Cara Membuat Laporan Keuangan untuk Orang Awam

Written by Anto

Laporan keuangan adalah hal wajib yang harus dibuat dalam sebuah perusahaan jika ingin mengetahui pertumbuhan bisnisnya dari waktu ke waktu, minimal bisa mengetahui kesehatan keuangan perusahaan saat ini. Namun untuk membuat sebuah laporan keuangan dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang akuntansi keuangan. Tidak jarang pebisnis yang buta atau awam mengenai ilmu akuntansi sehingga dalam menjalankan usahanya tidak melakukan pembukuan keuangan dengan benar. Padahal dengan pembukuan yang benar dan laporan keuangan yang sederhana sudah cukup membantu pengusaha dalam mengontol keuangan perusahaannya dan melakukan perencanaan demi pengembangan usaha menjadi lebih besar lagi. ALih-alih mengontrol keuangan usaha, laporan keuangan juga bisa mengantisipasi adanya kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh karyawan dalam sebuah perusahaan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat mengenai cara membuat laporan keuangan untuk orang awam yang tidak mengerti ilmu akuntansi.

Syarat Membuat Laporan Keuangan

Sebelum membahas cara membuat laporan keuangan secara mudah untuk orang awam, sebaiknya Anda penuhi terlebih dahulu data-data apa saja yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan.

1. Data atau Daftar Akun

Mungkin sebagian kecil dari Anda ada yang bertanya, "daftar akun itu apa?" Daftar akun adalah daftar penamaan akun atau pos-pos yang akan digunakan untuk mencatat transaksi dan laporan keuangan. Sebagai contoh daftar akun adalah sebagai berikut:

  • Bank BCA
  • Kas Kecil
  • Biaya Listrik
  • Biaya Gaji
  • Piutang Usaha
  • Hutang Usaha
  • dan lain sebagainya

Itulah beberapa contoh daftar akun yang harus Anda siapkan jika ingin membuat laporan keuangan.

2. Daftar Barang atau Jasa yang Anda jual.

Sebagian besar perusahaan pasti memiliki daftar barang atau nama jasa yang dijual. Dan ini wajib Anda siapkan sebelum membuat laporan keuangan yang lengkap dan mudah

3. Daftar Pemasok dan Daftar Pelanggan 

Setiap perusahaan diwajibkan memiliki pemasok agar dapat membuat pembukuan usaha dan laporan keuangan, minimal pemasok umum dan pelanggan umum jika tidak memiliki pemasok dan pelanggan yang tetap.

Langkah Mudah membuat Laporan Keuangan dengan Bantuan Aplikasi

Jika semua data persyaratan di atas sudah tersedia, sekarang saatnya Anda mempraktekkan untuk membuat laporan keuangan menggunakan aplikasi. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini adalah aplikasi yang didesain khusus untuk orang yang awam terhadap ilmu akuntansi. Jadi caranya cukup mudah hanya ikuti video panduan dan Anda bisa langsung mendapatkan laporan keuangan yang Anda perlukan. Panduan lengkap menggunakan aplikasi ini bisa Anda akses secara gratis dalam link ini 

https://accurateonline.id/video-panduan-accurate-online/

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment