Jangan Sampai Bisnis mu Banyak Yang Putus Kontrak Seperti Rumah Sakit!

Written by Doni

Berita mengenai BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sepanjang akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019 ini dari konflik dari terlilit hutang, konfil dengan pemerintah dan yang paling baru putus kontrak dengan 65 rumah sakit swasta di berbagai daerah di Indonesia terhitung mulai 1 Januari 2019.

Apa sebabnya? Pemutusan itu dilakukan karena puluhan rumah sakit tersebut belum mendapatkan sertifikat akreditasi, menurut keterangan Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf. Sementara itu 15 rumah sakit lain putus kerja sama karena tidak memenuhi syarat rekredensialing atau uji kelayakan ulang.

Konflik akreditasi dan kredensialing rumah sakit

Akreditasi dan kredensialing adalah syarat mutlak untuk kerja sama antara BPJS dan rumah sakit yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga : Ga Perlu Ribet, Cara Cepat Buat Laporan Keuangan Perusahaan

Iqbal mengatakan pemerintah sudah memberi kesempatan kepada rumah sakit yang ada untuk mengurus sertifikat akreditasi sedari tahun 2014, saat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dimulai.

Mereka diberi waktu lima tahun untuk mendapatkan akreditasi. Jangka waktu itu berakhir di tahun 2019 ini.

Putus Kontrak Bisnis Karena Masalah Administrasi

Ya berarti masalah administrasi saja bisa membuat kesepakatan bisnis di batalkan, nah apa saja sih biasanya masalah administrasi yang membuat kesepakatan bisnis tergangguu atau malah batal?

Contoh seperti legalitas perusahaan, tentunya kamu tidak mau kan bertransaksi dengan perusahaan yang tidak jelas legalitasnya? seperti alamat kantornya tidak jelas, nama perusahaanya berbadan hukum apa, dsb.

Yang paling sering saya dengar sebagai seorang konsultan adalah masalah laporan keuangan yang tidak kunjung jadi cenderung berantakan, memang sebagian pelaku usaha menganggap pembukuan itu masih tidak terlalu penting. Yang mereka pikirkan jualan yang banyak dan bagaimana bisa untung banyak jika berbisnis.

Download E-Book Gratis
6 Cara Mengenalkan Produkmu ke Internet

Ketika kamu menjalankan pembukuan keuangan usaha dengan baik, kamu akan mudah dalam menyusun laporan keuangan usaha. Dengan adanya laporan keuangan, akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman, maupun untuk melapor pajak. Dengan laporan keuangan yang baik dan sesuai, petugas pajak pun tidak akan sulit dalam menilai laporan keuangan usaha kamu. Disinilah untungnya melakukan pembukuan usaha pada bisnis Anda.

Agar usaha yang kamu jalankan bisa sukses, sudah sewajarnya kamu harus melakukan pembukuan keuangan usaha. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa dengan mudah dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika kamu masih bingung gimana melakukan pembukuan keuangan untuk bisnis, sebaiknya kamu menggunakan software pembukuan.

Nah itu beberapa tips dari kami bagaimana jangan sampai putus kontrak hanya karena masalah administrasi, semoga bisnismu sukses 🙂

]]>
Doni

About the author

Doni

Leave a Comment