Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha melalui Crowdfunding

Written by Yopi

Modal itu dapat diibaratkan seperti sebuah akar pohon. Apabila akar pohon tidak kuat, maka pohon itu tidak dapat berdiri dengan kokoh untuk menopang batang, daun, dan rantingnya. Begitu juga dengan bisnis, tanpa modal yang cukup maka bisnis pun rasanya akan sangat sulit berkembang. Dalam dunia bisnis, ide-ide inovatif saja tidaklah cukup jika tidak didukung dengan modal usaha

Untuk mendapatkan modal usaha, Anda dapat memperoleh pinjaman dari beberapa lembaga finance seperti bank swasta, bank pemerintah ataupun lembaga finance non bank lainnya seperti Indosurya Finance, Adira finance, Mandiri Tunas Finance, Astra Sedaya Finance. Pinjaman melalui lembaga tentu akan dikenakan biaya bunga yang besarannya masing-masing lembaga bisa berbeda.

Memperoleh modal usaha juga bisa didapat menggunakan cara crowdfunding dari orang-orang yang akan mau mendanai proyek Anda secara bersama-sama. Dengan memperoleh modah usaha melaui corwdfunding tentu kita akan diuntungkan karena membayar bunga yang lebih kecil jika dibandingkan memperoleh pinjaman melalui bank atau lembaga finance swasta

Apa itu Crowdfunding.? Crowdfunding atau urun dana adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru. Umumnya, penggalangan dana ini dilakukan melalui internet. crowdfunding memanfaatkan aksesbilitas yang mudah dari jaringan luas melalui media sosial dan situs web crowdfunding untuk menyatukan investor dengan pengusaha.

Anda membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, berikut cara mudah mendapatkan modal usaha melalui crowdfunding:

Pertama: Membuat Proposal

Membuat proposal usaha yang menarik, interaktif, dan informatif. Proposal yang diajukan sebaiknya berisi tentang informasi detail mengenai prospek bisnis ke depannya. Mulai dari jenis bisnis, proses manajemen, proses pemasaran, dan tujuan utama dari bisnis yang dijalankan. Sajikan informasi tersebut secara detail dan lengkap melalui teks atau tulisan, gambar, maupun video.

Kedua: Membuat / Memiliki Laporan Keuangan

Laporan keuangan tentu sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. baik untuk Anda seorang Direktur/pemimpin perusahaan, para pemegang saham, pemerintah ataupun Anda yang sedang membutuhkan modal usaha. Laporan keuangan lengkap, penting untuk mengetahui nilai aset yang dimiliki "Jadi pastikan Anda memiliki Laporan Keuangan". Untuk yang belum memiliki Laporan keuangan Anda dapat dengan mudah membuat laporan keuangan melalui Software Accurate Online

Ketiga: Mendaftar ke website Crowdfunding

Proposal yang sudah selesai dibuat dapat langsung didaftarkan ke salah satu situs Crowdfunding yang ada di Indonesia. Pilihlah sekiranya situs Crowdfunding yang terpercaya dan sudah terkenal karena di situs itulah para pemilik modal biasanya berkumpul. Contohnya: https://www.kitabisa.com/, https://www.akseleran.com/, https://gandengtangan.co.id/, https://www.kolase.com/.  

Keempat: Uploud dan Pantau Proposal

Setelah menemukan situs crowdfunding, unggahlah proposal yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan kampanye dari proposal yang diunggah tadi. Apabila salah seorang pemilik modal bertanya mengenai prospek usaha yang tertera di crowdfunding, jawablah dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu melebih-lebihkan bisnis yang akan dijalankan karena hal ini justru akan membuat pemilik modal agak ragu dengan prospek bisnis Anda

Crowdfunding mendorong para inovator untuk menciptakan suatu karya inovasi. Karenanya siapapun dapat menjadi pencipta proyek dan mengajukan suntikan dana crowdfunding. Namun tidak semua ide brilian dapat berhasil menggalang dukungan yang besar jika ide kurang berhasil menarik minat para pendukung.

Dengan banyaknya pilihan situs crowdfunding sebagai sarana mendapatkan dukungan, jadi tidak ada alasan tak bisa bikin usaha karena belum punya modalkan.

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment