Cara Bisnis Online Menang Perang Harga Saat Jualan Di Marketplace

Written by Vikrie

Singkat cerita, 3 hari lalu beli Cairan Penghilang Jamur Kaca di Tokopedia. Barang dipesan dengan menggunakan kurir Grab same day. Ya barang sukses saya terima dan langsung pakai di hari itu. Dan seperti yang sudah2, yang jualan di Tokped biasanya begitu barang sampai tanpa cacat = TRANSAKSI SELESAI. Kalaupun ada kendala, mereka cenderung menunggu buyer yang bertanya duluan supaya mereka bisa bantu jawab. Ya efek perang harga di marketplace Indonesia memang membuat mereka cenderung cuek dalam sisi layanan. Terkesan mereka hanya "Nguber Omset" tanpa perlu mikirin pelayanan ke customernya. Apakah betul begitu?

Ya saya sudah transaksi ratusan kali di Tokopedia. Malah ada pengalaman buruk ketika beli Samsung Tab S3 Bekas 2 tahun lalu, ketika sudah terima barang, saya langsung nyalakan dan coba install macam2 aman, akhirnya saya klik "Pesanan Selesai". Sampai pada akhirnya saya sadar bahwa plastik yang nempel di layar yg awalnya saya kira untuk melindungi layar seperti halnya HP baru, ternyata malah trik untuk menutupi adanya masalah di layar amolednya. Yes, Tab yang baru saya beli tersebut ternyata kena Shadow. Layarnya burn in! Hm.. Masalah baru saja dimulai. Yang saya sesalkan, saya sudah buat transaksi selesai.

Saya Chat & Posting di diskusi keluhan saya ke si seller. Betul saja, tidak digubris sama sekali. Alhasil nilai ganti layar Amoled pun pada akhirnya hampir 70% dari harga si Tablet yang saya beli tersebut. Dan si penjual sama sekali tidak peduli, karena uang pembelian saya sudah otomatis terproses kepada si penjual.

Ya, pengalaman buruk ini menjadikan saya berpikir bahwa marketplace adalah tempat saya belanja dan saya harus siap dengan segala resikonya. Namun tentu saja resiko terburuk ditipu mentah-mentah sangat bisa diminimalisir dengan SOP belanja marketplace saat ini. Yang paling perlu diwaspadai adalah pastikan barang yang kita terima betul-betul berjalan normal dan sesuai deskripsi yang dijelaskan oleh si seller.

Biar bagaimanapun, tetap saja Marketplace juga tempat yang kejam bagi si penjual itu sendiri. Pebisnis online berlomba "perang harga". Mindset mereka masih seperti layaknya jualan di pasar. Banting Harga = Laku Keras! Alhasil banyak hal yang pada akhirnya dikorbankan. Baik dari sisi kualitas si barang itu sendiri, maupun dari sisi Servis. Sangat disayangkan ini yang malah kejadian.

Fokus Seller Marketplace pada akhirnya hanya memikirkan Omset. Padahal dengan adanya marketplace mereka sudah bisa banyak berhemat. Mereka tidak perlu bayar sewa toko mahal, tidak perlu bayar banyak Sales untuk narik Customer, namun sayangnya kebanyakan malah jadinya mengabaikan Service yang berujung pada Kepuasan Pelanggan.

Sampai pada suatu hari, yang membuat saya akhirnya menulis tulisan ini dan melanjutkan kisah saat saya belanja Cairan Pembersih Jamur Kaca di paragraf awal, saya akhirnya ketemu juga seorang seller yang betul-betul concern juga terhadap pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hanya karena screenshot Whatsapp dari si seller berikut ini :

Ya, ternyata ada cara lain untuk menang persaingan perang harga di marketplace. Jika banyak orang menjual produk yang sama, dengan harga yang sama, atau lebih murah sekalipun, tetap ada cara lain yang paling ampuh untuk bersaing. Yakni dengan menomor satukan kepuasan pelanggan. Dengan sekedar mengirimkan Whatsapp diatas, si seller juga sekaligus ajak buyer untuk mengingat nama tokonya. Bukan nama marketplacenya. Ini strategi sederhana yang akan berdampak signifikan terhadap bisnis online yang Anda jalanin bukan?

Dengan kesuksesan Anda memberikan pengalaman belanja dan servis terbaik kepada pelanggan, akan menjadi sebuah cerita dan pengalaman tersendiri bagi si pelanggan. Kalau bisa malah buat pengalamannya tidak terlupakan ketika belanja dari Anda. Jika sebuah Bisnis Online bisa meberikan hal tersebut, jangan kaget jika nantinya Pelanggan sendiri yang akan mendatangkan penjualan berikutnya ke bisnis Anda. Ya mereka akan dengan mudah bercerita tentang produk dan layanan Anda kepada orang lain yang bisa jadi adalah "Your Next Unlimited Customer".

Selamat memberikan Service Terbaik kepada pelanggan Anda. Oiya, Anda juga bisa terus mendapatkan insight menarik seputar dunia Bisnis UKM Indonesia dengan bergabung di Channel Telegram Entrepreneur Squad

Vikrie
A lifetime learner, Full passionate Marketer

About the author

Vikrie

A lifetime learner, Full passionate Marketer

Leave a Comment