CARA MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

Written by Rendy

Bagaimana cara menyusun laporan keuangan dagang yang benar?

Laporan keuangan adalah sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dalam sebuah bisnis, tak terkecuali perusahaan dagang. Namun perlu kamu ketahui apa itu perusahaan dagang? laporan keuangan perusahaan dagang? dan bagaimana cara membuatnya?
Apa itu perusahaan dagang?
Perusahan dagang adalah perusahaan yang menjual sebuah produk dari pemasok ke konsumen dengan tujuan mendapat keuntungan harga dari selisih penjualan. Nah, jika kamu menjual sebuah barang, baik itu barang atau jasa, maka kamu adalah pengusaha sebuah perusahaan dagang. Dalam perusahaan dagang yang profesional, kamu harus tahu cara membuat laporan keuangan secara terperinci dan lengkap. Tak hanya itu, kamu juga harus paham apa saja informasi yang tertera pada laporan keuangan perusahaan dagang tersebut.
Tentang Laporan Keuangan
Laporan keuangan dalam bahasa Inggris disebut financial statement, adalah sebuah penyajian dari posisi keuangan perusahaan. Tentunya laporan keuangan memiliki manfaat bagi perusahaan karena bisa melihat keadaan perusahan apakah dalam kondisi sehat atau sebaliknya dan juga menjadi landasan pengusaha mengambil keputusan serta  .
Ada beberapa jenis laporan keuangan yang sebaiknya disiapkan oleh pengusaha secara rutin, yakni: laporan laba rugi, perubahan ekuitas, laporan arus kas, neraca, laporan piutang, laporan hutang, dan laporan persediaan stok barang.

Laporan Laba-Rugi

adalah bagian dari laporan keuangan pada suatu perusahaan yang dihasilkan dalam periode jangka waktu tertentu yang memberikan informasi seputar pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.Dalam laporan ini, kamu bisa mengetahui sejauh mana perusahaan bisa menghasilkan laba atau justru malah merugi. Nah, beerikut contoh laporan laba-rugi
Contoh laporan laba-rugi

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (cash flow) biasanya dibuat untuk mengetahui sejauh mana aliran uang ini seimbang dan baik untuk perusahaan dengan menunjukkan hasil positif. Laporan ini terdiri dari beban - beban perusahaan, hutang perusahaan dan pengambilan keuntungan (prive).
Contoh laporan arus kas

Neraca

Neraca menginformasikan kepada kamu tentang aktiva (harta), kewajiban, modal saham pada periode waktu tertentu. Dalam istilah laporan keuangan, neraca juga disebut sebagai Buku Besar ( balance sheet ). Adapun fungsi neraca ini untuk menakar kesehatan keuangan perusahaan, meramalkan keadaan arus kas di masa depan dan menganalisa likuiditas dan fleksibilitas perusahan. Persamaan dasarnya yakni:
Aktiva = Kewajiban + Modal
Contoh neraca :

Laporan Piutang

Laporan ini menginformasikan tentang daftar transaksi yang masih belum dibayar oleh pelanggan, serta juga meberikan informasi saldo terakhir  piutang dari masing-masing pelanggan disebut juga piutang perusahaan. Tentu saja laporan piutang bisa memudahkan kamu dalam menagih setiap piutang kepada pelanggan.
Contoh laporan piutang:

Laporan Hutang

Sama seperti laporan piutang. Bedanya dalam laporan ini, kamu bisa melihat sejauh mana hutang berkurang atau justru bertambah kepada supplier.
Contoh laporan hutang:

Laporan Persediaan Stok Barang

Dalam laporan ini, kamu bisa melihat rincian stok barang, harga penjualannya, stok awal, pembelian barang, retur penjualan/pembelian, penjualan, hingga stok akhir.
Contoh laporan persediaan stok barang

Setelah membaca bagaimana pendapat kamu, apakah kamu masih merasa ini terlalu rumit? Jika kamu adalah pengusaha yang tidak memiliki background akuntansi pasti pusing yaa? Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang tentu memperlukan pengetahuan selain itu juga memakan cukup banyak waktu dan tenaga.
Tapi jangan khawatir, ada kabar baik nih,, saya akan berikan 2 solusi untuk kamu.

  1. Pertama kamu membutuhkan skill dari seorang akuntan agar laporan keuangan yang dibuat tidak memiliki banyak kekeliruan. Pasalnya, jika kekeliruan berakibat fatal akan menimbulkan kerugian, baik secara finansial atau tidak.
  2. Memanfaatkan software akuntansi, kamu dapat menyusun laporan keuangan perusahaan secara cepat, akurat, dan hemat sebab tidak perlu merekrut terlalu banyak staf akuntan. (Rekomendasi Penulis) nih cobain software akuntansi online gratis Klik Disini

Baca Juga : Pentingnya Sistem Akuntansi dalam Membangung Bisnis 

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment