Daftar Peluang Usaha Ternak di Lahan Sempit Dengan Modal Kecil

daftar usaha ternak
Written by Rendy

Usaha Peternakan Ternyata Bisa Dilakukan di Lahan Sempit dengan Modal Kecil Loh

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang peluang usaha dalam bidang peternak. Mempunyai usaha peternak hewan memiliki prospek usaha yang cerah, dari pengamatan penulis bisnis model seperti ini tak pernah sepi peminat dan pembeli. 

Tetapi kebanyakan orang beranggapan kalau usaha peternakan hanya bisa dikembangkan di daerah desa yang  memiliki lahan yang luas. Tapi faktanya anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Memulai usaha budidaya di lahan yang sempit memerlukan pertimbangan yang matang. Ternyata ada beberapa jenis usaha ternak dilakukan di lahan sempit (tidak memperlukan lahan yang luas). Pada tulisan ini penulis mencoba akan berbagi informasi kepada kamu mengenai usaha ternak menguntungkan yang bisa dilakukan di lahan sempit yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi. Berikut adalah beberapa daftar peluang usaha ternak yang cocok di lahan yang sempit:

1. Ternak Ikan Hias

ternak ikan hias

Usaha ternak ikan hias sekarang menjadi begitu populer dan bisa dianggap sebagai tren bisnis peternakan yang menjanjikan. Budidaya ikan hias tidak memerlukan lahan yang luas, hal ini meneybabkan banyak orang mulai mencoba menekuni usaha ini.

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan, seperti ikan koi, ikan arwana, kan guppy, ikan cupang dan masih banyak lagi. Harga ikan hias juga bervariasi tergantung jenisnya dari harga yang murah sampai bisa ratusan juta, jadi tidak salah ternak ikan hias dijadikan sebagai peluang plihan bisnis kamu 

2. Ternak Jangkrik

ternak jangkrik

Krik krik krik... suara jangkrik serangga satu ini terdapat hampir di seluruh dunia, terutama di wilayah beriklim tropis. Siapa sih yang tidak pernah melihat jangkrik?? Tapi binatang ini biasanya dimusuhi oleh para petani dianggap sebagai hama karena menjadi aktor utama dibalik kerusakan tanaman. Tapi jangan salah ternayata hewan satu ini mempunyai prospek yang menjanjikan jika dikembangbiakan. karena jangrik adalah sumber makanan yang bergizi bagi para burung kicau. nah mungkin kamu mau mengambil peluang dari bisnis hewan ini.

3. Ternak Kroto

ternak kroto

Ada yang tau nama lain dari telur semut?  Bagi mereka para peternak burung dan pembudidaya ikan menggunakan kroto sebagai pakan guna meningatkan kualitas ternakannya. Hal ini membuat peluang ternak kroto menjadi sangat menjanjikan.

Bagi sebagian pihak yang menyukai burung atau ikan hias, mereka tidak akan segan untuk membeli kroto yang harganya tinggi ini. Karena masih kurangnya peternak semut rangrang membuat harga kroto tidak stabil. Jadi ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan di lahan yang sempit, kemudian yang menarik semut rangrang dapat dibudidayakan hanya dengan menggunakan toples kaca.
 

4. Ternak Belut Menggunakan Tong

ternak belut

Belut adalah jenis ikan tawar yang kaya akan protein. Belut biasa hidup pada rawa yang banyak lumpurnya atau di sawah. Belut sangat diminati oleh masyarakat indonesia, namun harga belut sangatlah mahal karena masih sedikitnya pemasok belut ke pasaran. Tapi tahukah anda kalau sebenarnya belut bisa dibudidayakan dengan tong? Ini bisa dijadikan ide usaha yang sangat menjanjikan.

Tidak perlu membuat kolam, saat ini sudah banyak orang yang menggeluti usaha ternak belut dan hanya bermodalkan tong atau drum plastik. Ini adalah terobosan baru yang sebenarnya dapat anda tiru dan kemudian anda bisa mulai membudidayakan belut di sekitar halaman rumah anda.

5. Ternak Ikan Lele Kolam Terpal

ternak lele

Tidak hanya belut, sekarang ikan lele juga sudah mulai dibudidayakan di lahan yang secukupnya. jika dulu lele hanya bisa dikembangbiakan di kolam maka sekarang tidak perlu repot lagi, hanya memerlukan kolam terpal.

Ikan lele adalah sepesies ikan yang paling tahan dalam berbagai lingkungan dan kondisi air, ini membuat usaha ternak lele sangat cocok untuk dicoba. Dengan luas lahan 20×20 meter anda sudah bisa membuat beberapa kolam ikan lele dari trepal, baik itu kolam penangkaran hingga kolam pembesaran ikan lele.

6. Ternak Kelinci

ternak kelinci

Sudah dari dulu kelinci dijadikan sebagai usaha sampingan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Usaha ini sangat mudah karena tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak, apalagi sekarang makanan kelinci bisa di dapatkan dengan mudah di pasar, dan anda juga bisa memberikan kelinci berupa pakan pelet.

Ada dua jenis kelinci yang dapat dibudidayakan, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Kelinci pedaging dimanfaatkan dagingnya, sedangkan kelinci hias tidak dan hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja. Nah silahkan putuskan jenis mana yang ingin anda budidayakan karena keduanya sama-sama menguntungkan.

7. Ternak Lebah Madu

ternak madu

Minuman yang satu ini sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ada juga yang menjadikannya obat untuk penyakit. Khasiat yang sangat banyak menjadikan madu dicari banyak orang. Hal tersebut bisa di manfaatkan sebagai peluang usaha untuk budidaya lebah

Keuntungan budidaya lebah madu sangat banyak, yaitu modal terjangkau dan dapat dibudidayakan di lahan yang sempit. Anda juga tidak perlu repot memberikan pakan, karena lebah madu akan mencari makanannya sendiri.

Nah itulah rekomendasi dari penulis, daftar ide bisnis usaha ternak di lahan yang tidak terlalu besar. kamu bisa lakukan di lahan sempit dengan modal kecil jadi silahkan kamu coba . Selanjutnya tinggal kamu putuskan pilihan bisnis yang cocok untuk kamu, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan. Jika dilakukan dengan serius, peluang usaha yang satu ini bisa menghasilkan pendapatan yang mungkin akan melebihi pendapatan yang kamu terima setiap bulan dari perusahaan tempat kamu bekerja. Apapun peluang usaha yang , kamu jalani, aturlah semua keuangan dengan baik dan benar agar usaha dapat berjalan lancar. Rekomendasi untuk kamu yang mempunyai usaha tapi di sini.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment