Fungsi Dan Tujuan Laporan Keuangan dalam Menjalankan Bisnis

Written by Rendy

Seberapa Pentingkah Laporan Keuangan dalam Menjalankan bisnis ?

Dalam membangun sebuah usaha membutuhkan ketelitian dan perhitungan yang matang, setiap transaksi keuangan yang terjadi harus dicatat. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh Pengusaha karena tidak sedikit disaat usaha sudah berkembang, sering kali pemilik tidak memiliki waktu untuk melakukan pencatatan. Pada akhirnya pencatatan transaksi sering terabaikan dan menjadi tidak tertib, sehingga akan menyulitkan pemilik dalam menganalisa perkembangan bisnis yang sedang dirintis.

Pengertian Laporan Keuangan

Adalah pencatatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan
Dengan adanya laporan keuangan, Pemilik usaha dapat mengetahui kondisi terkini pada perusahaannya berdasarkan data- data aktual yang diperoleh selama proses kegiatan usaha berlangsung .Tanpa adanya laporan keuangan, perusahaan akan kesulitan menganalisa apa yang terjadi pada bisnis yang sedang dijalankanya.

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Pencatatan sangatlah penting, terlebih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak pelaku bisnis pemula yang sering melupakan pencatatan keuangan bisnis yang sedang mereka jalankan. Ketika usaha semakin maju dan membutuhkan modal, ketika melakukan pengajuan pinjaman ke bank, laporan keuangan bisnis lah yang akan dilihat oleh pihak perbankan. Oleh karena itu, setiap usaha harus mempunyai pencatatan keuangan berkala serta rapih

  • Laporan Penjualan


Laporan penjualan adalah kumpulan sumber data penjualan yang disusun dan diinformasikan Laporan penjualan juga berperan penting untuk mengambilan keputusan dalam bentuk pemasaran, harga, serta metode penjualan. Laporan penjualan memiliki fungsi penting dan harus benar-benar akurat tanpa adanya kesalahan.

  • Laporan Laba Rugi ( Profit and Loss )


Laba atau rugi merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh perusahaan, untuk melihat apakah kegiatan operasional yang dilakukan selama ini berhasil atau tidak. Laporan laba rugi juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai hasil yang didapat oleh perusahaan dalam periode tertentu, apakah mendapat laba atau justru merugi.

  • Laporan Neraca (Balance Sheet)


Neraca atau dalam istilah akuntansi disebut balance sheet merupakan laporan yang berfungsi menunjukkan posisi dan kondisi perusahaan dalam periode tertentu. Posisi dan kondisi perusahaan ini dilihat dari harta atau aset apa saja yang dimiliki perusahaan, seberapa besar kewajiban atau hutang yang dimiliki perusahaan terhadap perusahaan lain, dan berapa banyak modal yang terkumpul oleh perusahaan

  • Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)


Sangat penting untuk mengetahui perputaran arus dana yang berada di perusahaan, kemana dana atau kas pergi dan dari mana kas masuk.  Supaya perusahaan dapat mengontrol keuangan dan Kas perusahaan yang dimiliki. Laporan arus kas atau Cash Flow berfungsi untuk memberikan informasi mengenai arus kas masuk dan kas keluar.

Baca Juga : Pentingnya Sistem Akuntansi dalam Membangung Bisnis 

Peran laporan keuangan dalam usaha sangatlah penting, sama hal seperti di saat kita berkendara dengan menggunakan mobil kita harus melihat kondisi mobil untuk bisa berjalan dengan baik, seperti informasi kecepatan laju mobil dan jumlah ketersediaan Bahan Bakar agar bisa selamat sampai tujuan akhir.
Coba bayangkan kalau Usaha tanpa adanya Laporan Keuangan, kira-kira apa hasilnya yang akan terjadi ya. hehehe]]>

Rendy

About the author

Rendy

Leave a Comment