Gaji Selalu Mengalir Deras Tanpa Sisa, Coba 5 Tips Manajemen Keuangan Li Ka Shing

Written by Anto

Pernah gak sih kalian diledekin sama temen-temen kalau tanggal muda? “Cie yang habis gajian...!!” itu kalimat yang hampir selalu saya dengar kalau tanggal muda, tapi saya hanya bisa menjawab, boro-boro habis gajian, yang ada gajian habis. Wkwkwkwkwk. Nasib kalau gajinya 5 koma, maksudnya tanggal 5 sudah koma. Hiks..

Maklum saya bukan sarjana ekonomi jadi kurang bisa mengatur uang tapi kalau disuruh menghabiskan uang adalah keahlianku. Hehe, tapi untungnya saya menemukan artikel yang menurut saya sangat bermanfaat sehingga saya bagikan kembali dalam artikel ini. Artikel ini saya sadur dari asianmoneyguide.com

Li Ka Shing adalah salah satu orang terkaya di Asia yang juga tercatat sebagai pemilik Hutchison Whampoa Grup yang berpusat di Hongkong, pemilik sebagian saham di Facebook dan Spotify. Li Ka Shing selalu mengingatkan seberapapun penghasilkan yang kita dapatkan, sebaiknya dibagi menjadi 5 bagian. Berikut adalah pembagiannya:

  1. Biaya Hidup

Biaya hidup tentu menjadi prioritas tetapi bukan berarti semua penghasilan harus dihabiskan untuk memenuhi biaya hidup. Sesuai nasihat dari Li Ka Shing sebaiknya kita mengalokasikan biaya hidup tidak lebih dari 30% penghasilan kita.

  1. Biaya Pertemanan

Pertemanan sangat penting untuk mengembangkan jaringan. Pertemanan bisa dikatakan sebagai investasi masa depan. Temui dan kenali orang-orang yang telah mencapai hal-hal yang mungkin menjadi bagian dari cita-citamu. Mentraktir teman adalah hal yang baik namun besarnya jangan lebih dari 20% pendapatan kita

  1. Pendidikan

Yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah manusia dituntut untuk terus belajar mulai dari buaian hingga liang lahat. Alokasikan minimal 15% dari penghasilan kita untuk berinvestasi dalam pendidikan entah itu melalui seminar, pelatihan, kursus, membeli buku bacaan yang membangun dan lain sebagainya. Dengan pengetahuan yang up to date kita tidak akan pernah tertinggal dengan informasi terkini dan penuh dengan inspirasi.

  1. Luangkan Waktu Untuk Liburan

Jangan pernah melupakan waktu untuk liburan bersama keluarga tercinta. Sesibuk-sibuknya kita bekerja liburan sangat penting untuk merefresh kembali otak dan pikiran kita agar bisa kembali bekerja dengan penuh konsentrasi. Dana liburan pastikan tidak lebih dari 10% penghasilan Anda.

  1. Investasi

Kebanyakan orang Indonesia masih memiliki kesadaran yang rendah terhadap Investasi. Padahal Investasi sudah menjadi portofolio yang sangat baik di negara-negara maju. Warren Buffet memulai investasinya di masa remaja dengan angka US$ 1, namun saat ini sudah menjadi salah satu orang terkaya dunia berkat investasi secara konsistem. Robert T Kiyosaki dalam bukunya Cash Flow Quadran juga mengatakan bahwa kuadran finansial tertinggi adalah kuadran (I) atau Investment. Usahakan Anda konsistem berinvestasi dengan mengalokasikan dana investasi 25% dari pendapatan misalkan dengan menabung saham, mencicil properti, dan lain sebagainya.

Itulah tips manajemen keuangan dari Li Ka Shing yang patut kita coba agar gajian kita tidak terus menerus hanya numpang lewat.

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment