Gak Mau Bisnis Jadi Bangkrut, Hindari Masalah Ini?

bangkrut
Written by Rendy

Siapa sih yang mau bangkrut? Tentunya tidak ada satu pun Pengusaha yang mau mengalami hal tersebut pada perusahaan yang dibangunnya. Tapi, pada kenyataannya ketakutan akan permasalahan bangkrut sering banget menghantui para pengusaha .

Masalah bisnis bangkrut emang menjadi faktor utama yang ditakutkan banyak orang. Hal itulah yang membuat orang yang mikir berkali kali sebelum mulai berbisnis. Tapi karena jiwa dan mental sudah siap dengan resiko dengan segala resikonya dengan berfikir positif dengan memulai bisnis bisa mendatangkan keuntungan yang besar.. Meski begitu, kegagalan memang tetap terus menghantui.

Berikut beberapa faktor penyebab perusahaan mengalami kebangkrutan:

1. Ketakutan yang Berlebih

The Power is Mind, pernah dengan kalimat itu kan? takut gagal, takut rugi, takut tidak ada konsumen, ketakutan dan ketidakmampuan mengatasi masalah, rasa takut dalam diri sebenarnya itu wajar asal masih dalam porsinya. Namun perlu Kamu ketahui, apabila ketakutan itu melebihi batas normal, kondisi tersebut harus diwaspadai karena akan menghambat kinerja perusahaan dan membawa kehancuran.

2. Tidak Mengamati pergerakan dari Kompetitor

Nah yang ini penting juga, Kurang mengamati pergerakan kompetitor akan menyebabkan sebuah perusahaan kalah bersaing dan tertinggal jauh di belakang. Sebuah perusahaan harus tetap memperhatikan langkah-langkah dan Strategi yang sedang dilakukan kompetitor. sebagai tolak ukur serta inovasi bagi bisnis yang sedang kita jalankan.

3. Terlalu Banyak Berhutang

Kalo ini sebenarnya bukan masalah hanya saja kita harus mengetahui dan mengutamakan peinjaman hutang bisa memberikan manfaat finansial. Jadi berhutanglah yang  Produktif bukan hutang Konsumtif. apa sih?

Hutang konsumtif adalah hutang yang tujuan peminjamannya tidak memberikan manfaat finansial. Contohnya, saat Pinjam uang dari bank untuk digunakan sebagai biaya untuk liburan bahkan untuk kebutuhan pribadi, maka hutang ini masuk dalam kategori hutang konsumtif.

4. Tidak mencatat pengeluaran uangnya

Banyak pengusaha yang tidak mengecek pengeluarannya selama per bulan. Tidak mengecek pengeluaran perusahaan per bulannya. Bahkan, tidak melihat tagihan dari restoran, hotel, juga tidak melihat pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian. Pada akhirnya, mereka justru mengeluarkan uang yang banyak karena tidak sadar berapa nominal yang sudah dipakai. Awalnya, hal itu tidak menjadi masalah namun lama kelamaan akan merugikan sampai hal yang terburuk bisa membuat bangkrut.

Berubahlah Sebelum Terlambat !

Hal-hal sepele seperti diatas yang sering kamu lakukan dalam mengelola usaha akan terbukti dan menjadi faktor apakah, bangkrut tidaknya bisnis yang kamu jalankan. Sebelum semuanya terlambat, berubahlah. Hal-hal sepele yang sering Kamu abaikan sebaiknya bisa dihindari demi kelancaran dan kesuksesan dalam berbisnis.

Perhatikan Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Susksesnya seorang pengusaha salah satunya adalah dia mampu mengatur keuangannya dengan sangat baik. Perhatikan daftar anggaran yang dibuat sebagai patokan ketika melakukan pengeluaran. Selalu waspada pada keuangan karena bisa saja melakukan kesalahan yang tidak terduga. Sebaiknya terapkan cara cerdas dan disiplin pada anggaran dan pencatatan keuangan agar terhindar dari bangkrut dan kondisi keuangan tetap aman.

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment