Buka Usaha Laundry Kiloan, Peluang Bisnis yang tak Pernah Sepi

Written by Rendy

Halo Sobat Enterpreneur Squad,

Tema kali kita akan membahas mengenai peluang bisnis yang mudah di jalankan dan kebanyakan dari kita bisa mengerjakan tanpa perlu bakat atau skill tertentu. hahahaha. langsung aja kita ulas.

Semua orang butuh pakaian sebagai manusia yang punya rasa malu dan berbudaya pasti sangat penting. Selain digunakan untuk menutupi bagian dari tubuh kita, ada juga yang menggunakan untuk adu gengsi berbagai merk dan harga yang sangat mahal di pamerkan. Pentingnya menjaga kebersihan pakaian agar terhindar dari noda dan kuman supaya kondisi badan sehat dan bersih, tetapi kebayakan dari kita yang malas mencuci pakaiannya sendiri, karena alasan malas dan kesibukan yang menjadi hambatan untuk menyempatkan waktu mencuci pakaian. Oleh karena itu banyak sebagian orang yang berfikiran (lebih baik menggunakan jasa tukang cuci). Sebenarnya ada sebagian orang yang memilih membayar assisten rumah tangga untuk sekedar mencucikan pakaian mereka.

Tapi, coba kita berhitung hitung berapa pengeluaran yang kita keluarkan untuk mengungakan jasa assisten rumah tangga. Dan bandingkan dengan kita menggunakan jasa laundry kiloan.

Contohnya yang malas atau tidak mempunyai waktu mencuci pakaian sendiri, umumnya memakai jasa pembantu rumah untuk cuci pakaian saja, berkisar antara Rp. 400,000 s/d 500,000 rb perbulan. (paling yang dicuci beberapa helai perhari).

Nah untungnya kalo menggunakan jasa laundry kiloan:

  1. Ga boros listrik 
  2. Bisa Hemat air
  3. Hemat tenaga dan waktu

dari pengalaman saya yang menggunakan jasa laundry, biasanya seminggu cuci semua baju itu totalnya sekitar 12 kg. sekarang kita jumlahkan ya. Kalo perkilo = 6000 + strika
6000 x 12 = 72.000 kita kalikan 1 bulan hasilnya cuma Rp. 288.000 , irit gak tuh dari pada mesti bayar pembantu.

Nah maka itu, banyak orang termasuk saya sendiri, lebih memilih jasa Laundry Kilioan dibandingkan menggunakan jasa assisten rumah tangga untuk mencuci pakaian kita.

Beberapa diantara faktor-faktor yang membuat jasa laundry dibutuhkan

  • Banyaknya mahasiswa dan mahasiswi, para pekerja dan bahkan anggota rumah tangga sekitar kita, yang menggunakan jasa Tukang Cuci.
  • Sulitnya membagi waktu mencuci disela jadwal pekerjaan/pelajaran masyarakat disekitar kita, sehingga jasa Tukang Cuci sangat mereka butuhkan.

Cari dan Pilih Lokasi Laundry

Untuk menentukan lokasi laundry yang tepat, sebelumnya kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Target pasar yang paling cocok dengan bisnis laundry adalah pegawai kantoran, mahasiswa, pasangan muda yang bekerja.

Yang akan jadi Target Pasar :

  1. Mahasiswa
  2. Karyawan/Karyawati
  3. Pegawai Pabrik
  4. Ibu Rumah Tangga yang males nyuci Baju

Masing-masing memiliki profil lokasi yang berbeda-beda tentunya. Kamu yang ingin menyasar pegawai kantoran bisa memilih lokasi di tengah kota yang terdapat banyak kantor dan (tentu saja) kost-kost an karyawan.

Begitu pula dengan kamu yang ingin menyasar mahasiswa, kamu harus memilih lokasi dekat dengan kampus-kampus besar dan banyak kost-kost an di sana. Terakhir untuk yang menyasar pasangan muda, kamu bisa pilih di lokasi perumahan atau area yang memiliki banyak kontrakan.

Trus modalnya apa aja dan berapa?

Kita hitung kasar aja ya, deengan modal kurang lebih 9 jt  lo udah bisa dapet 3 mesin cuci, beserta peralatan setrika baju.
Itu sudah Include Detergen dan Pewangi lainnya. Apa lagi katanya sekarang ada alat namanya EcoBall, yang bisa dipakai cuci tanpa pakai detergen lagi (cari aja digoogle)

- Mesin cuci Dry Wash 80% 3 unit
- Keranjang baju Box
- Setrika
- Papan setrika
- Plastik Kresek
- Plastik bening (Untuk packaging)
- Pewangi 1 Drigen (kalo main bungkusan tekor gan)
- Parfum setrika
- Spanduk
- Stempel
- STT Laundry
- Brosur (perluj nih untuk media promosi)
- Kartu Nama (kalo diperlukan juga boleh)

Biaya bulanan yang umumnya dikeluarkan :

- Detergen
- Pewangi pakaian
- Pelicin pakaian
- Pengharum pakaian
- Plastik roll
- Plastik kresek
- Bensin operasional
- Sewa Tempat
- Listrik
- Gaji Karyawan

Hal yang masih sangat asing pada usaha laundry adalah pencatatan pengeluaran dan pendapatan. Padahal setiap bisnis pasti memerlukan pembukuan untuk pencatatan pengeluaran dan pendapatan pada bisnis tersebut. Kebanyakan bisnis laundry hanya melayani pelanggan dan melakukan pencucian pakaian tanpa tahu berapa banyak biaya yang telah mereka keluarkan untuk setiap pencucian yang mereka lakukan. Belum lagi jika karyawan memanfatkan kondisi tanpa adanya sistem pencatatan untuk berbuat kecurangan yang akan berdampak buruk perusahan.

 
Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment