Bisnis Waralaba ini Perlu Anda Pertimbangkan Karena Terjangkau dan Menguntungkan

Written by Anto

Jika Anda ingin memiliki bisnis tetapi tidak  memiliki ide untuk memulai bisnis apa yang sekiranya cocok dan bisa Anda jalankan dengan mudah dan cepat, mungkin waralaba adalah bisnis yang bisa Anda jadikan pilihan. Saat ini bisnis waralaba tengah berkembang pesat dan sudah menjadi tren. Menurut Asosiasi Franchise Indonesia waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Dengan demikian maka untuk menjalankan bisnis waralaba sangat mudah. Anda cukup menyediakan modal saja, karena sistem bisnis dalam hal ini sistem penjualan, prosedur, dan peroduk yang dijual sudah ada dan merek dari produk tersebut tentunya sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Keuntungan jika Anda menjalankan bisnis waralaba cukup banyak, diantaranya adalah Anda tidak perlu memikirkan konsep bisnisnya karena semua konsep sudah disediakan oleh pemilik waralaba. Selain itu Anda juga tidak perlu melakukan branding karena produk atau jasa yang akan Anda jual adakah produk atau jasa yang sudah memiliki merek dan sudah dikenal oleh masyarakat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai bisnis Waralaba

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk menjalin kerjasama dan menjalankan bisnis waralaba, alangkah baiknya Anda perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Modal

Hampir tidak ada bisnis waralaba yang tidak memakai modal, yang penulis ketahui, semua bisnis waralaba mensyaratkan adanya modal yang harus dibayarkan kepada pemilik merek agar kita bisa menjalankan bisnis dengan menggunakan merek atau nama unit usaha kita sama seperti nama usaha pemilik produk yang akan kita jual.

2. Pilih jenis bisnis yang Anda senangi

Bisnis waralaba saat ini sangat banyak kategorinya, mulai dari restoran, produk industri rumah tangga, jasa kecantikan, minimarket dan lain-lain. Anda harus menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan passion atau sesuai dengan minat dan bakat Anda. Dengan memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat atau bakat Anda tentunya hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat dan mudah untuk menjalaninya.

3. Tentukan lokasi yang tepat

Dalam menjalankan bisnis khususnya bisnis offline tentunya lokasi akan sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Sebaiknya lokasi yang Anda pilih mendekati dengan target pasar Anda. Misalkan produk yang Anda jual dengan target pasar anak sekolah maka Anda bisa mencari lokasi bisnis di sekitar atau dekat dengan sekolahan.

Itulah beberapa hal penting yang harus dipikirkan dan dipersiapkan jika Anda hendah menjalankan bisnis waralaba.

Pilihan Waralaba Rekomendasi Entrepreneur Squad

Di bawah ini adalah beberapa bisnis waralaba yang bisa Anda jadikan pertimbangan dan perlu Anda coba.

1. JNE Express

Dengan berkembangnya toko online yang sudah menjangkau seluruh Indonesia, jasa pengiriman saat ini sangat diperlukan dan diserbu para pemilik toko online dan pelaku bisnis di marketplace untuk mengirimkan barang hasil penjualan onlinenya. Bisnis kurir JNE ini cukup menjanjikan karena nama JNE sendiri sudah memiliki nama dan reputasi yang baik di mata masyarakat Indonesia. Biaya investasi untuk menjadi agen JNE Express sekitar Rp. 7 Juta

2. Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken sering kita jumpai di pinggir jalan raya sekitar perumahan padat penduduk terutama di kota-kota besar. Meskipun lokasinya di pinggir jalan, Sabana Fried Chicken memiliki rasa yang berbeda dari Fried chicken jalanan yang biasa, bahkan rasanya tidak kalah enak dengan fried chicken asal luar negeri yang biasa dijual di restoran di mal-mal. Karena konsisten dengan rasa dari Sabana FC tersebut, membuat Sabana FC laris dicari orang meskipun harganya di atas harga rata-rata fried chicken pinggir jalan yang biasa. Untuk menjadi mitra Sabana FC Anda perlu menmbayarkan komitmen kemitraan Rp. 22,5 Juta

3. Pisang Nugget Kece

Yang ditawarkan oleh Pisang Nugget Kece adalah keunikan. Nugget biasanya terbuat dari bahan daging ayam, sapi, atau kelinci, yang ini nuggetnya terbuat dari pisang. Pisang Nugget ternyata sangat diminati oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Rasanya yang dominan manis dan gurih renyah, membuat nugget pisang dijadikan sebagai cemilan penunda lapar di tempat kerja maupun  di rumah. Untuk menjadi mitra bisnis Pisang Nugget Kece Anda perlu membayar biaya kemitraan mulai dari Rp 7,6 Juta

Itulah beberapa jenis waralaba dengan modal investasi yang masih lumayan terjangkau. Sebenarnya masih banyak lagi perusahaan ternama yang menawarkan kerjasama waralaba namun karena biaya investasinya sudah mencapat ratusan juta seperti KFC, Indomaret, What's Up Cafe dan lain sebagainya maka tidak kami bahas lebih lanjut dalam artikel ini

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment