Fakta dan Mitos Seputar Dunia Bisnis

Hallo Entrepreneur, banyak sekali fakta dan mitos seputar dunia bisnis, terutama bagi Anda yang baru akan memulai membangun sebuah bisnis, apapun jenis bisnisnya, mitos dan faktanya akan selalu ada, walaupun terkadang hal tersebut tidak terjadi bagi sebagian orang.

Sebelum memulai dan menjalankan bisnis, biasanya mereka akan mencari tahu dan menggali lebih dalam untuk mendapatkan informasi serta belajar tentang bisnis yang akan dijalankan. Di masa penggalian informasi dan pembelajaran mereka, ada berbagai macam mitos dan fakta berkaitan dengan dunia bisnis yang mereka temukan. Menarik untuk disimak, berikut Mitos dan Fakta seputar dunia bisnis:

1. Harus Punya Modal Uang untuk Membangun Bisnis

Bagi sebagian orang  ini bisa menjadi sebuah fakta, dan bagi sebagian orang lainnya ini bisa saja hanya menjadi sebuah mitos. Tidak memiliki modal bukan berarti Anda tidak akan memiliki sebuah bisnis. Terkadang ide - ide cerdas yang Anda tawarkan dalam sebuah proposal dapat menarik beberapa investor yang ingin bermitra dengan Anda dan mengeksekusi ide bisnis Anda.

Kelihatannya terkesan sangat mudah, fakta di lapangan pun terkadang banyak orang yang memiliki modal tetapi kesulitan mencari ide - ide bisnis. Nah hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mencati partner bisnis untuk mendapatkan modal usaha untuk mengeksekusi bisnis Anda.

2. Harus Punya Stok Barang

Apakah Anda sudah yakin kepingin punya stok persediaan barang yang banyak? Untuk Anda yang berbisnis sebagai distributor atau perusahaan dagang mungkin ya membutuhkan stok persediaan, tetapi Anda juga perlu memperhatikan pergerakan barang, jangan sampai usia persediaan barang terlalu lama di dalam gudang.

Fakta menunjukan bahwa biaya sewa gudang sangat mahal loh Bro! Fakta juga menunjukan bahwa banyak perusahaan membeli barang hanya ketika barang tersebut dibutuhkan (Just In Time), dan banyak pula yang memilih untuk melakukan dropshiper. Hal tersebut dilakukan agar tetap dapat melakukan penjualan walau tidak memilik stok persedian dan untuk menghindari biaya sewa gudang yang mahal.

3. Harus Rekrut Karyawan

Apakah Anda membutuhkan beberapa orang karyawan untuk membantu mempermudah proses bisnis yang akan dijalankan. Memiliki karyawan yang terampil dan dapat di percaya tentu akan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehingga produk yang dihasilkan atau proyek yang dikerjakan selesai sesuai dengan waktu yang sudah di tetapkan.

Memiliki karyawan harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, faktanya jumlah karyawan yang banyak belum tentu akan meningkatkan produktifitas begitupun sebaliknya dengan jumlah karyawan yang sedikit belum tentu juga tidak mencapai target- target yang sudah ditetapkan.

4. Harus Punya Bisnis Plan yang Lengkap

Bisa Anda bayangkan kalau Anda harus punya bisnis plan yang lengkap, dari A sampai Z, seperti yang para trainer sukses anjurkan. Yang ada belum memulai bisnisnya saja sudah bikin kepala sakit, apalagi menjalankan bisnisnya..

Tapi apakah benar tentang mitos ini? Anda boleh saja punya plan bisnis, tapi ingat, tidak harus selengkap mungkin. Untuk awalnya, cukup plan yang sederhana saja. Yang terpenting adalah plan yang dibuat harus bisa menjelaskan misi, visi, dari bisnis yang akan dijalankan

5. Harus Menggunakan Sistem

Nah! kalau ini adalah Mitos yang Saya buat untuk Anda semua sebagai calon entrepreneur, ataupun untuk Anda yang sudah menjadi entrepreneur. Kenapa Anda harus menggunakan sistem? Karena Faktanya setiap perusahaan atau apapun jenis usaha yang Anda lakukan harus memiliki Laporan Keuangan.

Laporan Keuangan memiliki peran yang sangat penting untuk pengambilan keputusan usaha. Dengan memiliki Laporan Keuangan Anda dapat mengetahui nilai aset perusahaan dan kewajiban perusahaan berkaitan dengan pajak yang harus dibayar kepada Pemerintah.

Untuk membuat Laporan Keuangan pasti sangat rumit, membutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup lama dan harus menggunakan jasa profesional unyuk membuat Laporan Keuangan. Berikut Rekomendasi Software Akuntansi ACCURATE untuk memudahkan Anda membuat Laporan Keuangan.

Kesimpulan

Mitos bisa menjadi sebuah fakta walaupun itu tidak selamanya benar, mitos yang baik dapat di adopsi dan digunakan untuk keperluan bisnis yang akan Anda jalankan. Tetap semangat #UKM Hebat No Debat

Yopi
Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

About the author

Yopi

Konsultan Bisnis
Investor Perusahaan Terbuka
085219268059

Leave a Comment