Eranya Bisnis Kecil Tumbuh Besar

Written by Anto

Perusahaan Minimarket Makin Berkembang di Saat Perusahaan Ritel Besar Banyak yang Tumbang

Halo guys, dengan membaca headline dalam artikel ini kalian pasti langusng teringat kepada berita yang beredar beberapa bulan lalu terkait  banyaknya perusahaan ritel besar yang pada tutup. Setelah Hero Supermarket dan Seven Eleven menutup gerainya di tanah air, kini kembali kita mendengar berita bahwa Giant menutup beberapa gerainya. Wah wah wah, apakah ini pertanda memburuknya perekonomian di Indonesia? seharusnya enggak juga sih yah, buktinya di tengah banyaknya perusahaan ritel yang tumbang dan menutup gerainya, justru makin banyaknya minimarket yang bertebaran di sekitar permukiman penduduk bahkan di sepanjang jalan kota dan pedesaan dengan mudahnya kita bisa menemukan minimarket.

Masalah Efisiensi

Dikutip dari AKURAT.CO Konsultan properti  Colliers International menyatakan kinerja sejumlah perusahaan ritel besar dinilai kurang berkembang selama beberapa waktu terakhir karena banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja di minimarket terdekat untuk alasan efisiensi. Masyarakat juga cenderung lebih suka belanja melalui online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jika barang yang diperlukan tidak ada di minimarket terdekat.

Menurut Ferry Salanto, kinerja perusahaan ritel pada saat ini umumnya tidak banyak pergerakan karena dinilai berada dalam kondisi yang dinilai "begitu-begitu saja".

Ia juga berpendapat bahwa berbagai toko ritel berukuran sangat besar sudah mulai ditinggalkan karena langkah ekspansif dari perusahaan ritel toko kecil, karena sejatinya orang lebih banyak melihat dari sisi kepraktisan.

Misalnya kita malas ke toko ritel besar karena waktunya lama, cari parkir susah, dan pilihannya lebih banyak.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai penutupan beberapa gerai ritel modern seperti Giant disebabkan oleh persaingan bisnis yang makin ketat apalagi muncul toko online yang kian mewabah.

"Itu hasil dari persaingan, kalau ada yang kalah dalam bersaing jelas normal," ujar Darmin.

Ia pun menyatakan bahwa saat ini persaingan bisnis ritel modern sangat ketat, karena pelaku industri saling berlomba-lomba untuk menawarkan layanan terbaik kepada konsumen, untuk itu, ia meminta tidak ada hal yang dirisaukan dari persaingan bisnis ritel tersebut, karena ini merupakan bagian dari dinamika kegiatan ekonomi.

Pentingnya Ekspansi di Era Digital

Kalau kita amati, goal dari minimarket terutama 2 minimarket ternama yang ada di Indonesia adalah ekspansi seluas-luasnya. Mereka mencoba mendekatkan diri sedekat-dekatnya dengan konsumennya karena sepertinya mereka mengetahui bahwa masyarakat sekarang lebih peduli dengan efisiensi. Dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari di minimarket terdekat akan menghemat waktu dan tenaga serta biaya dari pada mereka harus berjuang dengan kemacetan ataupun membayar biaya parkir yang mahal dan menghadapi ujian antrian kasir yang panjang jika belanja di perusahaan ritel besar seperti supermarket.

Meniru Kesuksesan Minimarket

Jika dulu para pengusaha berpikir memperbesar bisnisnya, mungkin sekarang harus mengubah mindset jika usahanya ingin tumbuh dengan memperluas jangkauan bisnisnya. Salah satu cara adalah seperti yang dilakukan oleh minimarket yaitu melakukan ekspansi atau membuka cabang di berbagai tempat strategis demi menjangkau pasar yang lebih luas. Selain dengan cara membuka cabang, perusahaan juga bisa memikirkan bagaimana caranya agar jangkauan pasar bisa lebih luas lagi seperti yang dilakukan oleh Matahari Departement Store. Saat ini selain konsumen bisa berbelanja di Matahari Departement Store yang biasanya ada di Mal, kita juga bisa berbelanja di matahari.com (Matahari Mall Online) ini merupakan salah satu langkah inovatif untuk tetap bersaing di era digital.

Pentingnya Sistem Online Pembukuan Usaha 

Jangan pernah anggap remeh masalah pembukuan usaha. Jika Anda berniat untuk berekspansi dan memperluas bisnis tentu harus ditunjang dengan sistem administrasi yang ketat jika tidak mau kehilangan kontrol yang bisa merugikan perusahaan Anda sendiri. Sistem stok, penjualan, sampai laporan keuangan harus tersedia dalam kontrol Anda. Dahulu untuk mendapatkan sistem penjualan ritel online antar cabang, perusahaan perlu mengeluarkan modal ratusan juta bahkan milliaran rupiah. Namun dengan kemajuan teknologi, sekarang sistem menjadi jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang justru lebih baik. Salah satu sistem keuangan yang saat ini menjadi andalan para UKM adalah Accurate Online.

Accurate Online banyak dipilih oleh pengusaha UKM karena selain harganya yang hanya ratusan ribu rupiah, fitur yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan UKM di Indonesia hingga 90%. Selain itu katanya Accurate Online ini sudah sesuai dengan PSAK Indonesa karena memang asli buatan Indonesia. Jika status Anda adalah pengusaha UKM dan saat ini memang sedang mencari sistem untuk pembukuan usaha Anda tidak ada salahnya Anda mencoba sistem Accurate Online secara gratis melalui website resminya yaitu https://accurateonline.id.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial Anda seperti facebook atau twitter jika merasa artikel ini bermanfaat.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment