnis apa yang bisa dititipkan ke toko sebelah.

Beberapa jenis bisnis ini mungkin bisa kamu jadikan referensi.

1..Peyek kacang rasa daun jeruk purut

Pernah gak sih kamu ke warung sebelah untuk membeli sabun cuci, lalu melihat di depan etalase warung ada peyek kacang bintik hijau digantung? Lalu kamu membelinya dan begitu dimakan rasanya gurih beraorma jeruk purut dan teksturnya sangat renyah? Nah itu adalah salah satu contoh barang titipan orang di warung tersebut. Si pemilik wawung tidaklah membuat peyek itu, itu adalah peyek titipan dan istilah ini disebut dengan konsinyasi.

2. Lontong daun isi sayur

Produk rumahan lainnya yang sering dijadikan sebagai barang konsinyasi dari dapur rumah adalah lontong daun isi sayur. Lontong isi sayur ini biasanya akan dititipkan di warung pada pagi hari dengan harapan menjadi santapan pembeli yang sedang terburu-buru dan dan tidak sempat sarapan. Bentuknya yang praktis dan bisa dimakan di mana saja membuat lontong isi sayur ini digemari para pemburu waktu seperti anak sekolah atau PNS yang takut terlambat.

Itu hanya sebagian kecil dari contoh produk dapur rumahan yang bisa dijadikan sebagai barang konsinyasi dan bisa mulai kamu titipkan di warung sebelah, untuk bagi hasilnya sebaiknya berikan komisi minimal 20% dari harga jual kepada toko atau warung tempat kamu menitipkan barang konsinyasi tersebut.

Bagaimana guys apakah setelah membaca artikel ini kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Semoga artikel ini bisa membuka wawasan tentang peluang bisnis yang sebenarnya begitu banyak, mudah dan murah yang bisa kamu mulai dari dapur sendiri.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment