Bagaimana nasib ayam-ayam  di peternakan ayam ?

Peternak mengaku terus merugi sejak 10 bulan terakhir pasca-Lebaran harga ayam mulai berangsur menurun harga ayam anjlok di peternakan Rp. 9,000 per kg. Penyebabnya adalah karena stok ayam terlalu banyak dibandingkan kebutuhan di pasaran.
Dan apakah ini menjadi keuntungan bagi bisnis peternakan ayam? Pada faktanya ini bukan jadi keuntungan karena peternak tetap merugi karena banyak peternak yang gulung tikar sampai menjual asset pribadi seperti rumah, ruko dan mobil pribadi.

Dan apakah ini menjadi keuntungan untuk bisnis kuliner makanan ayam goreng seperti ayam geprek, ayam goreng atau bisa jadi moment menguntungkan karena pebisnis kuliner ayam goreng bisa beli dengan harga yang lebih murah untuk menekan Harga Pokok Pembelian.
atau bisa menjadi tidak menguntungkan karena dikuatirkan stok yang banyak malah ternyata stok tersebut tidak cepat habis/busuk sehingga barang bisa menumpuk di gudang sementara ayam merupakan bahan makanan utama yang tersaji harus fresh.

Dengan manajemen persediaan barang yang baik, pengusaha tidak hanya dapat mengurangi risiko kerugian perusahaan tapi juga dapat membantu pengusaha dalam mengelola arus kas perusahaan. Selain cara di atas, Anda juga dapat mengelola persediaan dengan baik dengan software akuntansi Accurate Online. Fitur Stok Barang dan Stok Buffer pada aplikasi Accurate Online dapat membantu pengusaha dalam mengelola persediaan barang.

Melalui fitur Stok Barang, pengusaha dapat memonitor jumlah stok barang, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong. Dan dengan fitur Stok Buffer, pengusaha dapat membuat proyeksi dan menentukan jumlah minimum persediaan barang. Selain itu, fitur ini juga akan memberikan Remainder kepada penggunanya ketika persediaan telah berada pada batas minimum sehingga pengusaha dapat segera melakukan pemesanan terhadap barang yang akan habis.

Nova