Hubungan Tiktok dengan Marketing Bisnis

Hura-hura, jelek jelekin mimik wajah, musik ajeb-ajeb, dan tingkah alay lainnya. Itulah yang tergambar dalam benak setiap orang kekinian jika mendengar kata TikTok. Video berdurasi sangat pendek dengan musik viral khas TikTok selalu kita dengar belakangan ini.

Tiktok merupakan aplikasi media sosial yang lebih menyasar kaum milenial. Seperti media sosial lain yang telah ada sebelumnya seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain sebagainya pasti ada tujuan tertentu dari dikembangkannya aplikasi media sosial tersebut. Bukan hanya sekedar iseng belaka melainkan pembuatan aplikasi tentu ada tujuan untuk meraup keuntungan bisnis skala global. Terlepas dari tujuan bisnis bagi pengembang aplikasi itu sendiri, para penggunanya juga memiliki peluang yang besar dengan adanya aplikasi media sosial seperti Tiktok ini sebagai media promosi yang efektif. 

Pengguna TikTok melonjak di sepanjang tahun 2019 yang lalu. Hingga kini pengguna TikTok terus bertambah. Sebuah peluang besar bagi Anda para marketer digital yang suka mempromosikan produk melalui media sosial untuk mencobanya di TikTok. Dimana ada gula pasti ada semut. Dengan begitu banyaknya pengguna aktif TikTok Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk mempromosikan produk Anda melalui berbagai konten kreatif di TikTok. Konten yang paling disukai di TikTok untuk saat ini adalah konten komedi. Banyak para influencer dan public figur yang mengendorse sebuah produk dengan begitu smooth seolah mereka memang memakai produk tersebut dalam keseharian mereka. Salah satu produk yang sangat mudah untuk diendorse secara smooth antara lain, pakaian, make up, makanan atau minuman dengan berbagai gaya penyampaian melalui konten kreatif video pendek TikTok. Meskipun demikian kategori produk lainpun layak Anda coba untuk eksis dan terbranding dengan cepat melalui aplikasi buatan Byteance ini.

Maksimalkan TikTok Untuk Media Marketing Bisnis Anda

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan TikTok sebagai media promosi bisnis Anda.

Susun Ide dan Eksekusi Segera

Menyusun ide kreatif adalah hal yang sangat penting Anda lakukan. Jika Anda bingung mau mengusung konsep apa? maka Anda bisa lihat beberapa contoh video yang viral di media sosial adalah video yang kocak banget atau video bermanfaat. Jadi Anda bisa memikirkan ide kreatif apa yang sekiranya bisa menarik perhatian pengguna TikTok melalui konten lucu atau konten bermanfaat.

Engagement adalah yang terpenting

Pada tahap awal, isi pada konten-konten video Anda  pastikan tidak ada unsur jualan atau promosi. Hiburan atau value lebih penting Anda berikan kepada penonton video dari pada informasi produk. Hiburan atau Value jauh lebih mudah membuat mereka memberikan like, komentar dan mengikuti akun Anda. Bahkan mereka tidak segan membagikan link video Anda ke pengguna lain sehingga vide dan akun Anda cepat viral. Disinilah mereka akan setia menantikan konten-konten menarik lainnya dari Anda. Jadi membangun engagement adalah yang terpenting meskipun konten Anda sudah viral sekalipun.

Soft Selling Cukup Sesekali 

Jika akun Anda sudah memiliki cukup banyak pengikut saatnya Anda menyisipkan produk pada konten video lucu Anda. Pastikan penyisipan informasi produk Anda lakukan secara halus dan tidak terkesan jualan. Kita bisa lihat beberapa publik figur atau artis yang mengendorse sebuah produk minuman. Mereka begitu indah memainkan gerakan olah raga ringan lalu istirahat mengelap keringat di dahi lalu meminum minuman bermerek yang sedang mereka endorse dan melanjutkan gerakan lainnya. Tanpa sadar para fans yang melihatnya akan mengira bahwa minuman favorit artis idolanya adalah merek tersebut dan diapun akan membeli minuman tersebut agar bisa bergaya seperti sang idola.

Gunakan Jasa Endorse

Jika Anda sangat serius membranding produk Anda dan Anda memiliki budget promosi yang cukup, menggunakan jasa endorse adalah pilihan yang tepat. Gunakan jasa endorse dari orang yang sedang viral di TikTok bisa jadi merupakan langkah yang efektif dan tercepat untuk membuat produk Anda di kenal banyak orang.

Menurut Anda yang mana yang paling efektif dan paling efisien dan layak Anda coba?

Anto
Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

About the author

Anto

Digital Marketer
Pemilik Peternakan Kampung Kelinci
Pemegang Saham PT Kalbe Farma Tbk
Pemegang Saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk
Pemegang Saham PT Aneka Tambang Tbk
Pemegang Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

Leave a Comment