5 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Bikin Perusahaan Cepat Bangkrut

Written by Rendy

HINDARI 5 KESALAHAN FATAL SAAT MENJALANKAN BISNIS

Anak muda jaman sekarang atau sering kita sebut kids jaman now pasti sangat familiar dengan istilah entrepreneurship, entah kenapa belakangan ini banyak sekali para calon pengusaha atau entrepreneur bermunculan dikalangan anak-anak muda mulai dari anak SMA, mahasiswa, sampai fresh graduate yang baru lulus kuliah, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk memulai bisnisnya sendiri ketimbang menjadi karyawan, namun ada 1 kesalahan fatal yang selalu saya temukan pada anak-anak ini yaitu " mereka tidak tahu tentang kehidupan mereka & apa yang mereka lakukan ”
kamu mungkin sering mendengar atau membaca bahwa bisnis online itu sangat menjanjikan sekali. Seseorang yang telah menjalankan bisnis online bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Fantastis! MEMULAI bisnis bukanlah perkara yang mudah. Selain modal, kamu juga perlu memikirkan trik khusus agar bisnis yang dijalankan berkembang. Harapan agar bisnis mendulang kesuksesan pun sudah ada di dalam pikiran. Kegagalan adalah suatu hal yang mungkin pernah terlintas. Namun, jangan pernah takut sebelum memulai. Kegagalan bisa diminimalkan ketika kamu mempersiapkan bisnis dengan matang.
Apa saja faktor yang menyebabkan kegagalan? Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membuka bisnis

1. Salah dalam Memilih Bisnis

Ini merupakan kesalahan yang paling fatal. Banyak orang yang membuka bisnis tanpa memerhatikan kondisi pasar. Ya, hanya sekadar ikut-ikutan. Lihat orang lain sukses, kamu pun ingin sukses juga. Padahal, bisnis tersebut tidak kamu pahami benar. Agar bisnis bisa sukses,kamu perlu melakukan pengamatan terlebih dahulu. Barang apa yang sedangtren di masyarakat dan jumlah pesaing yang ada.

2. Membuat Rencana Bisnis yang Tidak Baik 

Untuk memulai suatu bisnis, sebaiknya kamu membuat business plan atau rencana bisnis. Buatlah rencana dan konsep bisnis dengan baik dan matang. Bahkan rencana ini harus kamu buat sebelum terjun dalam dunia bisnis. Buatlah rencana bisnis yang mencakup tujuan dari bisnis kamu, langkah apa yang harus kamu lakukan, strategi-strategi dalam pemasaran, rencana preventif yang mungkin akan terjadi, dan hal-hal lain yang penting tentunya. Sebagai seorang pengusaha memang harus berani menghadapi segala macam resiko yang terjadi. Tapi bukan berarti hanya bermodalkan nekat saja. 
Banyak kegagalan bisnis berakar pada manajeman yang buruk. Para pemilik bisnis yang masih baru sering kali kurang memiliki keahlian dan manajemen bisnis di bidang seperti keuangan, penjualan, produksi, dan perekrutan dan pengaturan pegawai. Kecuali mereka menyadari langkah keliru yang ditempuh dan mencari bantuan, pemilik bisnis bisa segera berhadapan dengan ancaman kegagalan. Mereka juga harus memiliki kewaspadaan terhadap penipuan dan melakukan tindakan untuk menghindarinya.
Mengabaikan bisnis juga bisa mengakibatkan kegagalan. Harus ada studi reguler, pengorganisasian, perencanaan, dan kontrol terhadap semua aktivitas operasi bisnis. Ini juga mencakup penelitian market dan data pelanggan, yang menjadi area yang sering diabaikan ketika bisnis telah mulai berjalan.

3.  Tidak Fokus

Fokus pada satu bidang usaha? Mungkin Anda berpendapat: “Bukannya semakin banyak bidang usaha semakin banyak penghasilan? Karena gagal di satu usaha, kita bisa memperoleh hasil dari usaha lainnya.” Bisa jadi pendapat seperti itu benar adanya. Tetapi, apakah kamu berfokus pada kegagalan? Khususnya bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis. Kata “kalau gagal” mengesankan sikap pesimis dan seakan-akan kita tidak merasa pasti untuk bisa berhasil.
Kebanyakan orang ingin segera mendapat hasil yang cepat dan banyak. Fokus seperti ini keliru! Dalam bisnis apa pun ketika fokus anda hanya ingin mendapatkan hasil yang cepat dan banyak, maka hal ini berpotensi membuat diri kamu cepat frustasi, putus asa dalam menjalan bisnis kamu, kemudian akan membuat diri kamu berhenti tidak melanjutkan bisnis yang sudah kamu mulai.
Belajarlan untuk menikmati prosesnya jangan hanya mengejar hasilnya yang cepat dan banyak meskipun itu bisa anda lakukan. Bisnis itu prosesnya banyak liku-likunya. Banyak orang yang semangat luar biasa saat memulai bisnis, namun kemudian loyo di tengah jalan karena tidak bisa survive.

4.Manajemen Keuangan yang Buruk

Untuk memudahkan kamu menghitung dan mengelola semua keuangan yang terjadi, kamu dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti accurate online.Kamu bisa menjalankan sistem akuntansi perusahaan dengan sangat baik dan cepat. hanya perlu menginput semua transaksi, Software Akuntansi ACCURATE akan secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Dan masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis kamu. Temukan info dan fitur lain dari accurate online dengan klik di sini.

Punya Bisnis tapi Gak punya laporan keuangan? 

Cara Bikin Pembukuan sederhana dengan Mudah.

 

5. Rencana Tanpa Action Terlalu Banyak Mencari Informasi, Tapi "No Action"

“Tong kosong nyaring bunyinya”. Banyak orang yang hanya berbicara saja tanpa bertindak. Rencana-rencana pun banyak dibuat tanpa adanya action. Sebagai pebisnis, kamu perlu melakukan tindakan nyata, bukan hanya berencana terus-menerus. Itulah jenis kesalahan yang sering dilakukan dalam berbisnis. Untuk hasil bisnis yang sukses, coba minimalkan kesalahan kecil di atas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis.]]>

Rendy
Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

About the author

Rendy

Halo Sobat Entrepreneur ,

Kenalin Nama Gw : Rendy Laksmana
Bekerja sebagai Consultan Analyst di Perusahaan Developer Sistem Akuntansi (Siap membantu Pengusaha dalam merapaikan transaksi dan laporan keuangan perusahaan) Free Konsultasi : 081296921270

"Sukses adalah dimana Persiapan dan Kesempatan bertemu "

Leave a Comment