Ini 5 Besar Bisnis Waralaba / franchise Potensial Tahun 2019

Written by Ipin

Sebelum membahas 5 bisnis waralaba atau franchise yang paling potensial di tahun 2019 baiknya kita tahu apa itu waralaba atau franchise. 

Pengertian bisnis waralaba adalah salah satu bisnis model yang berjalan antara pemilik merk dengan pemodal. Pemilik merk disini memberikan hak menjalankan usahanya termasuk penggunaan merknya sesuai ketetuan yang telah disepakati bersama. Sedangkan franchise adalah istilah bahasa asing dari waralaba. Dengan demikian pemilik modal tidak perlu lagi membangun merk dan sistem kerja dari awal.

5 Besar Bisnis Waralaba/Franchise 2019

Bisnis waralaba membantu Anda membuka dan mengembangkan bisnis lebih cepat dengan sistem operasional yang sudah mantap, serta mendapat saran dari waralaba maupun sesama pemegang waralaba.

Berikut 5 bisnis waralaba yang paling potensial di tahun 2019

  1. JNE

Pertama kali didirikan yaitu pada tahun 1990 kemudian berkembang hingga saat ini dengan pertumbuhan yang cukup pesat.

Pada awal perkembangannya JNE merupakan bagian dari perusahan ekspedisi batang international yaitu PT. Citra Van Titipan Kilat (Tiki).

Kini sudah ada ratusan agen resmi JNE yang tersebar di seluruh Indonesia, meskipun demikian peluang untuk menjadi agen atau mitra bisnis tetap menjanjikan terlebih jika agen memiliki tempat yang berlokasi strategis.

Untuk dapat bergabung, mitra sebelumnya harus menyediakan modal awal sebesar Rp 5.5 juta yang digunakan unruk mengurus perjanjian dan dana promosi. Ditambah Rp 10 juta untuk pihak JNE sebagai jaminan dan akan dikembalikan setelah masa kontrak yang telah disepakati.

2. Sabana Fried Chicken

Berbeda dengan KFC yang sebelumnya sudah disebutkan, Sabana Fried Chicken merupakan bisnis franchise lokal. Tentu Anda masih ingat beberapa waktu lalu Sabana cukup booming karena menghasilkan rasa ayam goreng renyah yang tak kalah lezat dengan saingannya yang datang dari luar negeri. Meski sekarang tampaknya Sabana sudah tidak lagi terdengar, ternyata di beberapa tempat di Jabodetabek, permintaan untuk membuka franchise dari gerai ini kuotanya cukup banyak. Bahkan, sebagai bukti kesuksesan, mereka telah membuka lebih dari 1.700 outlet di seluruh Indonesia.

Hal ini pun tidak mengherankan karena bisnis franchise Sabana hanya membutuhkan modal yang cukup terjangkau. Anda harus menyiapkan modal awal sebesar Rp16,7 juta saja. Harga yang cukup murah bukan untuk ukuran memulai usaha? Jika Anda memiliki passion di bidang kuliner, menjalani bisnis ini sangatlah menyenangkan. Setiap bulannya saja, omzet yang dapat diraih bisa mencapai Rp16 juta.

Persyaratannya pun tidak terlalu sulit, Anda harus mampu menyiapkan lokasi yang strategis untuk gerai milik Anda nantinya. Jika Anda mengalami kesulitan pun, pihak Sabana tidak akan segan-segan memberikan pelatihan kepada Anda.

3. The Clean Bar Laundry

Peluang bisnis laundry sekarang ini bisa dibilang sangat berkembang pesat. Hal ini didukung dengan kesibukan banyak orang sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaiannya. Keadaan inilah yang membuat banyak orang peka melihat peluang bisnis, salah satunya dengan bisnis laundry. Sehingga, banyak bermunculan bisnis laundry baru di banyak kota yang tidak hanya mampu mencuci pakaian, tetapi juga hal lain seperti sepatu, sprei, jas, boneka, hingga helm.

The Clean Bar Laundry hadir pertama kali di kota Solo dan mengkhususkan diri untuk jasa membersihkan sepatu dan tas. Hal ini terbilang unik, karena orang dalam hal mencuci tas dan sepatu tentunya tidak sesering mencuci pakaian yang intensitasnya bisa harian. Namun, terbukti hingga kini The Clean Bar Laundry memiliki banyak pelanggan sehingga mereka mampu memperluas bisnisnya lewat franchise.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli franchise ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Saat ini sendiri, gerai The Clean Bar Laundry sudah tersedia di berbagai kota dan kebanyakan tersedia di mal, seperti Citraland Semarang, Ambarukmo Plaza Yogyakarta, Jogja City Mall, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menjalin kerjasama, Anda harus menginvestasikan dana sebesar Rp75 juta untuk paket pertama, sementara untuk paket kedua sebesar Rp80 juta. Masing-masing akan mendapatkan fasilitas berupa booth, pendampingan bisnis dan karyawan, TV LCD, serta perlengkapan bisnis yang lengkap.

Menurut The Clean Bar Laundry sendiri, omzet yang didapatkan dalam sebulan dapat mencapai Rp30 juta. Dengan omzet sebesar itu, tentunya putaran balik modal akan berlangsung dalam waktu yang singkat.

4. Indomaret

Indomaret merupakan salah satu mini market yang cukup menjamur di Indonesia. Setiap beberapa meter, pastinya Anda akan menemukan Indomaret di pinggir jalan. Hal ini terbilang wajar, karena Indomaret menjual barang serta kebutuhan sehari-hari yang memang dibutuhkan banyak orang.

Untuk franchise Indomaret sendiri, Anda diminta untuk menyiapkan dana investasi senilai minimal Rp394 juta. Syarat lainnya yang harus dipenuhi diantaranya, Anda harus warga negara Indonesia, fokus ingin mengembangkan bisnis Indomaret, serta memiliki perizinan lokasi yang hendak dijadikan tempat usaha.

Kelebihan dari franchise ini adalah promosinya yang berskala nasional serta memiliki brand yang cukup kuat di mata para pelanggan. Namun, kekurangannya sendiri adalah jumlah gerainya yang terlalu banyak sehingga kompetisi yang terjadi antar toko semakin sulit.

5. Khun Thai Tea

Bermula dari penjualan melaui gerobak kecil di Bangkok, Khun Thai Tea kini memiliki pertumbuhan bisnis yang terbilang pesat. Hal ini berbanding lurus dengan semakin maraknya minuman Thai tea di kalangan anak muda. Pada akhirnya, bisnis franchise ini menyebar di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.

Masuknya Khun Thai Tea dengan membuka banyak gerai di Indonesia pun terbilang wajar. Rasa Thai tea yang cenderung manis cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, salah satu keunggulan Khun Thai Tea ialah rasa tehnya yang segar karena disajikan setiap hari di depan para pelanggannya.

Alasan kenapa Indonesia merupakan pasar yang potensial adalah karena teh sendiri merupakan minuman sehari-hari penduduk Indonesia. Untuk itu, dengan hadirnya cita rasa baru yang ditawarkan oleh Khun Thai Tea, masyarakat Indonesia memiliki alternatif lain untuk pilihan minuman teh. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, Khun Thai Tea menargetkan dapat membangun sekitar 50 outlet di Indonesia dan bekerja sama dengan para franchisee di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli franchise, Khun Thai Tea memiliki dua tipe, yakni franchise standar dan master franchise. Tentunya, kedua paket yang ditawarkan ini memiliki hak dagang yang berbeda, seperti fasilitas kios, counter, toko in-line, hingga keuntungan lainnya yang didapatkan. Untuk membeli franchise Khab Khun Thai Tea, Anda perlu merogoh kocek minimal 15 juta rupiah.

Ipin
Cant remember
Never forget

About the author

Ipin

Cant remember
Never forget

Leave a Comment