Gagal Dalam Membangun Bisnis Online, Ini Sebabnya!

Written by Karunia

Ingin memulai sebuah jual beli online atau bisnis e-commerce bisa menjadi solusi bisnis yang membutuhkan sedikit modal, cepat, dan relatif mudah dijalankan. Tapi menjalankan bisnis online ini juga mempunyai tingkat kegagalan yang sangat tinggi yaitu mencapai 80 persen, menciptakan bisnis online yang sukses adalah lebih menantang daripada beberapa bisnis lain.

Meskipun setiap bisnis baru memiliki sisi keunikan tersediri seperti halnya bisnis online, tapi tetap bisnis tersebut memiliki resiko kegagalan. Dengan mengetahui fakta tersebut, di sini Entrepreneur Squad akan memberikan beberapa hal yang menyebabkan mengapa bisnis toko online Anda gagal. Semoga dengan beberapa tips dibawah ini dapat menjadikan Anda yang akan memulai bisnis online atau yang sedang menjalankan bisnis oline bisa menghindari sebab-sebab kegagalan dan meraih sukses dengan toko online Anda.

1. Kurangnya Pengetahuan

Anda wajib dan harus punya pengetahuan pada apa yang akan Anda kerjakan. Tidak harus menguasai semua, tapi Anda wajib untuk mengetahui bidang yang sedang Anda kerjakan. Hal ini bisa diperoleh dengan mencari course terkait ataupun mencari mentor yang bersedia membantu Anda. Bukan yang justru akan menipu dan memanfaatkan Anda.

2. Minim Investasi

Membuat situs toko online dan sewa hosting mungkin hanya membutuhkan sedikit uang. Tapi Anda juga harus menyediakan dana tersendiri yang di khususkan untuk menunjang kesuksesan bisnis online Anda.

Kebanyakan pelaku bisnis online pemula hanya berfikir dengan mempunyai sedikit modal untuk produk dan memiliki toko online sudah cukup untuk membuat mereka menjadi sukses, tapi kenyataanya Anda masih harus membutuhkan banyak modal untuk pemasaran, menambah produk yang lebih lengkap atau mungkin modal untuk menggaji seseorang untuk membantu operasional toko online Anda.

3. Banyaknya Kompetisi

Internet memudahkan setiap orang untuk membuat bisnis, bahkan dengan sedikit pengetahuan dapat memulai bisnis ini. Tapi karena banyaknya orang yang bisa memulai bisnis ini, tentu dapat menjadikan banyaknya terdapat kompetisi.

Jika Anda ingin terjun di bisnis jual beli online, jualah produk yang unik dan sedikit terdapat persaingan, temukan niche tersendiri untuk toko online Anda. Sebagai contoh, bisa sangat sulit bagi sebuah toko online baru yang mencoba untuk menjual smartphone, yang sudah tersedia di ratusan toko online yang sudah sangat terkenal seperti lazada, bhinneka, blibli dan masih banyak lagi.

4. Website Yang Buruk

Sebuah situs toko online yang ingin menuai kesuksesan haruslah mempunyai sisi desain yang modern, harus aman, fungsional, memiliki fitur pencarian yang mudah, beradaptasi dengan perangkat mobile, dan mempunyai akses yang sangat cepat.

Saat ini sudah banyak platform e-commerce yang sangat baik yang dapat Anda gunakan untuk membangun toko online Anda, Sehingga benar-benar tidak ada alasan untuk memiliki situs toko online yang buruk.

5. SEO Tidak Maksimal

tanda bisnis bangkrut

Anda sering lupa pada SEO (Search Engine Optimization). Penyebab yang paling umum adalah ketidaktahuan tentang SEO dan bagaimana menggunakannya dengan baik dan benar. Padahal SEO sangat penting untuk sebuah website, karena hal ini membantu calon konsumen untuk menemukan website dan produk Anda. Bagi pemula, ada banyak tools gratis yang sudah disiapkan oleh para developer SEO. Anda hanya perlu memastikan keyword yang sesuai dengan produk Anda.

Anda bisa menggunakan Google Adwords untuk mencari keyword-keyword yang populer dan sesuai dengan produk Anda. Plugin SEO pun sangat banyak, Anda hanya tinggal meng-install plugin tersebut di website Anda, kemudian masukan keyword yang relevan.

6. Konten Produk Buruk

Pembeli online tidak dapat secara fisik memeriksa produk yang Anda jual, sehingga mereka akan membutuhkan representasi visual yang kuat dari produk-produk untuk membantu para pembeli memahami produk, sehingga mereka merasa menginginkannya, dan kemudian membelinya. Dengan demikian, konten produk yang buruk adalah salah satu kegagalan dari situs toko online. Jadi, pastikan Anda membuat konten setiap produk yang Anda jual benar-benar terlihat menarik dan nyata.

7. Ingin Meraih Hasil Yang Instan Dan Mudah Menyerah

Lain dengan usaha offline, bisnis online terkadang memang terasa lebih sulit. Khususnya saat awal membuka bisnis online tersebut. Memperoleh konsumen adalah hal yang sangat sulit.

Jika dilihat, bisnis online memang tampak seperti bisnis yang sangat cepat untuk mendapatkan keuntungan. Namun tentunya hal tersebut setelah melewati proses yang tak singkat.

Jika punya sikap tak pantang menyerah ketika target penjualan belum tercapai, ataupun jumlah pembeli yang tak banyak, ini bisa jadi bencana. Oleh karena itu, sangat diperlukan sifat sabar dan tak mudah menyerah untuk menjalankan bisnis, baik online ataupun offline

8. Keuangan Yang Tidak Jelas

Pada tingkat yang paling dasar, arus kas adalah pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis. Dalam bisnis e-commerce baru bisa mendapat masalah ketika mereka tidak memiliki cukup uang untuk tetap beroperasi. Misal Anda hanya menginvestasikan semua uang untuk persediaan barang dan tidak ada uang untuk pemasaran – sehingga penjualan tidak naik dan bisnis stagnan. Coba bagi dana menjadi beberapa bagian agar semua berjalan dengan lancar baik itu untuk persediaan produk, pemasaran dan biaya operasional lainnya.

Seperti rekomendasi pengusaha bisnis online yang banyak menggunakan Accurate Online membantu pencatatan dan pembukuan bisnis dari sisi keuangannya. Anda bisa Coba Gratis Accurate Online selama 30 hari

Karunia
Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

About the author

Karunia

Hi Gw Karunia!
Founder accuratecenter.id
Digital Marketer
Content Creator
Writer
Podcaster
Investor
Discuss yuk di WhatsApp 081281091718

Leave a Comment